Kucing Senang Berada di Kamar Mandi, Kenapa Ya?

Kebanyakan kucing senang berada di kamar mandi. Apa alasannya?

oleh Tiara Laninda diperbarui 16 Mei 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2023, 06:00 WIB
Ilustrasi kucing di kamar mandi
Ilustrasi kucing di kamar mandi (Sumber: Pexels)

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik anak bulu (anabul) pasti tahu bahwa kebanyakan kucing senang berada di kamar mandi. 

Apakah kucing suka mengikuti Anda ke kamar mandi? Mungkin ia menggosokkan tubuhnya ke kaki Anda saat berada di kamar mandi atau melompat untuk bersantai di wastafel.

Kadang-kadang, ia bisa juga mengeluarkan suara keras dan menggaruk pintu yang tertutup sebagai tanda meminta pintu dibuka.

Beberapa kucing tampaknya ingin mendapatkan lebih banyak perhatian saat Anda berada di kamar mandi dibandingkan saat berada di tempat lain di rumah. 

Lantas, apa alasan di balik kebiasaan kucing yang satu ini?

Kamar Mandi Jadi Tempat Seru untuk Bermain

Menurut Teknisi Kedokteran Hewan, Jenna Stregowski, bagi banyak kucing, kamar mandi bisa terlihat seperti tempat bermain. Ada bak mandi yang bisa dipakai untuk berputar-putar dan gulungan kertas toilet untuk dimainkan.

“Mungkin ada juga hal-hal menarik seperti handuk dan jubah yang tergantung di dinding. Mereka bisa berguling-guling di lantai dan bermain dengan karpet atau keset kamar mandi,” kata Stregowski melalui The Spruce Cats.

Kucing bisa bersenang-senang di kamar mandi, baik Anda ada di sana atau tidak.

Banyak pemilik kucing yang belajar ini dari pengalaman yang tak menyenangkan, ketika mereka pulang untuk menemukan kekacauan yang ditinggalkan oleh kucing di kamar mandi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara untuk Mendapatkan Perhatian

Ilustrasi kucing di kamar mandi
Ilustrasi kucing di kamar mandi (Sumber: Pexels)

Kucing menyukai perhatian, selama hal itu sesuai dengan keinginan mereka.

“Harus diakui bahwa pecinta kucing pasti akan mengelus kucing manis yang menggosok-gosokan tubuhnya ke kaki Anda saat duduk di toilet,” kata Stregowski.

Kucing sepertinya tahu bahwa Anda "terjebak" di sana setidaknya selama beberapa menit dan akan mudah menarik perhatian Anda.

Mungkin kucing juga tahu bahwa saat itu Anda sedang tidak sibuk dengan televisi, buku, pekerjaan, atau kegiatan lainnya.

Anda sedang di kamar mandi tanpa melakukan sesuatu yang terlalu serius, sehingga bisa memberikan kasih sayang dan perhatian kepada mereka.


Pintu yang Tertutup Bikin Kucing Penasaran

Ilustrasi kucing
Ilustrasi kucing. Photo by Freepik

Kebanyakan kucing tak suka jika ada pintu yang tertutup di rumahnya, tak terkecuali pintu kamar mandi.

“Pintu kamar mandi yang tertutup bisa membuat kucing merasa gila,” ungkap Stregowski.

Seiring waktu, beberapa kucing tampaknya belajar bahwa Anda sering menutup pintu kamar mandi tersebut.  Jadi, mereka ingin berada di sana untuk memastikan mereka tidak melewatkan hal-hal yang seru.

Kucing ingin tahu apa yang terjadi di wilayah mereka setiap saat. Jika kucing bisa membuat aturan, mereka mungkin akan mengatakan bahwa tidak boleh ada pintu yang tertutup.


Wastafel Seperti Tempat Tidur Kucing

Ilustrasi penyebab kutu kucing
Ilustrasi kucing/Copyright pexels/Cats Coming

Bentuk wastafel dengan sisi-sisi yang melengkung terlihat sangat pas untuk tubuh kucing. Tampaknya wajar apabila kucing akan menikmati tidur atau bersantai di dalam wastafel.

Kesejukan wastafel mungkin terasa nyaman bagi kucing, terutama saat cuaca terasa panas.

Ketika cuaca dingin, panas tubuh kucing dapat menghangatkan wastafel dan membuatnya lebih nyaman di dalamnya. Beberapa kucing juga suka menjilati tetesan air dari keran saat bersantai di wastafel.

Suka Berada di Dekat Air

Meski kebanyakan kucing tidak suka basah, banyak yang senang berada di dekat air. Di kamar mandi, kucing bisa minum air segar dari keran wastafel atau bak mandi.

“Air yang mengalir segar adalah salah satu hal yang disukai oleh kucing. Beberapa kucing yang suka wastafel kadang-kadang akan masuk ke dalamnya saat air mengalir,” jelas Stregowski.

Ada juga beberapa kucing yang suka menjilat bak mandi basah atau bahkan meminum air mandi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya