Berbulan-bulan Terbaring karena Diabetes, Aktris Shelley Duvall Meninggal Dunia di Usia 75 Tahun

Bintang film Shelley Duvall meninggal dunia di usianya yang ke-75 tahun pada Kamis, 11 Juli, di rumahnya di Blanco, Texas.

oleh Rahil Iliya Gustian diperbarui 12 Jul 2024, 16:30 WIB
Diterbitkan 12 Jul 2024, 16:30 WIB
Shelley Duvall, bintang The Shining, pada 1977. (AP Photo/Jean Jacques Levy, File)
Shelley Duvall, bintang The Shining, pada 1977 pada Kamis 11 Juli 2024 meninggal dunia karena diabetes. (AP Photo/Jean Jacques Levy, File)

Liputan6.com, Jakarta Bintang film Shelley Duvall meninggal dunia di usianya yang ke-75 tahun pada Kamis, 11 Juli 2024, di rumahnya di Blanco, Texas, Amerika Serikat seperti disampaikan pasangannya Dan Gilroy.

The Hollywood Reporter dan The New York Times melaporkan bahwa Duvall meninggal karena komplikasi diabetes.

“Pasangan hidup dan sahabatku yang manis dan luar biasa telah meninggalkan kita. Terlalu banyak penderitaan akhir-akhir ini, sekarang dia bebas. Terbanglah, Shelley yang cantik," kata Gilroy mengatakan kepada The Hollywood Reporter.

Mengutip dari Today pada Jumat, 12 Juli 2024, Duvall telah didiagnosis menderita diabetes dan memiliki mobilitas terbatas karena cedera kaki, menurut profil New York Times dari April 2024.

Gilroy menambahkan bahwa Duvall telah terbaring di tempat tidur dan menjalani perawatan rumah sakit selama beberapa bulan sebelum kematiannya karena diabetes yang dideritanya.

Duvall dan Gilroy tidak pernah mengungkapkan jenis diabetes yang diderita Duvall, tetapi Gilroy mengatakan komplikasi akibat penyakit tersebut menyebabkan kematiannya.

Sutradara Scott Goldberg, yang bekerja sama dengan Duvall dalam film terakhirnya, The Forest Hills yang dirilis pada tahun 2023, mengatakan kepada PEOPLE, "Shelley meninggalkan warisan yang luar biasa dan akan dirindukan oleh banyak orang, termasuk saya. Saya bangga padanya karena mampu mengatasi kesulitan untuk berakting lagi dan akan selalu berterima kasih atas persahabatan dan kebaikannya."

Selama masa-masanya menjadi pusat perhatian, bintang berbakat ini tampil dalam puluhan serial dan film, terutama The Shining dan Popeye. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Awal Karier Shelley Duvall

Shelley Duvall lahir pada tanggal 7 Juli 1949 di Fort Worth, Texas.

Menurut laman PEOPLE, ia mempertimbangkan untuk mengejar karier di bidang sains sebelum bertemu dengan tiga anggota kru dalam film Brewster McCloud tahun 1970 karya sutradara Robert Altman.

Saat itu Duvall mencoba menjual lukisan-lukisan milik Bernard Sampson, yang saat itu menjadi tunangannya, di sebuah pesta.

Para kru mengundang Duvall ke semacam panggilan casting rahasia untuk film Altman dengan kedok acara yang menampilkan "pendukung seni" yang dihadiri oleh sang sutradara.

Hal ini kemudian berujung pada penampilan pertama Duvall di layar lebar dalam film Brewster McCloud.

Shelley Duvall terus bekerja dengan sutradara tersebut, dalam film-film seperti McCabe & Mrs. Miller tahun 1971, Thieves Like Us tahun 1974 , dan Nashville tahun 1975.


Shelley Duvall dalam Film The Shining

Pada tahun 1980, Shelley Duvall memamerkan sisi lain dari keahliannya sebagai aktris dalam penampilannya yang paling terkenal sebagai Wendy Torrance dalam film horor oleh sutradara Stanley Kubrick, The Shining.

Film tersebut, memerlukan proses pengambilan gambar selama 56 minggu dan memegang Rekor Dunia Guinness untuk "pengambilan ulang terbanyak untuk satu adegan dengan dialog".

The Shining dibintangi oleh Shelley Duvall dan Jack Nicholson dalam adaptasi novel horor karya Stephen King tahun 1977 dengan nama yang sama.

Adegan saat Wendy mengayunkan tongkat pemukul ke arah Jack Torrance yang marah perlu direkam ulang sebanyak 127 kali.

The Shining membuat Duvall menjadi terkenal. "Ketika seseorang mengenali Anda di Dairy Queen di Texas, Anda adalah seorang bintang," katanya kepada PEOPLE pada tahun 1981. 

 

 


Memutuskan untuk Meninggalkan Hollywood Pada 2002

Pada tahun 2002, Shelley Duvall memutuskan untuk meninggalkan Hollywood dan pensiun di Texas Tengah.

Meskipun pengunduran dirinya memicu spekulasi tentang kesehatan mentalnya, dalam wawancara dengan PEOPLE pada tahun 2023, reporter Elaine Aradillas menulis bahwa Duvall "cerdas, membumi, sedikit eksentrik, dan terkadang emosional saat mengenang kariernya yang unik."

Ketika tawaran film mulai berkurang pada tahun 1990-an dan salah satu saudaranya didiagnosis menderita kanker, Duvall memutuskan sudah waktunya untuk berubah.

"Ini adalah cuti terpanjang yang pernah saya ambil," ungkapnya kepada PEOPLE, "tetapi itu semua karena alasan yang sangat penting, untuk bisa berhubungan lagi dengan keluarga saya."

 


Shelley Duvall Kembali Berakting

Shelley Duvall kembali berakting dalam film horor indie tahun 2023, The Forest Hills.

Sutradara-penulis-produser Scott Goldberg mengatakan kepada PEOPLE bahwa ia menelepon Duvall pada tahun 2022 dan memintanya untuk memainkan peran pendukung.

"Shelley adalah ikon Hollywood," ungkapnya. "Saya senang ia memiliki kesempatan untuk menunjukkan bahwa ia masih memiliki bakat."

"Berakting lagi, sangat menyenangkan. Itu memperkaya hidup Anda," katanya kepada PEOPLE pada tahun 2023.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya