RS Adam Malik dan Tim Medis Arab Saudi Lanjutkan Program Operasi Jantung Tahap Ketiga

Pada operasi jantung tahap ketiga ada 16 pasien yang bakal menjadi tindakan yang dilakukan antaran tim dari RS Adam Malik dan Arab Saudi.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 11 Agu 2024, 07:12 WIB
Diterbitkan 11 Agu 2024, 06:44 WIB
Gambar Ilustrasi Dokter Sedang Melakukan Operasi Caesar
Operasi kolaborasi antara RS Adam Malik dan Tim Medis Arab Saudi kembali berlanjut. Pada tahap tiga ini berfokus pada penanganan pasien dewasa. : Freepik

Liputan6.com, Medan Rumah Sakit (RS) Adam Malik di Medan, Sumatera Utara, kembali melanjutkan misi kemanusiaan dengan menyelenggarakan operasi jantung tahap ketiga berkolaborasi dengan King Salman Humanitarian Aid and Relief Center (KSRelief) dari Arab Saudi.

Operasi tahap ketiga dimulai pada Rabu, 7 Agustus 2024 yang berfokus pada penanganan pasien dewasa di Gedung Pusat Jantung Terpadu RS Adam Malik.

Pada operasi tahap ketiga ini ada 16 pasien yang akan mendapatkan pelayanan operasi jantung. Lalu, tim ini juga akan melakukan tindakan intervensi non-bedah kateterisasi jantung yang akan berlangsung sampai 13 Agustus 2024 mendatang.

Tim medis KSRelief sendiri kali ini membawa sebanyak 19 tenaga kesehatan langsung dari Arab Saudi. Mereka terdiri atas dokter spesialis bedah jantung, dokter spesialis jantung, dokter spesialis anestesi jantung, perawat ahli, dan teknisi medis.

Tingkatkan Kompetensi SDM 

Direktur Utama RS Adam Malik, dr. Zainal Safri MKed(PD) SpPD-KKV SpJP(K) mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kerajaan Arab Saudi atas dukungan yang diberikan melalui program KSRelief.

Program tersebut membantu meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di RS Adam Malik melalui proses alih teknologi dari tim medis Arab Saudi. Lalu, Arab Saudi juga menyediakan bantuan bahan medis yang sangat dibutuhkan untuk pelaksanaan operasi dalam keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pasien Jantung di Medan Tertangani

“Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Raja Salman dan Pangeran Mohammed bin Salman melalui KSRelief. Banyak pasien bedah jantung yang membutuhkan penanganan di rumah sakit ini, namun karena keterbatasan SDM dan bahan medis, beberapa di antaranya harus dirujuk ke Jakarta. Bantuan ini sangat membantu dalam mengurangi beban tersebut,” kata Zainal.

Pimpinan tim medis KSRelief, Dr. Abdullah Ashmeg, menyampaikan harapannya agar misi kali ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat besar bagi kesehatan jantung para pasien.

“Kami merasa sangat bangga bisa menjalankan misi ini dan membantu banyak orang untuk mendapatkan kesehatan jantung yang lebih baik. Kami berharap misi ini dapat berjalan dengan sukses,” katanya.

 


Kolaborasi RS Adam Malik dan Tim Medis Arab Saudi

Kerja Sama RS Adam Malik dan KS Relief Arab Saudi Gelar Operasi Jantung Gratis (Foto: Humas Kemenkes RI)
Kerja Sama RS Adam Malik dan KS Relief Arab Saudi Gelar Operasi Jantung Gratis (Foto: Humas Kemenkes RI)

Sebelumnya sudah dua tahap program operasi kolaborasi antara RS Adam Malik dan Tim Medis Arab Saudi.

Pada tahap pertama program dilaksanakan pada 22-25 Mei 2024, tim medis KSRelief berhasil mengoperasi 10 pasien dewasa dan melakukan kateterisasi jantung pada 31 pasien.

Lalu, pada tahap kedua yang berlangsung dari 25-30 Juni 2024, misi bedah jantung anak berhasil mengoperasi 25 pasien anak. Misi tersebut mendapat perhatian langsung dari Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, yang meninjau pelaksanaannya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya