6 Penyebab Endometriosis, Pahami Gejala, Pengobatan dan Risikonya

Penyebab Endometriosis, lengkap dengan gejala, jenis, cara pengobatan, serta resiko komplikasi penyakit lain yang mungkin terjadi

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 24 Agu 2022, 12:30 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2022, 12:30 WIB
Endometriosis
Endometriosis

Liputan6.com, Jakarta Penyebab Endometriosis penting untuk diketahui oleh perempuan. Jika dibiarkan, penyakit ini dapat berkembang dan berisiko menjadi penyakit yang dapat mengancam jiwa. Endometriosis adalah gangguan yang sering disertai dengan rasa menyakitkan di mana jaringan yang mirip dengan jaringan lapisan rahim tumbuh di tubuh.

Endometriosis paling sering muncul di area ovarium, saluran tuba, dan jaringan yang melapisi panggul. Saat mengalami endometriosis, jaringan telah menebal, rusak dan berdarah. Penderita endometriosis akan merasa sakit yang teramat sangat setiap kali mengalami siklus menstruasi. Penyebab endometriosis pun beragam pada setiap orangnya.

Namun terdapat beberapa penyebab endometriosis yang telah diketahui, mulai dari ketidak seimbangan hormon, hingga adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Selain mengetahui Penyebab Endometriosis, penting juga mengetahui cara pengobatannya untuk mencegah risiko perkembangan penyakit lain yang lebih berbahaya.

Untuk informasi lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/8/2022) tentang Penyebab Endometriosis, gejala, pengobatan dan risikonya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penyebab Endometriosis

Gambar Ilustrasi Wanita Mengalami Kram Perut Saat Menstruasi
Sumber : Freepik

Penyebab Endometriosis

Dilansir dari Mayo Clinic, meskipun sampai saat ini penyebab endometriosis belum ditemukan secara tidak pasti, namun terdapat beberapa hal yang bisa menjadi penjelasan penyebab endometriosis terjadi, yaitu:

1. Menstruasi mundur

Pada menstruasi ini, darah menstruasi yang mengandung sel-sel endometrium mengalir kembali melalui saluran tuba dan masuk ke rongga panggul, bukan keluar dari tubuh. Sel-sel endometrium ini menempel pada dinding panggul dan permukaan organ panggul, di mana mereka tumbuh dan terus menebal dan berdarah setiap siklus menstruasi.

2. Transformasi sel peritoneum

Para ahli medis mengungkapkan bahwa hormon atau faktor kekebalan mendorong transformasi sel-sel peritoneal yaitu sel-sel yang melapisi sisi dalam perut, dan mengubahnya menjadi sel-sel seperti endometrium.

3. Transformasi sel embrio

Hormon seperti estrogen dapat mengubah sel embrionik – sel pada tahap awal perkembangan – menjadi implan sel mirip endometrium selama masa pubertas.

4. Implantasi bekas luka bedah

Setelah operasi pada area sekitar rahim, seperti histerektomi atau C-section, sel-sel endometrium dapat menempel pada sayatan bedah.

5. Transportasi sel endometrium

Pembuluh darah atau sistem cairan jaringan (limfatik) dapat mengangkut sel-sel endometrium ke bagian lain dari tubuh dan menempel hingga akhirnya tumbuh dan menjadi penyebab endometriosis.

6. Gangguan sistem kekebalan tubuh

Masalah dengan sistem kekebalan dapat membuat tubuh tidak dapat mengenali dan menghancurkan jaringan mirip endometrium yang tumbuh di luar rahim.

 

 


Penyebab Endometriosis dan Faktor Risiko

Efek Kram Menstruasi hingga Kista Ovarium
Ilustrasi Kram Menstruasi Credit: pexels.com/Sasun

Selain enam hal diatas, menurut Mayo Clinic, terdapat beberapa faktor yang dapat memperbesar peluang seseorang mengalami penyebab endometriosis. Beberapa faktor yang membuat anda berisiko lebih besar terkena endometriosis diantaranya adalah:

- Tidak pernah melahirkan.

- Memulai haid sejak dini.

- Mengalami menopause di usia yang lebih tua.

- Siklus menstruasi yang pendek — misalnya, kurang dari 27 hari.

- Periode menstruasi berat yang berlangsung lebih dari tujuh hari.

- Memiliki kadar estrogen yang lebih tinggi dalam tubuh .

- Indeks massa tubuh rendah.

- Satu atau lebih kerabat memiliki riwayat dengan endometriosis.

- Mengalami kondisi medis yang mencegah keluarnya darah dari tubuh selama periode menstruasi.


Penyebab Endometriosis dan Gejalanya

Ilustrasi menstruasi | Polina Zimmerman dari Pexels
Ilustrasi menstruasi | Polina Zimmerman dari Pexels

Gejala Endometriosis

Gejala utama penyebab endometriosis adalah nyeri panggul yang sering dikaitkan dengan periode menstruasi. Meskipun banyak yang mengalami kram selama periode menstruasi mereka, mereka yang menderita endometriosis biasanya menggambarkan nyeri menstruasi yang jauh lebih buruk dari biasanya. Melansir Mayo Clinic, gejala umum endometriosis meliputi:

1. Dismenore

Nyeri panggul dan kram dapat dimulai sebelum dan berlangsung beberapa hari hingga periode menstruasi. Anda mungkin juga mengalami sakit punggung dan perut bagian bawah.

2. Sakit saat berhubungan

Nyeri selama atau setelah berhubungan seks adalah umum dengan endometriosis.

3. Nyeri saat buang air besar atau buang air kecil

Anda kemungkinan besar akan mengalami gejala-gejala ini selama periode menstruasi.

4. Pendarahan yang berlebihan

Anda mungkin mengalami periode menstruasi berat sesekali atau perdarahan di antara periode (perdarahan intermenstrual).

5. Infertilitas

Kadang-kadang, endometriosis pertama kali didiagnosis pada mereka yang mencari pengobatan untuk infertilitas.

6. Mengalami kelelahan, diare, sembelit, kembung atau mual, terutama selama periode menstruasi.

Tingkat keparahan rasa sakit yang dirasakan bukan indikator yang dapat diandalkan tentang sejauh mana kondisi anda. Anda bisa mengalami endometriosis ringan dengan rasa sakit yang parah, atau anda bisa mengalami endometriosis lanjut dengan sedikit atau tanpa rasa sakit.

Endometriosis terkadang disalah artikan sebagai kondisi lain yang dapat menyebabkan nyeri panggul, seperti penyakit radang panggul (PID) atau kista ovarium. Atau kadang disamakan dengan sindrom iritasi usus besar (IBS), suatu kondisi yang juga menyebabkan serangan diare, sembelit dan kram perut.


Penyebab Endometriosis, Jenis dan Pengobatannya

Gambar Ilustrasi Wanita Sedang Mengalami Menstruasi
Sumber: Freepik

Jenis Endometriosis

Ada tiga jenis utama endometriosis yang dibagi berdasarkan lokasinya:

1. Lesi peritoneum superfisial. Ini adalah jenis yang paling umum. Penderita penyebab endometriosis ini memiliki lesi pada peritoneum, lapisan tipis yang melapisi rongga panggul anda.

2. Endometrioma (lesi ovarium). Kista berwarna gelap dan berisi cairan ini, juga disebut kista coklat, terbentuk jauh di dalam ovarium anda. Mereka tidak merespon dengan baik terhadap pengobatan dan dapat merusak jaringan sehat.

3. Endometriosis infiltrasi dalam. Jenis ini tumbuh di bawah peritoneum dan dapat melibatkan organ di dekat rahim, seperti usus atau kandung kemih. Sekitar 1% hingga 5% wanita dengan endometriosis memilikinya.

 

Pengobatan Endometriosis

Saat ini tidak ada obat untuk penyebab endometriosis, tetapi ada perawatan yang dapat membantu meringankan gejalanya. Perawatan meliputi:

- Obat penghilang rasa sakit – seperti ibuprofen dan parasetamol

- Obat-obatan hormon dan kontrasepsi – termasuk pil kombinasi, patch kontrasepsi, sistem intrauterin (IUS), dan obat-obatan yang disebut analog gonadotropin-releasing hormone (GnRH)

- Operasi untuk memotong tambalan jaringan endometriosis

- Operasi untuk mengangkat sebagian atau seluruh organ yang terkena endometriosis – seperti operasi pengangkatan rahim (histerektomi)

Dokter akan mendiskusikan pilihan pengobatan yang paling sesuai dengan anda. Terkadang mereka mungkin menyarankan untuk tidak segera memulai pengobatan untuk melihat apakah gejala anda membaik dengan sendirinya atau tidak.


Penyebab Endometriosis dan Komplikasinya

Gambar Ilustrasi Menstruasi Yang Tidak Teratur
Sumber: Freepik

Melansir Mayo Clinic, berikut risiko komplikasi yang diakibatkan oleh penyebab endometriosis:

Infertilitas

Komplikasi utama endometriosis adalah gangguan kesuburan. Sekitar sepertiga hingga setengah wanita dengan endometriosis mengalami kesulitan untuk hamil. Agar kehamilan terjadi, sel telur harus dilepaskan dari ovarium, berjalan melalui tuba fallopi yang berdekatan, dibuahi oleh sel sperma dan menempel pada dinding rahim untuk memulai perkembangan.

Endometriosis dapat menghalangi tuba dan mencegah sel telur dan sperma bersatu. Tetapi kondisi tersebut tampaknya juga mempengaruhi kesuburan dengan cara yang tidak langsung, seperti dengan merusak sperma atau sel telur.

Meski begitu, banyak penderita endometriosis ringan hingga sedang masih bisa hamil dan melahirkan hingga aterm. Dokter terkadang menyarankan mereka yang menderita endometriosis untuk tidak menunda memiliki anak karena kondisinya dapat memburuk seiring waktu.

Kanker

Kanker ovarium memang terjadi pada tingkat yang lebih tinggi dari yang diharapkan pada mereka dengan endometriosis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa endometriosis meningkatkan risiko seseorang mengembangkan sel kanker. Selain itu, meskipun jarang namun jenis kanker lain selain kanker ovarium juga dapat berkembang di kemudian hari pada mereka yang menderita endometriosis.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya