6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami, Ampuh dan Mudah Dilakukan

Hidung tersumbat bisa membuat rasa tidak nyaman, ini cara mengatasinya.

oleh Rahil Iliya Gustian diperbarui 27 Jul 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 17:00 WIB
Gambar Ilustrasi Seorang Wanita Mengalami Flu
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat. Sumber: Freepik

Liputan6.com, Jakarta - Hidung tersumbat bisa membuat rasa tidak nyaman. Hal ini dapat mengganggu pernapasan, menyebabkan sakit kepala, dan mengganggu tidur di malam hari.

"Banyak orang mengira ketidaknyamanan ini disebabkan oleh lendir yang berlebihan, padahal sebenarnya hidung tersumbat disebabkan oleh pembuluh darah yang meradang (bengkak) di sinus," kata Scott P. Stringer, MD, profesor dan ketua departemen otolaringologi dan ilmu komunikasi di University of Mississippi Medical Center di Jackson.

Ketika zat pengiritasi seperti alergen atau virus merangsang hidung, aliran darah meningkat ke jaringan pembuluh darah besar yang melapisi rongga hidung, menyebabkan pembengkakan.

"Pembengkakan ini membuat rongga hidung menyempit, sehingga lebih sulit untuk bernapas," jelas Stringer.

Pembengkakan hidung juga dapat memerangkap lendir, yang semakin menghalangi aliran udara. Masalah ini dapat disebabkan oleh pilek, flu, alergi, polusi, COVID-19, atau bahkan udara kering.

"Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jika hidung tersumbat berlangsung lebih dari seminggu tanpa membaik, bertambah parah setelah sempat membaik, atau disertai demam, sakit kepala parah, atau nyeri wajah, segera konsultasikan dengan dokter," kata Stringer.

Berikut ini beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi hidung tersumbat, seperti dilansir dari Everyday Health pada Sabtu, 27 Juli 2024.

1. Tingkatkan Kelembapan Udara

Menghirup udara lembap membantu menenangkan jaringan hidung yang teriritasi, mengurangi radang sinus, dan mengencerkan lendir.

"Menggunakan pelembap udara di rumah atau kantor merupakan pengobatan rumahan yang sederhana dan efektif untuk mengurangi hidung tersumbat," kata Stringer.

Mesin uap hangat dan dingin sama efektifnya untuk meningkatkan kelembapan dan meredakan hidung tersumbat. Namun, demi keselamatan terutama di sekitar anak-anak, selalu gunakan mesin uap dingin untuk anak-anak, catat Mayo Clinic.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Mandi Air Hangat

Saat sedang pilek, mandi air hangat bisa sangat membantu. Alasannya adalah menghirup uap dapat mengurangi nyeri dan tekanan sinus dengan membantu pengeluaran lendir.

Hal ini dapat membantu pernapasan Anda kembali normal, setidaknya untuk sementara waktu.

Anda juga bisa mendapatkan efek yang sama dengan menghirup uap dari air hangat di wastafel.

Caranya, nyalakan air hangat di wastafel kamar mandi, tutupi kepala dengan handuk, dan posisikan kepala di atas wastafel. Pastikan tidak terlalu dekat agar tidak membakar kulit.

Cara ini aman dilakukan beberapa kali sehari.


3. Cobalah Dekongestan Alami

"Vitamin C terbukti dalam beberapa penelitian dapat memperpendek durasi pilek dan mengurangi keparahan gejala, tetapi tidak secara langsung memengaruhi hidung tersumbat," kata Stringer.

Namun, jika Anda mengalami hidung tersumbat akibat flu, mengonsumsi vitamin C tambahan dapat membantu meredakan gejala dan mempercepat pemulihan.

Untuk hidung tersumbat akibat alergi, Anda bisa mencoba mengonsumsi jahe. Jahe memiliki mekanisme antialergi dan antiinflamasi, menurut para peneliti dalam sebuah studi yang diterbitkan di BMC pada 2020.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengevaluasi keamanan dan efektivitas ekstrak jahe, Anda bisa mencoba secangkir teh jahe setiap hari untuk membantu meredakan hidung tersumbat akibat alergi.


4. Kompres Air Hangat

Jika Anda mengalami sakit kepala atau nyeri sinus akibat hidung tersumbat, cobalah menempelkan kompres hangat di atas hidung dan dahi.

Menurut Mayo Clinic, kompres air hangat ini bisa membantu meredakan peradangan dan tekanan pada hidung, serta meredakan rasa tidak nyaman.

Anda dapat menggunakan produk kompres yang diisi dengan air hangat, atau bisa juga menggunakan kain waslap yang direndam dalam air hangat, lalu diperas dan di tempelkan di hidung, pipi, dan dahi.

Cobalah melakukan ini selama 20 menit dan ulangi sesering yang diperlukan.


5. Tingkatkan Asupan Cairan

Meskipun tidak memberikan kelegaan instan, minum banyak cairan (non alkohol) dan tetap terhidrasi membantu mengencerkan lendir di saluran hidung, memudahkan sinus yang tersumbat untuk mengalir, menurut Mayo Clinic.

Meskipun banyak orang merasa bahwa teh hangat membantu meredakan hidung tersumbat, suhu minuman (panas atau dingin) mungkin tidak terlalu berpengaruh.

Dalam sebuah penelitian, peserta yang minum minuman hangat dan yang minum minuman suhu ruangan tidak menunjukkan perbedaan dalam aliran udara hidung.

Namun, kelompok yang minum minuman panas melaporkan merasa lebih baik dari gejala flu, hal ini kemungkinan karena sensasi hangat minuman yang meningkatkan kenyamanan. 


6. Perbarui Rutinitas Malam

Seperti yang sering terjadi ketika mengalami hidung tersumbat, rasanya akan semakin parah dan tidak nyaman pada malam hari.

Salah satu alasan utamanya karena pada saat Anda berbaring, gravitasi menyebabkan lendir mengumpul atau menumpuk alih-alih mengalir.

Untuk membantu melancarkan drainase sinus, letakkan satu atau dua bantal tambahan di bawah kepala, ini memungkinkan gravitasi membantu mengalirkan lendir.

Nyalakan alat penguap atau pelembap udara dingin di samping tempat tidur untuk mengencerkan lendir dan mendorongnya agar lebih mudah mengalir.

Anda juga bisa mencoba menggunakan strip pernapasan hidung, yang dapat mengangkat sisi hidung dan membuka saluran hidung untuk memudahkan pernapasan di malam hari.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya