Aktor Lee Je Hoon Jalani Operasi Darurat, Batal Ngehost di BIFF 2023

Agensi mengungkap bahwa Lee Je Hoon akan dirawat inap untuk pemulihan selama seminggu dan membatalkan acara yang akan datang termasuk BIFF 2023.

oleh Marisa Atalia Insara diperbarui 04 Okt 2023, 11:57 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2023, 11:00 WIB
Lee Je Hoon
Lee Je Hoon (Coutersy of Netflix)

Liputan6.com, Jakarta - Aktor Korea Selatan Lee Je Hoon dikabarkan menjalani operasi darurat kolitis iskemik. Alhasil, ia batal tampil sebagai host atau pembawa acara dalam acara Busan International Film Festival 2023 (BIFF 2023) pada 4 Oktober 2023. 

Pada tanggal 2 Oktober, agensi Lee Je Hoon yaitu COMPANY ON mengungkapkan, “Lee Je Hoon ke rumah sakit pada malam tanggal 1 Oktober karena sakit perut yang parah, dan dia didiagnosis menderita kolitis iskemik. Dia mendapatkan operasi darurat pada tanggal 2 Oktober,” seperti dikutip dari laman Soompi pada Selasa, 3 Oktober 2023. 

Agensi melanjutkan, “Syukurlah operasinya berhasil, dan saat ini ia sedang dalam masa pemulihan di rumah sakit. Kami harus melihat perkembangan kesembuhannya," kata agensi lagi.

Rawat Inap Seminggu

Agensi tempat Lee Je Hoon bernaung juga mengatakan bahwa diperkirakan pria 39 tahun itu menjalani rawat inap seminggu ke depan.

"Ia harus dirawat di rumah sakit selama sekitar satu minggu,” tutur agensi. 

Oleh karena itu, Lee Je Hoon tidak akan menghadiri upacara pembukaan Festival Film Internasional Busan ke-28. Padahal, ia dijadwalkan tampil bersama Park Eun Bin pada tanggal 4 Oktober sebagai host. Hingga berita ini diturunkan, Park Eun Bin disebut menjadi pembawa acara solo.

Selain itu, Lee Je Hoon tidak dapat menghadiri Buil Film Awards 2023 pada 5 Oktober.

COMPANY ON berkomentar, “Kami sangat menyesal kepada Busan International Film Festival 2023 dan Buil Film Awards.”

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa Itu Kolitis Iskemik?

Usus besar
Anak-anak dari salah satu orangtua yang pernah kena kanker usus besar, perlu menjalani kolonoskopi pada usia 40-an.

Melansir Cleveland Clinic pada Selasa, 3 Oktober 2023, kolitis iskemik adalah salah satu dari banyak jenis kolitis, yang berarti peradangan pada usus besar. Namun tidak seperti jenis lainnya, kolitis iskemik dimulai di sistem peredaran darah.

Berkurangnya aliran darah ke usus besar membuat jaringan kekurangan oksigen, menyebabkan respons peradangan. Jika aliran darah tidak pulih, hal ini dapat menyebabkan kematian jaringan. 

Kolitis iskemik adalah peradangan di usus besar yang disebabkan oleh iskemia, yang berarti berkurangnya aliran darah. Darah memasok oksigen ke jaringan di tubuh.

 


Gejala dan Penyebab Kolitis Iskemik

Seseorang yang mengalami kolitis iskemik biasanya menunjukkan gejala:

  • Sakit perut dan kram
  • Perut bengkak dan nyeri tekan
  • Diare dan terus menerus ingin buang air besar
  • Feses berdarah
  • Demam
  • Mual atau kehilangan nafsu makan

Penyebab terjadinya Kolitis Iskemik

Penyakit yang mempengaruhi sistem peredaran darah, termasuk jantung dan pembuluh darah, dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah di arteri yang memasok usus besar. Gumpalan darah mungkin menghalangi salah satunya, atau sesuatu yang lain mungkin menekannya dari luar. Hal tersebut yang mungkin bisa menyebabkan kolitis iskemik

 


Perawatan Kolitis Iskemik

Perawatan kolitis iskemik akan bergantung pada seberapa parah penyakitnya dan apakah mengalami komplikasi, seperti infeksi pada rongga perut. Kasus yang parah atau rumit memerlukan operasi darurat seperti yang dialami oleh Lee Je Hoon. 

Sebagian besar kasus dapat ditangani secara medis. Seseorang akan menerima cairan IV dan antibiotik spektrum luas untuk mengobati atau mencegah infeksi. Dan mungkin menerima terapi oksigen untuk membantu meningkatkan curah jantung dan aliran darah.

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya