5 Tips Sederhana Namun Efektif Hilangkan Stres

Pentingnya memiliki cara menghilangkan stres yang efektif yang dapat menenangkan pikiran dan tubuh Anda

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Nov 2021, 16:00 WIB
Diterbitkan 26 Nov 2021, 16:00 WIB
Ilustrasi Stress
Ilustrasi Stres karena terjerat utang | foto : istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Hampir setiap orang pernah mengalami stres, entah itu karena menghadapi tantangan kecil hingga krisis besar. Stres memang tidak selalu dapat dikendalikan, tapi Anda dapat mengontrol bagaimana menanggapinya.

Menurut Elizabeth Scott PhD, seorang pelatih kesehatan dan penulis di Verwell Mind, ketika stres dibiarkan begitu saja, dan menjadi kronis, itu bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda. Itulah mengapa penting untuk memiliki pereda stres yang efektif yang dapat menenangkan pikiran dan tubuh Anda.

Dikutip dari Verywell Mind, berikut ini beberapa tips menghilangkan stres yang efektif untuk Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Jalan kaki

Olahraga adalah pereda stres yang fantastis yang dapat bekerja dalam hitungan menit. Berjalan-jalan memungkinkan Anda menikmati perubahan pemandangan, yang dapat membawa Anda ke dalam kerangka berpikir yang berbeda, dan juga membawa manfaat olahraga.

Berjalan kaki adalah cara sederhana namun efektif untuk meremajakan pikiran dan tubuh Anda.

2. Pelukan dari Orang Tercinta

Sentuhan fisik dapat melakukan banyak hal untuk menghilangkan stres Anda, terutama yang berasal dari orang yang Anda dicintai. Saat Anda memeluk seseorang, oksitosin (juga dikenal sebagai "hormon pelukan") dilepaskan. Oksitosin dikaitkan dengan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi dan tingkat stres yang lebih rendah.

Oksitosin juga menyebabkan penurunan tekanan darah. Ini mengurangi hormon stres norepinefrin dan dapat menghasilkan rasa relaksasi.

Jadi, jangan takut untuk meminta pelukan dari orang yang Anda cintai jika Anda membutuhkannya. Ini baik untuk Anda berdua dan ini bisa menjadi salah satu bentuk penghilang stres paling sederhana yang tersedia.


3. Nikmati Aromaterapi

Aromaterapi memiliki manfaat nyata untuk menghilangkan stres—ini dapat membantu Anda merasa berenergi, lebih rileks, atau lebih hadir pada saat itu.

Penelitian yang muncul menunjukkan aroma tertentu dapat mengubah aktivitas gelombang otak dan menurunkan hormon stres dalam tubuh.

4. Membuat Karya Seni

Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa mewarnai dapat memiliki efek meditatif. Satu studi menemukan bahwa tingkat kecemasan menurun pada orang yang mewarnai pola geometris yang kompleks, menjadikannya jalan keluar yang sempurna untuk pengurangan stres.


5. Luangkan Waktu untuk Aktivitas Senggang

Kegiatan rekreasi bisa menjadi cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Namun, banyak orang merasa hidupnya terlalu sibuk untuk hobi, permainan, atau kesenangan ekstra.

Memasukkan waktu luang ke dalam jadwal Anda bisa menjadi kunci untuk membantu Anda merasa lebih baik. Dan ketika Anda merasa lebih baik, produktivitas Anda juga akan menjadi lebih baik dan efisien.

Reporter: Lianna Leticia


Infografis 5 Tips Kuatkan Daya Tahan Mental agar Tubuh Lebih Sehat Cegah Covid-19

Infografis 5 Tips Kuatkan Daya Tahan Mental agar Tubuh Lebih Sehat Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 5 Tips Kuatkan Daya Tahan Mental agar Tubuh Lebih Sehat Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya