5 Aktivitas yang Bisa Membakar Kalori Tanpa Berolahraga

Berikut cara-cara membakar lebih banyak kalori dan menurunkan berat badan tanpa harus pergi ke gym

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Jan 2022, 06:00 WIB
Diterbitkan 07 Jan 2022, 06:00 WIB
ilustrasi kalori/unsplash
ilustrasi kalori/unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Berolahraga dan mengatur asupan makan memang dapat membantu Anda tetap bugar. Namun, ada cara lain yang lebih tidak biasa untuk membakar kalori.

Hal-hal kecil yang dilakukan di siang hari dapat membuat perbedaan besar dalam metabolisme Anda.

Jika dilakukan secara teratur, mereka akan membantu Anda tetap bugar tanpa menghabiskan berjam-jam di gym, jelas Pelatih Kesehatan Bersertifikat Malia Frey, yang dikutip dari Verywell Fit.

Berikut lima cara membakar kalori tanpa harus berolahraga ke gym, dilansir dari Bright Side, Selasa (4/1/2022):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Mandi air panas

Mandi air panas adalah cara yang bagus untuk bersantai di malam hari dan menghilangkan stres. Tapi ternyata, menghabiskan waktu hingga satu jam di air panas juga bisa menghilangkan kelebihan berat badan, terutama yang diakibatkan oleh kalori berlebih.

Saat Anda mandi dengan air panas, tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu normalnya, yang pada gilirannya membantu Anda membakar lebih banyak kalori.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mandi air panas selama satu jam dapat membakar 130 kalori dan mungkin merupakan strategi yang baik untuk menurunkan berat badan.


2. Minum air dingin

Tetap terhidrasi sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan, tetapi cara Anda minum air sebenarnya dapat meningkatkan pembakaran kalori Anda.

Jika Anda lebih suka air dengan suhu ruangan atau hangat, menambahkan beberapa es batu ke dalamnya  dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Hal ini dikarenakan saat meminum air dingin, tubuh Anda harus menghangatkannya hingga mencapai suhu tubuh, yang akan meningkatkan metabolisme Anda untuk sementara waktu.

 


3. Melakukan pekerjaan rumah tangga

Aktivitas rumah tangga yang kecil sebenarnya tidak hanya dapat menjaga kebersihan rumah, tapi juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan hingga beberapa ratus kalori per jam.

Menghabiskan satu jam untuk mencuci dan mengeringkan bak cuci piring yang penuh dapat membantu Anda membakar 100 kalori, dan menggosok kamar mandi selama 35 menit sama seperti membakar kalori sebanyak 35 menit berjalan di atas treadmill.

4. Jalan sore

Anda juga dapat menemukan cara lain untuk membakar kalori dengan meningkatkan waktu berjalan Anda di sore hari, seperti berjalan dengan anak-anak ke taman atau ke halte bus.

Atau jika Anda mengendarai kendaraan, Frey menyarakan Anda untuk memilih tempat parkir yang agak jauh dari temapt tujuan dan gunakan langkah ekstra itu berjalan.


5. Bergerak setidaknya selama 15 menit setiap jam

Duduk dalam waktu lama saat bekerja ternyata bisa menjadi penyebab kenaikan berat badan pada beberapa orang, jelas Frey. 

Berdasarkan penelitian The American Heart Association, pekerja dengan berat badan berlebih tampaknya menunjukkan kecenderungan bawaan untuk duduk selama 2,5 jam per hari lebih dibandingkan rekan-rekannya yang lain.

Jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk selalu duduk di depan laptop, cobalah untuk bangun dan bergerak setidaknya selama 15 menit setiap jam. Atau berjalan-jalan ke kamar kecil, pergi ke pendingin air, menjalankan tugas, naik tangga alih-alih lift atau melakukan pengarsipan dari posisi berdiri daripada duduk.

Kegiatan-kegiatan kecil seperti itu terbukti dapat membantu membakar 350 kalori tambahan per hari, dan jika dilakukan secara rutin, membantu mengurangi berat badan pada beberapa orang.

Reporter: Lianna Leticia


Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya