Nyeri Pinggang, Cek Penanganannya di Sini

Tentunya ada banyak penyebab nyeri di bagian punggung yang mungkin dialami seseorang. Ada beberapa cara juga yang dapat dilakukan untuk pengobatannya, mulai dari perubahan gaya hidup, istirahat, fisioterapi, obat-obatan, sampai pada tindakan pembedahan, sesuai dengan anjuran dokter.

oleh stella maris pada 31 Okt 2023, 13:52 WIB
Diperbarui 31 Okt 2023, 13:57 WIB
Ilustrasi nyeri pinggang
Ilustrasi nyeri pinggang/Shutterstock-voronaman.

Liputan6.com, Jakarta Spesialis Orthopedi & Traumatologi, Konsultan Tulang Belakang dari RS EMC Tangerang, dr. Harmantya Mahadhipta, Sp.OT (K)Spine mengatakan bahwa tulang belakang merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang harus dijaga kesehatannya. Itu karena bagian tubuh yang satu ini, bisa dibilang punya peranan sangat penting bagi tubuh. 

Salah satunya melindungi saraf di sepanjang tulang belakang, mulai dari sumsum tulang belakang, menyangga kepala, leher, dan batang tubuh, hingga mempertahankan postur tubuh. Namun terkadang, ada beberapa hal yang membuat terganggunya tulang belakang. 

Apalagi buat kamu yang terlalu banyak duduk alias melakukan perilaku sedentari terus-menerus karena banyaknya kesibukan. Hal tersebut bukan hanya menimbulkan otot kaku, tapi juga menyebabkan masalah pada tulang belakang. 

Nyeri di punggung atau di punggung bagian belakang (lumbar) karena menopang beban tubuh terlalu lama. Jika  muncul rasa nyeri di titik tersebut, tentunya kondisi itu dapat menghambatmu dalam menyelesaikan pekerjaan atau beraktivitas. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Menangani Nyeri di Bagian Punggung

Tentunya ada banyak penyebab nyeri di bagian punggung yang mungkin dialami seseorang. Ada beberapa cara juga yang dapat dilakukan untuk pengobatannya, mulai dari perubahan gaya hidup,  istirahat, fisioterapi, obat-obatan, sampai pada tindakan pembedahan, sesuai dengan anjuran dokter.

Ketika kamu mulai merasakan nyeri punggung yang mengganggu, ada kalanya dokter akan menyarankan untuk dilakukan pembedahan untuk penanganan rasa nyeri, jika kondisi tersebut tidak kunjung membaik, walaupun sudah dilakukan pengobatan yang bersifat konvensional seperti pemberian obat-obatan dan fisioterapi dalam waktu tertentu. 

Ada banyak jenis pembedahan untuk penanganan keluhan tulang belakang yang bisa dilakukan. Menurut dr. Harmantya dari Spine Center RS. EMC Tangerang sebagai salah satu pelayanan pengobatan tulang belakang terbaik di Asia Pasifik, dapat melakukan penanganan keluhan tulang belakang dengan berbagai teknik pembedahan modern, minimal invasif, dan advance.

Di antara beberapa jenis teknik pembedahan tersebut, ALIF (Anterior lumbar interbody fusion) menjadi salah satunya. Faktnya hanya sedikit rumah sakit di Indonesia yang dapat melakukan teknik ALIF. Salah satunya adalah RS EMC Tangerang yang sukses melakukan penanganan ALIF pada banyak pasiennya. 


Lalu Apa Sebenarnya ALIF?

Ini adalah prosedur pembedahan yang memperkuat struktur dan stabilitas punggung, dengan menghubungkan dua tulang belakang menjadi satu yang menggunakan pendekatan anterior (depan-melalui daerah perut), untuk menyatukan (memperbaiki) tulang-tulang tulang belakang lumbar.

dr. Harmantya menjelaskan, fusi antar tulang yaitu diskus intervertebralis (cakram yang membentuk sendi tulang rawan di antara vertebra, memberikan peredam kejut yang sangat efisien), diangkat dan diganti dengan pengatur jarak tulang. Dalam hal ini menggunakan pendekatan anterior (depan-melalui daerah perut). 

Teknik anterior sering dipilih ketika beberapa tingkat tulang belakang sedang disatukan dan beberapa diskus perlu diangkat. ALIF dapat dilakukan bersamaan dengan atau tanpa dekompresi posterior (laminektomi) dan/atau instrumentasi (implant). Pendekatan ALIF anterior juga ideal ketika hanya satu tingkat tulang belakang yang menyatu dan dekompresi posterior dan/atau instrumentasi tidak diperlukan.


Kelebihan Teknik ALIF

Teknik ALIF umumnya dilakukan untuk penanganan kondisi tulang belakang yang menyakitkan karena adanya pergeseran tulang belakang (spondylolisthesis) dan/atau cakram tulang belakang rusak. Sementara jika bicara risiko dan hal-hal yang perlu dihindari pasca tindakan ALIF, akan dijelaskan dokter pada saat konsultasi sebelum tindakan dilakukan. 

Agar lebih jelas, berikut beberapa kelebihan teknik ALIF:

  • Relatif lebih aman
  • Proses pemulihan lebih cepat
  • Perawatan yang relatif singkat, yaitu 1-3 hari
  • Otot dan saraf punggung tetap tidak terganggu
  • Lengkungan alami tulang belakang dapat dipulihkan dengan lebih efisien dan efektif

Hasil pembedahan dengan teknik anterior lumbar interbody fusion (ALIF) dalam pengobatan spondilolistesis dan penyakit diskus degeneratif pada umumnya sangat baik. Sejumlah studi penelitian dalam jurnal medis menunjukkan lebih dari 87-97% hasil yang baik atau sangat baik dari pembedahan ALIF dan pasien mengalami perbaikan yang signifikan pada nyeri punggung mereka dan kembali beraktivitas.

Nah, buat kamu yang mulai merasakan nyeri punggung, ada baiknya langsung berkonsultasi dengan Spesialis Ortopedi & Traumatologi, Konsultan Tulang Belakang, dr. Harmantya Mahadhipta, Sp.OT (K)Spine dari RS EMC Tangerang. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelayanan pengobatan tulang belakang RS EMC Tangerang, dapat menghubungi Ekha : 0818 0818 0812. 

Jadwal praktek dr. Harmantya Mahadhipta Sp.OT (K) Spine di RS EMC Tangerang:

Senin : 15.00 sd 19.00 WIB

Rabu : 15.00 sd 19.00 WIB

Kamis: 13.00 sd 16.00 WIB

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya