Ada Robot yang Bisa Bantu Sperma Menuju Sel Telur

Robot sperma dibuat para ilmuwan Jerman untuk membantu mengarahkan dengan benar menuju sel telur dengan bantuan magnet.

oleh Kusmiyati diperbarui 15 Des 2013, 15:02 WIB
Diterbitkan 15 Des 2013, 15:02 WIB
sperma121029b.jpg
Sperma yang masuk dan menuju sel telur terkadang memiliki kendala pada daya tahannya sehingga banyak yang mati sebelum sampai. Untuk membantu hal itu para ilmuwan di Jerman menciptakan robot sperma kecil yang dikendalikan dengan remote control.

Penelitian ini dipublikasikan dalam Journal Advanced Material yang bertujuan untuk mengarahkan sperma ke jalan yang benar dan menariknya untuk menuju sel telur.

Dikutip dari Nydailynews, Minggu (15/12/2013), swimming spermboats ini dibuat untuk menangkap sel sperna dengan bantuan nanotube logam berbentuk magnet.

Para ilmuwan tersebut adalah Oliver Schmidt dan timnya di Institute For Integrative Nanosciences di Dresden, Jerman. Peneliti mengatakan tabung magnet mungil-mungil tersebut bertujuan agar sperma tidak bisa lolos dan mudah menuju sel telur.

Robot sperma ini memiliki panjang 50 mikron dan lebar lima sampai delapan mikron. Ujung magnet seperti flagela menunjuk dari satu ujung sperma dan menariknya.

Para ilmuwan berharap robot sperma ini memiliki manfaat yang self-powered atau membantu memimpin sperma individu untuk membuahi sel telur agar terbiasa bergerak melalui cairan kental menuju arah jalan yang benar.

Robot sperma ini juga diharapkan dapat mengirim obat-obatan ke daerah yang ditargetkan dalam tubuh yang sulit dijangkau. (Mia/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya