Konsumsi Zinc, Jaga Kesehatan Kuku Setelah Gunakan Kuteks

Ahli nutrisi mengatakan bahwa mineral yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan kuku adalah zinc.

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Jul 2019, 09:00 WIB
Diterbitkan 01 Jul 2019, 09:00 WIB
Kuteks atau cat kuku merah
Kuteks atau cat kuku merah (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Kuteks merupakan salah satu produk kecantikan yang kerap digunakan oleh para perempuan untuk memperindah kuku tangan. Sebagian orang menganggap penggunaan kuteks tidak praktis dikarenakan sulit untuk dibersihkan.

Namun, kini muncul kuteks dengan tipe peel off. Pemulas kuku tipe ini mudah dibersihkan hanya dengan dikelupas atau dibasahi air. Hanya saja, terkadang kuteks meninggalkan noda tertentu pada kuku. Bila dibiarkan tentu akan mengganggu kesehatan kuku. Lalu, bagaimana mengatasinya?

Ahli Nutrisi YOUVIT Gummy Vitamin Rachel Olsen mengatakan bahwa mineral yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan kuku adalah zinc. Sama seperti rambut, kuku berasal dari keratin.

"Mineral yang bisa membantu kuku itu zinc. Sama kayak rambut. Kuku sama rambut terbuat dari keratin. Jadi sebenarnya sama. Cuma sel di dalam kuku lebih banyak keratinnya karena dia lebih kuat dibandingkan rambut," kata Rachel.

 


Menjaga pola makan

Guna menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, Rachel menyarankan seseorang untuk menjaga pola makan. Sementara untuk kesehatan kuku, ia menyarankan konsumsi makanan yang mengandung zinc. Misalnya seperti nasi merah, roti gandum, lentil dan lainnya.

Bila ingin perawatan alami, Anda dapat menggunakan bawang putih dengan mengoleskannya pada kuku Anda. Hal ini dipercaya dapat memperkuat kuku. Namun, asupan makanan tetaplah kunci utama untuk menjaga kesehatan kuku.

"Ya, itu juga bisa. Tapi harus lebih dari dalam. Kalau dari luar kurang, karena kuku bertumbuh dari kulit kita maka itu juga harus dari dalam," kata Rachel.

Penulis: Khairuni Cesario

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya