Tetap Disiplin Prokes, Orang dengan Komorbid Lebih Berisiko Reinfeksi COVID-19

Selain vaksinasi, orang dengan komorbid juga perlu disiplin menjalankan protokol kesehatan. Risiko orang dengan komorbid alami infeksi ulang atau reinfeksi COVID-19 meningkat.

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Mar 2022, 16:30 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2022, 16:30 WIB
Masker
Kementerian Kesehatan membagikan 1.431 masker kepada balita beserta pengasuhnya dan lansia serta pendampingnya di Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa dan Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia, Cipayung, Jakarta Timur pada Minggu, 30 Agustus 2020. (Dok Kementerian Kesehatan RI)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Alergi Imunologi Iris Rengganis menyampaikan individu dengan penyakit penyerta (komorbid) memiliki risiko lebih tinggi kembali terkena atau reinfeksi COVID-19.

"Dibandingkan dengan populasi sehat, jelas reinfeksi pada komorbid dapat lebih tinggi. Apalagi dengan adanya mutasi virus dan varian baru seperti Omicron," kata Iris dalam diskusi bersama BNPB pada Rabu, 2 Maret 2021.

Orang dengan komorbid seperti diabetes, hipertensi serta autoimun memiliki antibodi yang lebih rendah dibandingkan dengan populasi sehat. Reinfeksi bisa terjadi karena sistem imun tubuh sudah mulai lemah atau tidak dapat mendeteksi virus yang masuk ke dalam tubuh.

"Varian baru itu timbul karena ada mutasi sehingga bisa saja tidak dikenali lagi oleh sistem imun kita setelah ada mutasi kesekian kali, karena vaksin dibuat sesuai dengan jenis virus yang beredar ketika itu," kata Iris mengutip Antara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Prokes dan Vaksinasi Lengkap Bahkan Booster

Vaksinasi Booster Dari Rumah ke Rumah
Petugas kesehatan bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis ketiga saat vaksinasi booster COVID-19 dari rumah ke rumah di Poris Plawad, Tangerang, Jumat (21/1/2022). Pelaksanaan vaksinasi dari rumah ke rumah untuk memudahkan para lansia mendapatkan vaksin booster COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Selain disiplin protokol kesehatan untuk menghindari reinfeksi, menurutnya, kekebalan kelompok melalui vaksinasi juga harus ditingkatkan. Apalagi, saat ini varian Omicron masih beredar di dalam negeri.

"Kalau sebelumnya WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) menyampaikan 'herd immunity' (kekebalan komunal) 70 persen cukup, tetapi dengan adanya Omicron saya tidak yakin cukup, diharapkan 85 hingga 90 persen," katanya.

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 per 2 Maret 2022, warga Indonesia yang telah menerima dosis vaksin secara lengkap sudah lebih dari 70 persen dari populasi atau 190,9 juta. 


Infografis Gejala Covid-19 Omicron dan Cara Penanganan

Infografis Gejala Covid-19 Omicron dan Cara Penanganan
Infografis Gejala Covid-19 Omicron dan Cara Penanganan (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya