Penyintas COVID-19 Minta Pemerintah Beri Penghargaan bagi Tenaga Kesehatan

Penyintas COVID-19 juga meminta agar pemerintah memberikan penghargaan bagi tenaga kesehatan yang merawat pasien.

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 16 Mar 2020, 17:30 WIB
Diterbitkan 16 Mar 2020, 17:30 WIB
Virus Corona, Corona, Wabah Corona, Sembuh dari Corona, Indonesia Positif Corona
Inilah tiga orang pasien positif Virus Corona, dengan nomor kasus 01, nomor 02, dan nomor 03 yang sudah dinyatakan sembuh dari Corona.

Liputan6.com, Jakarta Ketiga penyintas COVID-19 yang sebelumnya positif terinfeksi virus Corona baru dan telah dirawat serta dinyatakan sembuh akhirnya angkat bicara.

Dalam kesempatan tersebut, pasien 02 meminta agar pemerintah juga memberikan penghargaan untuk para tenaga kesehatan yang telah merawat para pasien COVID-19.

"Saya bersyukur sekali diisolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso karena baik dokter, suster, pekerja lab, dan cleaning service sangat membantu kami dan mereka 24 jam siap mendampingi kami," kata pasien 02 dalam konferensi persnya di RSPI Sulianti Saroso pada Senin (16/3/2020).

"Saya ingin sekali pemerintah memerikan penghargaan, apresiasi, dan insentif untuk mereka yang 24 jam di garda depan dan mereka masih akan kerja terus. Saya tidak tahu enam bulan atau apa, mereka juga punya keluarga," kata wanita yang berdomisili di Depok, Jawa Barat, tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini


Diminta Tidak Panik

Sementara itu, pasien 03 juga meminta masyarakat agar tidak panik dalam menghadapi virus ini karena sifatnya yang self-limiting disease.

"Jadi sebenarnya kita punya kekuatan dari dalam diri kita asal kita disiplin minum air putih yang banyak, istirahat yang benar, asupan gizi dan sayuran dan vitamin yang benar, jaga imun sistem, dan laksanakan personal hygiene yang ketat, rajin cuci tangan, dan dengarkan saran dari pemerintah," kata pasien 03.

Dalam kesempatan yang sama, juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengungkapkan bahwa ada penambahan 17 kasus positif COVID-19 baru di Indonesia.

"Rinciannya adalah berasal dari Provinsi Jawa Barat satu, dari Provinsi Banten satu, dari Provinsi Jawa Tengah satu, dari DKI (Jakarta) 14," kata Yuri.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya