Kate Middleton dan Putri Charlotte Kompakan Pakai Aksesori Kepala Silver di Penobatan Raja Charles III

Momen penobatan Raja Charles III berhasil menarik perhatian banyak mata. Salah satunya saat Kate Middleton dan Putri Charlotte kompakan menggunakan aksesoris kepala berbentuk daun.

oleh Diviya Agatha diperbarui 06 Mei 2023, 20:06 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2023, 20:06 WIB
Pangeran William, Kate Middleton, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis di penobatan Raja Charles III. (Yui Mok, Pool via AP)
Pangeran William, Kate Middleton, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis di penobatan Raja Charles III. (Yui Mok, Pool via AP)

Liputan6.com, Jakarta Momen penobatan Raja Charles III berhasil menarik perhatian banyak mata. Salah satunya saat Kate Middleton dan Putri Charlotte kompakan menggunakan aksesoris kepala berbentuk daun.

Ibu dan anak tersebut hadir memukau dengan aksesoris kepala karya Jess Collett dan Alexander McQueen. Dari banyak potret yang beredar, Kate Middleton terlihat menggunakan aksesoris kepala yang lebih besar daripada Putri Charlotte.

Kedua aksesoris itu punya bentuk yang mirip, seraya menggambarkan keselarasan antar satu keluarga. Rambut Kate Middleton dan Putri Charlotte ikut ditata sedemikian rupa hingga nampak serasi.

Mengutip Independent, Sabtu (6/5/2023), aksesoris kepala berbentuk daun tiga dimensi yang digunakan Kate Middleton dan Putri Charlotte terbuat dari batangan emas, kristal, serta dilapisi benang perak.

Kate Middleton Tak Jadi Pakai Mahkota Bunga

Sebelumnya, Kate Middleton sempat dikabarkan akan menggunakan mahkota bunga saat penobatan ayah mertuanya Raja Charles III. Namun, pilihan hatinya kemudian jatuh pada aksesoris berbentuk daun.

Tak berhenti di sana, perhiasan yang digunakan Kate Middleton seperti anting juga tak main-main. Anting dengan potongan mutiara dan berlian itu merupakan milik ibu Pangeran William, Putri Diana.

Kate Middleton pun menggunakan kalung Festoon George VI milik Ratu Elizabeth II yang dibuat atas permintaan Raja George VI tahun 1950. Kalung yang punya tiga untaian milik sang nenek buyut itu tentunya masih menggunakan berlian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jubah Kate Middleton dan Putri Charlotte

Pangeran William, Kate Middleton, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis di penobatan Raja Charles III. (Phil Noble/Pool Photo via AP)
Pangeran William, Kate Middleton, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis di penobatan Raja Charles III. (Phil Noble/Pool Photo via AP)

Sedangkan dalam hal pakaian, Kate Middleton masih menjatuhkan pilihan pada karya Alexander McQueen. Ia menggunakan jubah beserta mantel Royal Victorian Order berwarna biru di atas gaun berbahan sutra.

Begitupun dengan Putri Charlotte yang ikut mengenakan bahan serupa, yang masih sama-sama karya Alexander McQueen untuk momen upacara penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, London.

Terdapat motif mawar, thistle, daffodil, dan shamrock dengan lambang yang menandakan empat negara membentuk Inggris Raya pada gaun Kate Middleton.


Penampilan Raja Charles III di Hari Penobatannya

Raja Charles III Sah Jadi Pemimpin Kerajaan Inggris
Untuk semua kamera televisi, fotografer, dan orang banyak, ada satu momen dalam penobatan Raja Charles III yang tidak akan disiarkan ke seluruh dunia. (Jonathan Brady/Pool Photo via AP)

Di sisi lain, Raja Charles III sendiri menggunakan jubah yang terbuat dari emas. Jubah emas yang hendak digunakan hari ini oleh Raja Charles dahulu digunakan oleh sang ibu, Ratu Elizabeth II ketika momen penobatannya sebagai ratu.

Jubah berkilau tersebut terbuat dari sutra emas yang disebut dengan Supertunica, dan digunakan di bawah Golden Imperial Mantle, yang mana juga pertama kali dibuat untuk Raja George IV tahun 1821.

"Itu ditenun dari kain emas dan disulam dengan sulaman emas, menggunakan desain yang memiliki tradisi kuat," kata deputi surveyor karya seni raja, Caroline De Guitaut mengutip CBS News.

Sarung tangan yang digunakan Raja Charles III pun tak main-main. Dahulu, sarung tangan itu digunakan pada tahun 1937, tepat saat penobatan Raja George VI.


Sarung Tangan Raja Charles III Saat Penobatan

Raja Charles III Sah Jadi Pemimpin Kerajaan Inggris
Raja Charles III disebut akan menggunakan kesempatan tersebut untuk memajukan semangatnya terhadap generasi muda, komunitas, keragaman, dan keberlanjutan. (Andrew Matthews/Pool via AP)

Hampir seabad lalu, sarung tangan yang digunakan Raja Charles III untuk penobatan hari ini digunakan oleh Raja George VI.

"Yang Mulia raja telah memutuskan untuk menggunakan kembali barang-barang dari penobatan kakeknya, Raja George VI, pada tahun 1937," ujar Caroline.

Caroline menambahkan, sarung tangan itu diletakkan pada tangan kanan Raja Charles III. Terlihat Raja Charles III menggunakan sarung tangan tersebut sangat menggenggam pedang usai dinobatkan.

Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya