Jadi Penasihat Khusus Presiden Bidang Kesehatan, Terawan Janji Bakal Obyektif

Mengenai pengangkatannya dengan posisi tersebut, Terawan mengatakan bakal siap melakukan tugas yang diperintahkan Prabowo.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 23 Okt 2024, 11:01 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2024, 08:00 WIB
Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto diangkat Presiden Prabowo Subianto menjadi Penasihat Khusus Presiden Bidang Kesehatan pada Selasa, 22 Oktober 2024. (Dok Tangkapan Layar Liputan6 SCTV)
Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto diangkat Presiden Prabowo Subianto menjadi Penasihat Khusus Presiden Bidang Kesehatan pada Selasa, 22 Oktober 2024. (Dok Tangkapan Layar Liputan6 SCTV)

Liputan6.com, Jakarta Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto diangkat Presiden Prabowo Subianto menjadi Penasihat Khusus Presiden Bidang Kesehatan pada Selasa, 22 Oktober 2024.

Mengenai pengangkatannya dengan posisi tersebut, Terawan mengatakan bakal siap melakukan tugas yang diperintahkan.

"Saya adalah tentara meskipun sekarang saya sudah purnawirawan. Saya selalu siap melaksanakan tugas yang diperintahkan," kata mantan Kepala RSPAD Gatot Soebrato Jakarta itu usai pelantikan di Istana Kepresidenan Jakarta.

Awak wartawan pun sempat menanyakan mengenai detail pekerjaannya sebagai Penasihat Khusus Presiden Bidang Kesehatan. Terawan mengatakan belum mengetahui detilnya tapi siap melaksakan tugas dan mempelajari tugas dan tanggung jawabnya.

Dokter spesialis radiologi konsultan itu juga berjanji akan memberikan nasihat terkait kesehatan nasional kepada Prabowo dengan jujur dan obyektif.

"Saya akan memberikan kejujuran, penuh obyektivitas, dan mudah-mudahan bermanfaat bagi bangsa dan negara," kata Terawan.

Pelantikan Terawan Sebagai Penasihat Khusus Presiden

Kemarin pagi, Prabowo melantik Terawan untuk menempati posisi Penasihat Khusus Presiden Bidang Kesehatan.

"Letnan Jenderal TNI Purnawirawan Profesor Doktor Terawan Agus Putranto sebagai Penasihat Khusus Presiden Bidang Kesehatan," kata protokoler di Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa, 22 Oktober 2024.

Selain Terawan, pada pemerintahan Prabowo ada beberapa nama lain yang menempati posisi Penasihat Khusus Presiden sesuai bidangnya. Diantaranya Penasihat Khusus Presiden Bidang Politik dan Keamanan Jenderal TNI (Purn.) Wiranto S.H.M.M. Lalu, ada juga Penasihat Khusus Bidang Digitalisasi dan Teknologi Pemerintahan Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan.

Profil Terawan Agus Putranto

Terawan Agus Putranto adalah dokter spesialis radiologi konsultan.

Ia pernah menjabat sebagai Menteri Kesehatan oleh Presiden Joko Widodo pada Kabinet Indonesia Maju. Posisinya kemudian digantikan oleh Budi Gunadi Sadikin pada Desember 2020 untuk menangani COVID-19 dan reformasi kesehatan.

Terawan Agus Putranto lahir di Sitisewu, Yogyakarta pada 5 Agustus 1964. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto.

Terawan mendapatkan gelar dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Lalu, Terawan juga mengembangkan pengetahuan medisnya dengan mengambil spesialis Radiologi di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan S3 di Fakultas Kedokteran Universitas Hassanudin, Makassar.

 

 

Infografis Dr Terawan
Infografis Dr Terawan
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya