8 Tanda Anak Usia Remaja Kecanduan HP, Orangtua Harus Tahu

Zaman sekarang anak-anak sudah sangat familiar dengan gadget atau HP. Berikut 5 tanda anak sudah kecanduan HP.

oleh Fariza Noviani Abidin diperbarui 26 Jun 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2024, 17:00 WIB
Main ponsel di tempat tidur
Ilustrasi ciri-ciri remaja kecanduan main hp atau ponsel. (Photo by Boudewijn Huysmans on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Di era digital ini, handpohone/hp atau ponsel telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan remaja.

Dilansir dari Parents, hampir 95% remaja memiliki akses ke smartphone, yang mereka manfaatkan untuk berbagai keperluan. Mulai dari menjalin komunikasi dengan teman, mengerjakan tugas sekolah, hingga mencari hiburan.

Di balik manfaatnya, penggunaan ponsel yang berlebihan dapat menimbulkan kecanduan. Hal ini dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan mental, seperti depresi, kecemasan, dan kesepian.

Para ahli masih memperdebatkan hubungan sebab-akibatnya: apakah smartphone menyebabkan masalah mental, atau orang dengan masalah mental lebih mudah terjerumus ke dalam kecanduan smartphone?

Terlepas dari perdebatan tersebut, penting bagi orangtua untuk membantu remaja mereka mengatur penggunaan ponsel. Menetapkan batasan waktu layar (screen time) yang wajar dapat membantu mencegah muncul masalah kesehatan mental yang terkait dengan kecanduan ponsel.

Selain itu, orangtua juga perlu mendorong remaja untuk mencari aktivitas lain di luar dunia digital dan membantu mereka mengatasi masalah mental yang mungkin muncul.

Membantu remaja menyeimbangkan penggunaan HP dengan kehidupan nyata merupakan kunci untuk memastikan mereka tumbuh dan berkembang dengan sehat di era digital ini.

Berikut ada 8 gejala kecanduan gadget pada anak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa Saja Gejala Anak Kecanduan HP?

Ilustrasi main HP, media sosial, tersenyum
Ilustrasi main HP, media sosial, tersenyum. (Photo by Luke Porter on Unsplash)

Remaja yang kecanduan HP menunjukkan beberapa tanda yang mudah diamati, seperti:

  1. Selalu menjaga ponsel tetap aktif dan selalu membawanya: Remaja ini selalu memastikan ponsel mereka dalam keadaan aktif dan selalu ada di dekat mereka.
  2. Perubahan perilaku: Seperti menjadi lebih pendiam, mudah marah, dan sulit berkonsentrasi.
  3. Kesulitan dalam mengatur emosi: Seperti mudah marah, gelisah, dan frustasi ketika tidak bisa menggunakan ponsel mereka.
  4. Reaksi ekstrem saat dipisahkan dari perangkat mereka: Seperti panik atau cemas, ketika mereka dipisahkan dari ponsel mereka.
  5. Ketidaksabaran, mudah marah, gelisah, tidak dapat fokus di sekolah saat dipisahkan dari ponsel mereka: Kecanduan HP dapat mengganggu kemampuan remaja untuk fokus pada aktivitas lain, seperti belajar di sekolah.
  6. Jarang melakukan interaksi sosial: Interaksi sosial remaja yang kecanduan HP bisa terganggu karena mereka lebih memilih menghabiskan waktu dengan ponsel mereka.
  7. Gangguan tidur: Penggunaan HP yang berlebihan sebelum tidur dapat mengganggu pola tidur remaja.
  8. Menghabiskan semakin banyak waktu dengan ponsel mereka: Remaja yang kecanduan HP menghabiskan waktu yang berlebihan dengan ponsel mereka, bahkan untuk aktivitas yang tidak penting.

Apa Dampak dari Kecanduan HP?

Contoh ilustrasi perempuan terkena depresi
Kecanduan handphone dapat meningkatkan risiko gejala depresi (Foto: Unsplash.com/Eric Ward)

Sebuah studi terbaru dari University of Arizona, Amerika Serikat menunjukkan hubungan yang mengkhawatirkan antara kecanduan ponsel dan kesehatan mental pada remaja usia 18-20 tahun.

Kelompok usia ini menjadi fokus karena mereka adalah generasi pertama yang tumbuh dengan dikelilingi teknologi pintar.

Studi ini fokus pada "ketergantungan" ponsel, yaitu keterikatan psikologis pada perangkat, bukan hanya penggunaan umum. Hasilnya menunjukkan bahwa ketergantungan smartphone secara langsung meningkatkan risiko gejala depresi di kemudian hari.

"Inti masalahnya adalah ketergantungan pada ponsel ini dapat berakibat pada depresi di masa depan," jelas Matthew Lapierre, asisten profesor di Departemen Komunikasi University of Arizona.

"Orang-orang menjadi terlalu bergantung pada perangkat ini, merasa cemas jika tidak memilikinya, dan menggunakannya secara berlebihan hingga mengganggu kehidupan sehari-hari."


Bagaimana Mencegah Remaja Kecanduan HP?

Memang jadi tantangan untuk memisahkan remaja dari HP sepenuhnya, namun orangtua dapat membantu mereka mengelola penggunaannya dengan bijak.

Tips agar anak remaja bijak pakai HP:

1. Berikan Contoh yang Baik:

  • Batasi Penggunaan Ponsel Anda Sendiri: Perhatikanlah berapa banyak waktu yang orangtua habiskan di depan layar dan usahakan untuk menjadi contoh yang baik bagi anak Anda.
  • Luangkan Waktu Bersama Tanpa Gadget: Adakan waktu berkualitas bersama anak Anda tanpa gangguan smartphone. Lakukan aktivitas bersama seperti bermain game, berolahraga, atau menonton film.
  • Dorong Aktivitas Sehat: Dukung anak Anda untuk melakukan kegiatan di luar dunia digital, seperti berolahraga, mengikuti hobi, atau bersosialisasi dengan teman.

2. Komunikasi Terbuka:

  • Bicarakan Tentang Bahaya Kecanduan HP: Jelaskan kepada anak Anda tentang dampak negatif kecanduan HP pada kesehatan mental dan fisik mereka.
  • Tetapkan Aturan yang Jelas: Buatlah aturan yang jelas tentang penggunaan HP, seperti waktu layar yang diizinkan, area bebas HP, dan konsekuensi jika aturan dilanggar.
  • Dengarkan Kekhawatiran Anak: Berikan ruang bagi anak Anda untuk mengungkapkan perasaan mereka tentang penggunaan HP dan dengarkan dengan penuh perhatian.
Infografis Journal
Fakta Olahraga Dapat Membantu Gangguan Kesehatan Mental (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya