3 Juara Indonesia Fitness Festival Bakal Bertanding di IFBB Global Classic Malaysia pada Oktober 2024

Tiga peserta berhasil keluar sebagai juara umum Indonesia Fitness Festival 2024 untuk tiga kategori. Mereka juga akan diberangkatkan dalam kejuaraan internasional pada Oktober mendatang.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 05 Agu 2024, 19:55 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 19:55 WIB
IFF 2024
Tiga juara umum Indonesia Fitness Festival 2024. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Sukses menyelenggarakan Indonesia Fitness Festival dua kali berturut-turut, ajang lomba yang sama musim ketiga digelar pada 3-4 Agustus 2024 di Grand Mall Bekasi, Jawa Barat. Ratusan pecinta sekaligus pegiat olahraga dari berbagai daerah di Indonesia memadati lokasi sejak Minggu (4/8) siang.

Tiga peserta berhasil keluar sebagai juara untuk tiga kategori. Mereka adalah:

  • Juara Overall Men Sport Physique (usia maks. 24 tahun): Moh. Alfin David
  • Juara Overall Men Sport Physique Master (usia 35+): Iqbal Muslim
  • Juara Men Sport Physique: Buan

Diakui owner sekaligus penyelenggara Indonesia Fitness Festival, Canggih Fitra, festival olahraga body building itu terinspirasi dari pertandingan Arnold Classic di Australia. Sejumlah cabang olahraga hiburan seperti Body Contest, Arm Wrestling (Adu Panco), serta Power Lifting hadir dalam festival ini.

Peminat Semakin Bertambah

 

Canggih mengatakan, jumlah peminat yang ingin mengikuti festival tersebut terus bertambah setiap tahun meski diawali pada masa pandemi. Hal ini diakuinya di luar perkiraan. Namun Canggih menduga hal itu tak lepas dari pandangan para peserta terhadap proses penjurian, pengelolaan acara, konsistensi, serta biaya pendaftaran yang ramah di kantong.

"Kalau event olahraga itu, teman-teman atlet melihat cara kita menilai, cara kita memanage eventnya. Memang banyak event olahraga lain, cuma mungkin biaya pendaftarannya sangat mahal dan untuk segi penilaian mungkin kurang memuaskan juga. Kami membuat dengan cara konsisten dari tahun ke tahun," tutur Canggih pada Minggu (4/8) di Bekasi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Juri Berasal dari Federasi Resmi

Canggih Fitra IFF
Canggih Fitra bersama Juara Overall Men Sport Physique Master (usia 35+): Iqbal Muslim. (Foto: Istimewa)

Menurutnya, pada Season 1 tahun 2022 lalu, festival ini hanya mempertandingkan dua cabang olahraga, yaitu Body Contest dan Power Lifting serta diikuti oleh 300 atlet partisipan. Pada Season 2 tahun 2023, cabang olahraga yang dipertandingkan bertambah dengan adanya Arm Wrestling (Adu Panco) dan diikuti total 400 atlet partisipan. Dan pada Season 3 tahun ini, cabang olahraga yang dipertandingkan bertambah menjadi empat dengan adanya Kalistenik. Jumlah peserta di Season 3 ini cukup fantastis, mencapai 650 atlet partisipan.

“Total jumlah peserta sampai 650 atlet partisipan benar-benar di luar prediksi kami, sangat di luar dugaan. Sebenarnya saya ingin mengadakan event ini roadshow di kota-kota besar lainnya seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan Bali. Namun karena keterbatasan biaya baru bisa diadakan rutin di Bekasi,” ujar Canggih Fitra.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk masalah juri pertandingan pihaknya memilih juri yang berasal dari federasi resmi pemerintah dan memiliki integritas tinggi seperti Syafrizaldy, Anton Wiriawan, Minie Sujarwo, Willy Bigger, dan beberapa atlit profesional lainnya.

 


Para Juara Akan Berlaga di Event Internasional

Tiga orang pemenang yang menjadi Juara Umum di masing-masing kelas akan dikirim ke kejuaraan IFBB Global Classic Malaysia pada Oktober 2024 mendatang. Namun sebelumnya, para juara tersebut akan dipersiapkan terlebih dahulu selama kurang lebih dua bulan. Pihak panitia juga akan terus memantau nutrisi, kalori, dan protein para atlet yang akan berlaga di kejuraan Asia Tenggara tersebut.

Canggih Fitra meyakini, dalam waktu dua bulan ketiga juara akan bisa mencapai muscle conditioning yang diharapkan untuk bertanding. "Muscle conditioning akan bisa tercapai dalam dua bulan."

Canggih Fitra optimistis ketiga juara umum Season 3 ini akan dapat mengharumkan nama bangsa. Menurutnya Indonesia memiliki bibit maupun atlet binaraga atau bodybuilding yang tak kalah dari negara lain.

Canggih mengaku, berangkat dari kecintaannya terhadap olahraga tersebut maka dia pun rela merogoh kocek pribadi dan dukungan sponsor demi penyelenggaraan festival tersebut.

"Dan akhirnya dengan dana pribadi dan juga sponsor, tanpa campur tangan pemerintah, saya berhasil menggelar Indonesia Fitness Festival, bahkan sekarang sudah memasuki Season 3,” tukas Canggih Fitra.

Dengan tujuan untuk memberikan wadah bagi para atlet agar bisa berprestasi mandiri tanpa ada sokongan dari suplement maupun pemerintah, Indonesia Fitness Festival direncanakan akan menjadi event tahunan yang sangat dinantikan oleh teman-teman atlet dan penggiat olahraga hiburan di Tanah Air.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya