Jangan Sepelekan Penyakit Gusi, Bahaya!

Kesehatan gusi masih banyak yang menyepelekannya sehingga menyebabkan gigi tersebut tanggal saat dewasa.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 24 Okt 2013, 14:46 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2013, 14:46 WIB
gigi-lobang-130528b.jpg
Kesehatan gusi tidak kalah pentingnya dari kesehatan mulut lainnya. Namun sayang masih banyak yang mengabaikannya. Sebagai bukti, penyakit gusi sama seperti penyakit mulut termasuk karies, yang masih menjadi masalah yang cukup tinggi dan serius, yaitu sebesar 60 persen.

Ketua Ikatan Periodontologi Indonesia (IPERI) Komisariat Jakarta, Drg. Hari Sunarto, Sp.Perio(K) mengatakan, menyelepekan kesehatan gusi akan menyebabkan gigi mudah tanggal.

"Usahakan untuk selalu jaga kesehatan gusi. Sebab, gusi serta jaringan penyangga gigi sangat rentan terhadap infeksi dan peradangan, yang dapat terjadi pada pria dan wanita terutama saat dewasa," kata Drg. Hari Sunarto dalam acara `Pasta Gigi yang Tepat Bisa Memberikan Perlindungan Terhadap Bakteri dan Plak Penyebab Penyakit Gusi`di Pepsodent Dental Expert Center, Gandaria City, Jakarta, Kamis (24/10/2013).

Menurut Hari, infeksi dan peradangan merupakan salah satu penyakit gusi, yang gejala umumnya adalah pendarahan saat menyikat gigi. Selain itu, bila ini dibiarkan saja, dapat mendatangkan penyakit berbahaya lainnya.

(Adt/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya