5 Cara Alami Redakan Pilek dan Flu dengan Cepat

Mencari pengobatan alami atau alternatif untuk gejala pilek dan flu? Berikut adalah tips yang dapat membantu meringankan gejala tersebut.

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Sep 2021, 07:00 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2021, 07:00 WIB
Mengalami Flu dan Pilek
Ilustrasi Flu dan Pilek Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Liputan6.com, Jakarta - Influenza atau flu adalah penyakit yang pernah dialami oleh hampir semua orang. Bahkan, terkadang pilek dan flu sering kali diabaikan karena dianggap tidak berbahaya. Padahal tidak demikian.

Flu atau influenza dapat membuat Anda susah bernapas, tenggorokan gatal, hidung meler atau tersumbat, bersin-bersin, hingga mata yang terus berair. Meski memang bukan penyakit berbahaya, gejala flu yang tidak diobati bisa mengganggu aktivitas bahkan menimbulkan komplikasi.

Umumnya, dengan meminum obat yang diresepkan dokter dapat meredakan gejala flu dengan cepat. Namun, dalam banyak kasus, pengobatan alami yang sederhana saja cukup untuk meredakan gejala flu ringan hingga sedang.

Berikut 5 tips meredakan flu dan pilek dengan pengobatan alami, dilansir laman WebMD.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Berkumur

Berkumur dapat melembapkan tenggorokan yang sakit dan meredakan pilek sementara. Berkumurlah dengan setengah sendok teh garam yang dilarutkan dalam 250 ml air hangat, empat kali sehari.

Untuk mengurangi rasa gatal di tenggorokan, cobalah obat kumur yang mengandung astringen -- seperti teh yang mengandung tanin -- untuk mengencangkan membran. Atau gunakan air yang dicampurkan dengan madu atau cuka apel.


2. Sering Membersihkan Hidung

Sangat penting untuk membersihkan hidung secara teratur ketika Anda pilek daripada menghirup ingus kembali ke kepala. Tetapi ketika mengeluarkan ingus dengan keras, tekanan dapat membawa ingus pembawa kuman kembali ke saluran telinga sehingga menyebabkan sakit telinga.

Cara terbaik untuk membersihkan ingus dari hidung Anda adalah dengan menekan satu jari di atas satu lubang hidung saat Anda mengembuskannya dengan lembut untuk membersihkan rongga hidung yang satu lagi.


3. Makan Makanan Penangkal Infeksi

Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi ketika Anda sedang berjuang melawan pilek atau flu:

  • Pisang dan nasi untuk meredakan sakit perut dan mengurangi diare
  • Vitamin C - makanan yang mengandung vitamin C seperti paprika
  • Blueberry meredakan diare dan bersifat seperti aspirin alami, yang dapat menurunkan demam dan membantu rasa sakit dan nyeri
  • Wortel, sayuran ini mengandung beta-karoten
  • Cabai rawit dapat membuka sinus, dan membantu mengatasi lendir di paru - paru
  • Cranberry dapat membantu mencegah bakteri menempel pada sel yang melapisi kandung kemih dan saluran kemih
  • Mustard atau lobak dapat membantu mengencerkan lendir di saluran napas
  • Bawang mengandung fitokimia yang dimaksudkan untuk membantu tubuh membersihkan bronkitis dan infeksi lainnya
  • Teh hitam dan hijau mengandung katekin, fitokimia yang diklaim memiliki efek antibiotik dan anti-diare alami

4. Konsumsi Minuman Hangat

Minuman hangat dapat membantu meredakan hidung tersumbat, mencegah dehidrasi, dan menenangkan membran yang meradang dan tidak nyaman yang melapisi hidung dan tenggorokan Anda.

Jika Anda merasa sangat sesak sehingga tidak bisa tidur di malam hari, cobalah minum minuman hangat. Buatlah secangkir teh herbal panas dan tambahkan satu sendok teh madu.

Saat sedang flu, sebisa mungkin hindari alkohol. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat membuat Anda merasa lebih buruk.


5. Gunakan Salep di Bawah Hidung

Menggunakan sedikit salep mentol atau minyak kayu putih di bawah hidung Anda dapat membantu membuka saluran pernapasan dan memulihkan kulit yang teriritasi di pangkal hidung. Mentol dan kayu putih memiliki bahan yang menimbulkan sensasi kebas ringan yang dapat membantu meredakan nyeri hidung.

Namun perlu dipahami bahwa salep dengan kedua bahan tersebut hanya diletakkan di bawah hidung, bukan di dalam hidung.

Perlu diperhatikan bahwa terkadang kondisi serius seperti infeksi sinus, bronkitis, meningitis, radang tenggorokan, dan asma, dapat terlihat seperti flu biasa. Jika Anda memiliki gejala yang parah dan tampaknya tidak membaik, segera hubungi dokter.

Reporter: Lianna Leticia

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya