Cara Efektif Jauhkan Anak dari Narkoba

Semua orang tentu tahu bahwa narkoba berbahaya. Salah satu cara mencegahnya adalah menciptakan lingkungan yang bebas asap rokok.

oleh Melly Febrida diperbarui 21 Okt 2013, 17:56 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2013, 17:56 WIB
bicara-pada-anak-131021c.jpg
Semua orang tentu tahu bahwa narkoba berbahaya. Namun, orangtua dan lingkungan di sekolah sangat berpengaruh untuk menghindarkan generasi muda dari bahaya narkoba. Salah satu cara mencegahnya, ciptakan lingkungan yang bebas asap rokok.

Psikiater dari RS Omni Alam Sutra dr. Andri,SpKJ, mengatakan, semua orang perlu menyadari bahwa efek narkoba itu ketergantungan dan menurunkan kualitas hidup.

"Untuk generasi muda, tekanan kelompok itu besar. Sedangkan orang yang sudah besar dan tahu efek menggunakan narkoba untuk mencari efek dari obat tersebut," kata dr Andri saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Senin (21/10/2013).

Berikut berbagai upaya yang bisa bisa menjauhkan anak dari narkoba menurut dr Andri:

1. Peran keluarga

"Keluarga harus menekankan ke anaknya bahwa narkotika itu berbahaya dan boleh dikaitkan dengan agama yang melarang penggunaannya karena haram," kata dr Andri.

2. Lingkungan sekolah bebas rokok

Sekolah baik itu SD, SMP, dan SMA, harus mensosialisasikan bahaya narkoba. "Bukan hanya sekadar periksa urine. Itu percuma karena sekolah perlu menciptakan lingkungan yang bersih dari narkoba,

"Masalah narkoba awalnya dari rokok. Lingkungan harus bebas asap rokok,

"Bahkan dalam radius harus bersih dari zat adiktif. Sosialisasi harus baik," katanya.

3. Pengawasan terhadap anak

"Anak yang bermasalah jangan dijauhi tapi dirangkul," katanya.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya