Tidak Ada Ibu yang Kapok Hamil

Tidak ada yang kapok hamil, saat kehilangan justru membuat para ibu lebih kuat dan paham dan siap menjalani proses kehamilan.

oleh Kusmiyati diperbarui 08 Sep 2013, 07:00 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2013, 07:00 WIB
wanita-hamil-130906b.jpg
Rasa sedih dan terpukul dirasakan para ibu yang ditinggalkan anak lebih dulu menghadap Tuhan, namun dalam hal ini trauma tidak akan berlangsung lama.

"Kalau trauma itu pasti. Namun tidak ada ibu yang jera untuk hamil, dalam 3 bulan sudah dapat lagi untuk program kehamilan," tutur dr. Caroline Tirtajasa, Sp.OG (K), Dokter dan Konsultan spesialis kebidanan dan kandungan dengan sub spesialis fertilitas dan hormon reproduksi Rumah Sakit Omni Pulomas, Jakarta Timur seperti ditulis Minggu (8/9/2013).

Sementara menurut Psikolog Adelina Syarief, SE Mpsi tidak ada ibu yang kapok untuk hamil, karena mendapatkan buah hati adalah anugerah. "Tidak ada yang kapok hamil, saat kehilangan justru membuat para ibu lebih kuat dan paham dan siap menjalani proses kehamilan lagi," ujar Adel.

Berbagai cara dilakukan para pasangan untuk memperoleh keturunan. Menurut dr. Caroline diperlukan waktu tiga bulan untuk pemulihan baik trauma dan juga kondisi ibu. Lalu perawatan dapat dilakukan secara intensif.

"Hindari junkfood, ayam broiler, daging olahan. Lebih hati-hati konsumsi makanan, konsumsilah gizi seimbang," paparnya.

Ketika tidak ada masalah yang berarti, sel telur dan sperma kualitas baik maka kehamilan tidak akan terjadi masalah yang berarti.

Konsultasi dengan dokter secara rutin bila sudah merasa ada hal yang mengganggu kehamilan. Skrining perlu dilakukan untuk mengetahui kualitas sperma dan sel telur.

(Mia/Abd/*)

Baca Juga:
[VIDEO 2] Reaksi Pertamakali Tahu Hamil?
Kelamin Anak Jadi Kecil, Ibu Hamil Diminta Tak Makan Sayap Ayam
Teh Hijau untuk Ibu Hamil? Bisa Bikin Cacat si Kecil, Lho!
Kurangi Pakai Bra, Salah Satu dari 8 `PR` Saat Hamil

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya