Selain Papa T Bob, Dua Figur Publik Ini Juga Derita Diabetes

Pencipta lagu anak Papa T Bob dikabarkan meninggal dunia hari ini, Jumat (10/7/2020). Kabar duka disampaikan pengamat musik Stanley Tulung lewat pesan teks kepada Liputan6.com.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 10 Jul 2020, 19:00 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2020, 19:00 WIB
Papa T. Bob
Papa T. Bob (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Pencipta lagu anak Papa T Bob dikabarkan meninggal dunia hari ini, Jumat (10/7/2020), setelah sempat dikabarkan dirawat karena diabetes. Papa T Bob berpulang di usia 59 tahun. Kabar duka disampaikan pengamat musik Stanley Tulung lewat pesan teks kepada Liputan6.com.

"TELAH BERPULANG KE RAHMATULLAH SAUDARA KITA, SAHABAT KITA, PAPA T BOB (ERWANDA LUKAS) PADA HARI JUM’AT JAM 10.35 TGL. 10 JULI 2020," tulisnya.

Mantan artis cilik, Tina Toon, pernah mengunggah kabar mengenai sang pencipta lagu yang menjalani perawatan intensif di rumah sakit akibat diabetes yang dideritanya pada April lalu. 

"Jadi dapet kabar dari temen2 mantan artis cilik kalau om Wanda (nama asli om Papa T Bob) masuk RS karena diabetes , trus kmren sempet nge WA jg, dan beliau sendiri yg jawab," kata Tina di Instagram pribadinya, April 2020 lalu.

Berbicara tentang diabetes, Dicky Levenus Tahapary dari Perkumpulan Endokrinologi (PERKENI) Jaya pada November 2019 mengatakan bahwa konsumsi makanan manis yang berlebihan dan malas bergerak adalah kebiasaan buruk pemicu diabetes.

Akibatnya, kegemukan sulit dihindari dan bila terus dibiarkan akan membuka peluang untuk terjadinya diabetes.

"Oleh sebab itu, penting untuk melakukan skrining diabetes. Prediabetes setiap lima tahun, seperempatnya akan jadi diabetes maka harus diintervensi," kata Dicky.

Menurut Dicky, langkah sederhana yang bisa dilakukan guna menurunkan risiko diabetes adalah dengan menjalani gaya hidup sehat.

"Gaya hidup bisa menurunkan risiko sampai 25 persen. Kalau obat hanya 10 sampai 15 persen," ujarnya.

Selain Papa T Bob, sederet selebriti lain sempat dikabarkan memiliki penyakit yang sama. Diantaranya Tom Hanks dan Nick Jonas.

Simak Video Berikut Ini:


Tom Hanks

Aktor Hollywood Tom Hanks dan Istri Positif Virus Corona
Tom Hanks tiba menghadiri gala Penghargaan Gubernur Tahunan ke-11 yang diselenggarakan Academy of Motion Picture Arts and Sciences di Hollywood 27 Oktober 2019. Hanks (63) mengatakan dia dan Wilson menderita demam saat berada di Australia, dan sekarang akan diisolasi dan diawasi. (AFP/Chris Delmas)

Aktor asal Amerika dengan nama lengkap Thomas Jeffrey Hanks sejak lama telah dikabarkan mengidap penyakit diabetes. Hal ini ia nyatakan dalam sebuah acara bincang-bincang pada 2013 silam bahwa dirinya mengidap diabetes tipe 2.

Pemeran utama dalam film Forest Gump ini diketahui mengalami penambahan berat badan sebanyak 13 kg namun dalam waktu singkat berat badanya kembali turun 25 kg, seperti melansir diabetes.co.uk.

Tom menyatakan bahwa, kemungkinan perubahan berat badan ini dipicu oleh keperluan perannya di dalam beberapa film. Aktor itu memberi beberapa contoh, ketika dia perlu menambah berat badan untuk peran tertentu maka ia akan hidup dengan junk food dan sangat sedikit berolahraga.

Namun, sang pemenang Oscar ini merasa bahwa diabetes telah ditulis dalam takdirnya.

"Saya pikir saya secara genetis cenderung untuk mendapatkannya dan saya pikir itu kembali ke gaya hidup yang saya jalani sebelum usia 36.”

Menurut Hanks, sewaktu muda dia tidak pernah menyukai makanan sehat. Setiap harinya, dia hanya makan roti dan burger keju. Dia juga sering mabuk-mabukan.

"Saya seperti orang idiot yang tidak suka makan sehat waktu muda. Saya termasuk generasi Amerika yang malas yang kini memiliki penyakit," kata dia, seperti dikutip Dailymail, Selasa (17/5/2016).  

Sejak didiagnosis, Tom telah mengurangi berat badannya dan telah berjanji untuk tidak mengambil peran yang akan melibatkan fluktuasi besar dalam berat badannya.


Nick Jonas

Nick Jonas
Nick Jonas bersama anjingnya, Gino. (Instagram/priyankachopra)

Penyanyi Amerika Serikat Nick Jonas juga salah satu selebriti yang mengidap diabetes. Pria 27 tahun itu mengungkapkan bahwa dirinya didiagnosis diabetes tipe 1 pada usia yang terbilang sangat muda yaitu 13 tahun.

Walau demikian, kondisi tersebut memotivasinya untuk lebih menjaga kesehatan.

"Saya berada dalam kondisi kesehatan yang pernah saya rasakan sejak didiagnosis," kata Nick Jonas seperti dilansir dari Insider.

Suami dari aktris asal India Priyanka Chopra ini juga kerap berbagi tentang kondisi yang ia alami.

"Fakta bahwa saya bisa terbuka dan jujur tentang hal ini dengan penggemar membantu saya benar-benar merasa tidak sendirian," kata saudara dari Kevin dan Joe Jonas itu.

Nick mengatakan bahwa dengan berbagi, dia bisa melewati masa-masa sulitnya. Ia menambahkan, yang menjadi tantangan baginya adalah ketika dia harus melakukan tur.

Seringkali, kondisi diabetes menjadi lebih sulit saat ia harus melakukan rangkaian pertunjukan di berbagai kota. Namun lama kelamaan dia mulai terbiasa dan mampu mengendalikannya.

Di tengah pertunjukkan, pemain film Jumanji: Welcome to the Jungle itu biasanya menenangkan diri dan memeriksakan kesehatannya ke dokter. Tak lupa, dia selalu menyempatkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan teman-temannya.

"Saya pikir ini hanya soal bersabar dengan memahami bahwa akan ada beberapa hari yang menantang," kata Nick.

Kondisi tersebut juga diungkapkannya dalam sebuah film dokumenter yang dirilis pada 2019 tentang Jonas Brothers berjudul Chasing Happiness. Selain itu, diabetesnya juga menginspirasinya dalam menulis lagu berjudul "A Little Bit Longer."

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya