4 Cara Membuat Bingkai Foto dari Bahan di Sekitar, Kreatif dan Ekonomis

Anda dapat memanfaatkan barang bekas dan barang lainnya di sekitar Anda untuk membuat bingkai foto yang cantik dan terlihat mewah.

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Okt 2022, 14:10 WIB
Diterbitkan 10 Okt 2022, 14:10 WIB
ilustrasi bingkai foto
Pada zaman ini, kebanyakan seseorang menggunakan kamera ponsel untuk menangkap sebuah momen tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Bingkai foto merupakan salah satu cara untuk memasang foto Anda pada dinding atau meletakkannya di atas meja. Harga bingkai foto di pasaran juga beragam, tidak sedikit bingkai foto yang dijual dengan harga tinggi, bahkan lebih tinggi daripada harga cetak foto Anda.

Oleh karena itu, untuk menghemat pengeluaran, Anda dapat mencoba cara membuat bingkai foto Anda sendiri dari bahan-bahan yang terjangkau dan bahkan ada di sekitar rumah. Banyak cara membuat bingkai foto sendiri yang tidak akan kalah bagus dengan yang dijual di pasaran. Ini juga dapat menjadi peluang bisnis bingkai foto dengan modal awal yang terjangkau.

Tidak hanya untuk diri Anda sendiri atau dijual, Anda juga dapat membuat bingkai foto sebagai hadiah untuk orang tercinta. Foto yang berisi kenangan Anda dengan orang terkasih dan bingkai foto yang Anda buat sendiri. Bukankah ini menjadi salah satu hadiah yang manis?

Tidak hanya itu, membuat bingkai foto dengan mengajak anak-anak Anda turut serta di dalamnya juga merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Anak-anak dapat belajar hal baru dengan aman karena ada Anda di samping mereka. Akhir pekan dan hari libur akan tetap menyenangkan dengan membuat bingkai foto di dalam rumah bersama ibu dan ayah.

Berikut liputan6 rangkum dari wikihow yang ditulis oleh seorang ahli instalansi di Chicago, Peter Salerno dengan pengalaman lebih dari 20 tahunnya tentang cara membuat bingkai foto, pada Senin (10/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus

Ilustrasi kardus bekas | pexels.com
Ilustrasi kardus bekas | pexels.com

Cara membuat bingkai yang pertama adalah dengan menggunakan kardus atau kotak bekas sereal dan susu yang Anda punya. Anda dapat menggunakan kardus bermotif atau polos serta kaku. Anda juga membutuhkan alat potong, lem, dan spidol atau pensil warna untuk melukis.

1. Potonglah selembar kardus dengan bentuk persegi panjang dan buatlah lebih besar dari ukuran foto Anda

2. Selanjutnya Anda perlu memotong lagi persegi panjang tersebut dari tengah kardus. Ukuran persegi panjang menjadi lebih kecil dari foto sehingga menyisakan ruang di kardus tersebut pada bagian tengahnya untuk meletakkan foto.

3. Anda dapat melukis atau menghias bingkai tersebut sesuka hati Anda. Anda juga dapat menempelkan potongan kertas yang berbentuk hati, bunga, pita dan yang lainnya pada bingkai tersebut.

4. Selain menggunakan potongan kertas dan pensil warna, Anda juga dapat menaburkan glitter, menempelkan stiker, manik-manik dan apapun yang Anda inginkan pada bingkai Anda.

5. Anda perlu memotong kardus berbentuk persegi panjang lagi untuk bagian belakang bingkai foto untuk mengapit foto. Akan tetapi, tempel kardus penutup itu hanya dengan tiga sisi bingkai. Hal ini untuk memberikan ruang memasukan foto ke dalamnya.

6. Selipkan foto ke dalam bingkai melalui salah satu sisi bingkai

7. Jika Anda ingin menambahkan stand peace, maka Anda dapat memotong kardus yang lebih tebal dan kaku, potonglah seperti bentuk dasi. Setelah itu rekatkan ujungnya pada bagian belakang bingkai serta tekuk bagian lainnya agar dapat membuat bingkai foto berdiri. Cara membuat bingkai foto ini cukup mudah dan murah untuk dicoba.


Cara Membuat Bingkai Foto dengan Stick Es Krim

Stick Es Krim
Stick Es Krim (iStockphoto)

Anda bisa mendapatkan stick es krim dengan harga terjangkau di pasaran atau Anda bisa memanfaatkan bekas stick es krim bekas yang telah dibersihkan yang Anda kumpulkan. Cara membuat bingkai foto dari stick es krim juga tidak kalah mudah dengan menggunakan kardus. Bahan lainnya yang Anda butuhkan adalah selotip bermotif untuk menutup stick agar lebih menarik atau dengan menggunakan spidol, pensil warna dan cat. Berikut cara membuatnya :

1. Hias stick es krim dengan selotip bermotif, spidol, pensil warna atau cat

2. Rekatkan stick es krim satu sama lain membentuk bingkai foto. Letakkan dua stick es krim secara vertikal, lalu tempelkan stick es krim lainnya di atasnya dengan posisi horizontal satu persatu sampai memenuhi sisi atas stick vertikal sehingga dua stick es krim vertikal benar-benar tertutup.

3. Setelah itu, Anda dapat menghias bingkai dengan menambahkan manik-manik atau cukup dengan kancing baju, pita dan lainnya yang Anda suka.

4. Tempelkan foto Anda pada sisi atas bingkai foto dengan lem, selotip dsb yang dapat menempelkan foto pada bingkai.

5. Rekatkan magnet pada bagian belakang bingkai sehingga foto dapat ditempel di tempat yang Anda suka, seperti lemari es. Selain itu Anda juga dapat menggunakan kait jika ingin menggantungnya. 


Cara Membuat Bingkai Foto dari Ranting Kayu atau Bambu

Hutan bambu
ilustrasi hutan bambu (Foto: unsplash/Mirko Blicke)

Cara membuat bingkai foto yang satu ini juga tidak kalah murah dan mudah. Jika Ada ranting pohon atau bambu yang jatuh di pekarangan rumah Anda, daripada membakarnya, Anda dapat menggunakannya sebagai bahan membuat bingkai foto. Selain ranting, Anda perlu menyiapkan lem pistol dan/ atau lem super lainnya serta tali atau benang untuk mengikat ranting.Berikut cara membuat bingkai foto dengan ranting kayu atau bambu :

1. Pilihlah ranting yang relatif lurus, bebas dari kenop dan hal laiinnya yang dapat mengurangi keindahan. Siapkan ranting sebanyak 4,8 atau 12 batang sesuai dengan ketebalan dan panjang sesuai dengan foto atau yang Anda inginkan.

2. Cucilah ranting jika kondisinya kotor sebelum digunakan lalu pastikan ranting memiliki panjang yang sama.

3. Menggunakan empat ranting, misalnya, Anda dapat mengikat satu ujung ranting dengan lainnya sehingga membentuk persegi panjang. Anda dapat menggunakan lem untuk memperkuat ikatan. Sisakan sedikit setiap bagian ujung ranting yang direkatkan untuk menambah nilai keindahan.

4. Langkah selanjutnya adalah dengan menempelkan foto di bagian belakang bingkai. Jika Anda tidak ingin menempelkan foto Anda langsung pada bingkai, Anda dapat menggunakan kertas sebagai alasnya di ketiga sisi, lalu selipkan foto melalui celah di sisi terakhir.

5. Untuk menggantung foto, Anda dapat menggunakan benang atau tali yang sama. Ikatkan kedua sisi benang tersebut pada kedua sisi bingkai bagian atas sehingga memungkinkan Anda menggantung bingkai tersebut. Cara membuat bingkai foto yang satu ini juga masih mudah, bukan?


Cara Membuat Bingkai Foto dengan Tusuk Sate dan Koran atau Majalah Bekas

Majalah Bekas
Punya majalah bekas? Manfaatkan jadi bahan untuk membuat bingkai (Via: pinterest.com)

Jika Anda memiliki banyak majalah, koran atau bahkan kalender yang sudah tidak terpakai di rumah, Anda dapat memanfaatkannya untuk membuat bingkai foto. Cara membuat bingkai foto ini mungkin lebih panjang dari yang lainnya, tetapi tidak kalah cantik hasil akhirnya. Selain tusuk sate dan majalah atau koran bekas, Anda juga memerlukan lem dan alat potong, seperti gunting. Berikut cara membuat bingkai foto dari tusuk sate dan majalah atau koran bekas :

1. Beli atau buatlah bingkai dasarnya (misalnya bingkai dari kardus sebelumnya). Tempelkan kertas di ketiga sisi bingkai, dan sisakan satu sisi untuk celah masuknya foto.

2. Meggunakan majalah dengan warna mengkilap sangat direkomendasikan karena dapat membuat bingkai Anda lebih sempurna.

3. Potong halaman majalah menjadi potongan-potongan panjang

4. Gunakan tusuk sate yang telah disiapkan untuk menggulung  potongan-potongan majalah tersebut.

5. Gunakan lem untuk merekatkan ujung gulungan majalah dengan tusuk sate tersebut. Anda cukup meletakkan sedikit lem di sudut yang berlawanan dari Anda memulai gulungan majalah pada tusuk sate tersebut.

6. Ulangi langkah-langkah nomor empat dan lima untuk mendapatkan beberapa gulungan tusuk sate dan majalah atau koran.

7. Tutupilah bingkai dasar dengan tusuk-tusuk sate yang telah Anda buat sebelumnya. Rekatkan tusuk sate pada tepi bingkai terlebih dahulu.

8. Setelah merekatkan tusuk sate pada tepi bingkai, selanjutnya Anda dapat mengisi ruang yang kosong pada tengah bingkai dengan tusuk sate - tusuk sate tersebut hingga tersisa ruang yang sesuai dengan ukuran foto Anda. Anda dapat memoton tusuk sate sesuai dengan ukuran bingkai foto.

9. Anda dapat memberikan lapisan Mod Podge agar bingkai terlihat lebih mengkilap.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya