Tips Jaga Anak agar Terhindar dari Cacar Monyet

Meski penularan penyakit cacar monyet banyak terjadi di orang dewasa, tidak tertutup kemungkinan anak-anak juga bisa terinfeksi melalui kontak erat.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 28 Agu 2022, 16:01 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2022, 16:00 WIB
Tangkapan mikroskop elektron bagian ultratipis dari virus cacar monyet file 2004. (Gambar: AFP/RKI Institut Robert Koch/Freya Kaulbars)
Tangkapan mikroskop elektron bagian ultratipis dari virus cacar monyet file 2004. (Gambar: AFP/RKI Institut Robert Koch/Freya Kaulbars)

Liputan6.com, Jakarta - Meski penularan penyakit cacar monyet banyak terjadi di orang dewasa, tidak tertutup kemungkinan anak-anak juga bisa terinfeksi melalui kontak erat.

Terlebih, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan CDC, jika dibandingkan dengan remaja atau orang dewasa, anak-anak terutama yang berusia di bawah delapan tahun akan lebih rentan jika terkena penyakit parah atau komplikasi dari penyakit yang juga disebut monkeypox.

Walaupun fatalitas dari kasus cacar monyet belum tercatat, ada beberapa bukti yang dikumpulkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di AS yang menunjukkan penyakit tersebut bisa menimbulkan kondisi parah pada anak di bawah usia 8 tahun. Terlebih pada anak dengan immunocompromising atau kondisi kulit tertentu seperti eksim.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran pada orangtua di negara dengan kasus monkeypox yang cukup tinggi, mengingat saat ini anak-anak di telah mulai kembali bersekolah tatap muka.

Menurut CDC, gejala monkeypox pada anak-anak kurang lebh serupa dengan gejala pada orang dewasa.

Penyakit tersebut muncul dengan disertai tanda ruam tubuh yang menyerupai reaksi alergi, cacar air, atau penyakit tangan, kaki, dan mulut.

Ruam tersebut dengan cepat menjadi lesi, dan dalam kurun waktu dua hingga empat miggu berubah menjadi lepuhan berair, pustula, lalu keropeng. Sementara itu, pasien juga cenderung mengalami demam, pembengkakan kelenjar getah bening, kelelahan dan sakit kepala, dilansir New York Post.

Risiko anak-anak dan remaja tertular virus tetap rendah karena beberapa kasus yang diketahui di antara mereka cepat dirawat dan dikarantina. Selain itu, infeksi pada anak-anak dan remaja AS sejauh ini ringan, menurut American Academy of Pediatrics.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penyebaran Cacar Monyet pada Anak-Anak

Cacar monyet menyebar pada anak-anak dan remaja dengan cara yang sama seperti pada orang dewasa: melalui kontak pribadi yang dekat. Untuk anak-anak, ini bisa berarti memeluk orang lain, kulit-ke-kulit, dengan ruam menular; atau bertukar ludah, seperti melalui ciuman atau berbicara sangat dekat, dengan pasien yang sakit.

CDC juga mencatat potensi virus untuk menyebar melalui benda atau permukaan yang terkontaminasi, termasuk pakaian, handuk, dan linen, yang digunakan oleh seseorang dengan virus.

Tidak diketahui apakah anak-anak lebih rentan terhadap cacar monyet daripada orang dewasa atau apakah virus akan mempengaruhi mereka dengan cara yang sama.


Jika Anak Terinfeksi Cacar Monyet

Berbeda dengan COVID-19 dan penyakit menular lainnya, orang yang terpapar virus tidak perlu diisolasi. Namun, selama pemantauan, departemen kesehatan dapat membatasi partisipasi mereka dalam kegiatan jika peneliti tidak dapat menunjukkan dengan tepat di mana atau dengan siapa paparan pertama kali terjadi, atau jika pengaturan paparan menimbulkan risiko yang sangat tinggi. Mereka juga akan mempertimbangkan usia dan kemampuan anak untuk mengenali atau mengomunikasikan gejala dan risikonya kepada orang lain.

Bayi disarankan untuk tinggal di kamar terpisah dan tidak melakukan kontak dengan orang tua atau pengasuh yang terinfeksi atau mungkin telah terkena cacar monyet.

Jika anak Anda bersentuhan dengan seseorang yang menderita cacar monyet, mereka harus diawasi dengan ketat selama 21 hari. Jika gejala muncul, mereka harus mengisolasi diri dari teman sebaya dan memakai masker.

Berdasarkan kasus per kasus, vaksinasi dan pengobatan antivirus profilaksis mungkin tersedia untuk anak-anak yang diduga telah terpapar.

CDC merekomendasikan bahwa siapa pun - anak-anak dan orang dewasa - dengan kasus cacar monyet yang diketahui harus mengisolasi sampai semua keropeng dari ruam hilang, yang bisa memakan waktu hingga 4 minggu setelah gejala pertama kali dimulai.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya