PT Brantas Abipraya (Persero), Perusahaan di Bidang Prasarana Perhubungan dan Kelistrikan

PT Brantas Abipraya (Persero) adalah perusahaan di bidang Gedung, Jalan dan Jembatan, Prasarana Perhubungan dan Kelistrikan.

oleh Silvia Estefina Subitmele diperbarui 29 Des 2022, 19:00 WIB
Diterbitkan 29 Des 2022, 19:00 WIB
PT Brantas Abipraya (Persero) optimistis rampungkan pengerjaan Bendungan Multifungsi Bintang Bano tepat waktu, akhir tahun 2021.
PT Brantas Abipraya (Persero) optimistis rampungkan pengerjaan Bendungan Multifungsi Bintang Bano tepat waktu, akhir tahun 2021.

Liputan6.com, Jakarta PT Brantas Abipraya (Persero) adalah sebuah perusahaan yang didirikan pada 12 November 1980 di Malang, Jawa Timur. Pendirian Perseroan ini diawali dari Proyek Perluasan Wilayah Sungai Brantas, yang dikenal dengan Proyek Brantas. Inisiatif ini pertama kali digagas oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Ketenagalistrikan, Ir. Sutami saat mengunjungi Proyek Karangates dan Selorejo pada tahun 1970.

PT Brantas Abipraya (Persero) hingga kini memperluas kegiatan usahanya dengan membangun jalan dan jembatan, infrastruktur transportasi (darat, laut dan udara) seperti pelabuhan dan bandara, listrik, gedung, sehingga Abipraya berkembang menjadi kontraktor umum. Pada tahun 2011, kegiatan usaha diperluas menjadi konstruksi, industri, perdagangan, dan jasa melalui pembentukan anak perusahaan Abipraya, PT Brantas Energi. 

Mengikuti perkembangan bisnis Perseroan, pada tahun 2019, PT Brantas Abipraya memiliki dua unit fasilitas Beton Pracetak yang berlokasi di Gempol dan Subang yang memproduksi beberapa jenis beton, yaitu corrugated concrete sheet pile, flat prestress concrete sheet pile, girder dan ditch.

Untuk memenangkan persaingan di industri konstruksi, Abipraya juga mengambil langkah strategis dengan terus meningkatkan pengembangan Sumber Daya Manusia untuk memenuhi tuntutan dunia industri yang terus berkembang. Berikut ini profil singkat PT Brantas Abipraya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Produk dan Layanan PT Brantas Abipraya (Persero)

Proyek Pembangunan Rusunawa Ujung Menteng
Aktivitas pekerja saat menyelesaikan proyek pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) Ujung Menteng di Jalan Inspeksi KBT, Jakarta, Kamis (5/11/2020). Rusunawa Ujung Menteng yang dibangun oleh PT Brantas Abipraya (Persero) itu ditargetkan rampung pada 2021. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

PT Brantas Abipraya (Persero) merupakan sebuah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang konstruksi. Perseroan ini mengelola proyek induk pengembangan Sungai Brantas, dan selanjutnya Perseroan telah berkembang dan membangun beberapa jenis proyek bidang pekerjaan lain, seperti Jalan dan Jembatan, Prasarana Perhubungan (laut dan udara) seperti pelabuhan laut dan bandar udara, Kelistrikan, Bangunan Gedung, dan lain sebagainya. Seperti industri properti dan jalan tol, BUMN Konstruksi ini telah berkembang menjadi General Contractor. 

Berikut ini sejumlah produk dan layanan yang tersedia di PT Brantas Abipraya (Persero). 

- Alat Berat

PT Brantas Abipraya (Persero) meningkatkan kapabilitas alat, melalui investasi peralatan sesuai dengan segmen produk yang disasar dengan mengembangkan jenis pekerjaan yang terkait utilisasi alat selain dari penyewaan alat. 

- Beton pracetak

Serius dengan komitmen menjadi Perusahaan Konstruksi terdepan di Indonesia, PT Brantas Abipraya (Persero), pada tahun 2014 mengembangkan bisnisnya dengan membentuk Unit Bisnis baru yaitu Abipraya Beton, serta untuk mendukung pertumbuhan Abipraya dalam penjualan maupun laba. Tak hanya itu, banyaknya permintaan kebutuhan internal akan produk beton pracetak untuk proyek-proyek yang ditangani Brantas Abipraya, juga menjadi latar belakang dibentuknya unit Abipraya Beton. Melalui unit baru ini, Abipraya ingin mendidik pula tenaga ahli di PT Brantas Abipraya (Persero) bidang produk beton dan beton pracetak.

- Properti 

Perseroan ini juga merintis pembentukan unit usaha strategis di bidang properti. Strategi ini dilakukan dalam rangka optimalisasi aset perseroan, melalui kerja sama dengan konsultan yang berpengalaman dalam bisnis properti. Proyek-proyek properti terbagi dalam dua kategori, yaitu high rise building seperti apartemen, hotel dan perkantoran serta landed house yaitu perumahan.

- Bendungan 

Segmen jasa konstruksi pengairan selama ini, telah mendominasi kegiatan usaha Perseroan. Namun pada tahun 2015 bidang konstruksi non pengairan sudah menggeser dominasi bidang konstruksi pengairan. 

- Irigasi

Segmen jasa konstruksi pengairan selama ini telah mendominasi kegiatan usaha Perseroan. Namun pada tahun 2015, bidang konstruksi non pengairan sudah menggeser dominasi bidang konstruksi pengairan. Kegiatan jasa konstruksi pengairan Perseroan adalah pekerjaan irigasi, perbaikan bangunan sungai atau normalisasi kali atau penguatan tebing banjir, prasarana pengendali banjir, tanggul laut dengan geotube, tanggul lumpur lapindo dan pembangunan sarana penyediaan air baku.

 

 


Produk dan Layanan PT Brantas Abipraya (Persero)

Proyek pembangunan bendungan yang dikerjakan PT Brantas Abiraya (Persero). Dok Brantas Abipraya
Proyek pembangunan bendungan yang dikerjakan PT Brantas Abiraya (Persero). Dok Brantas Abipraya

- Jalan atau Jembatan 

Kegiatan konstruksi jalan/jembatan selama ini memberikan kontribusi kepada pendapatan usaha yang cukup besar bagi Perseroan.

- Bandara dan Dermaga

Kegiatan usaha Abipraya di bidang prasarana perhubungan laut dan udara meliputi dermaga, airport building, pekerjaan runaway dan taxiway.

- Gedung

Kegiatan usaha Perseroan di bidang jasa konstruksi gedung atau bangunan meliputi pondasi gedung, struktur gedung, arsitektur mekanikal dan elektrikal serta landscape.

- Mekanikal dan Elektrikal

PT Brantas Abipraya semula dibentuk sebagai bagian dari kantor proyek pelaksana pembangungan Waduk Sungai Brantas. Tak hanya jawara di proyek pengairan, kini Abipraya memperluas lini bisnisnya di bidang Gedung, Jalan dan Jembatan, Prasarana Perhubungan dan juga Kelistrikan. Berikut adalah beberapa proyek kelistrikan milik Abipraya.

- Pembangkit Listrik

Perseroan telah melakukan diversifikasi usaha dan mengembangkan bisnis melalui Entitas Anak Perseroan yaitu PT Brantas Energi yang bergerak di bidang Pembangkit Listrik Hydro Power.

- Terowongan

Tak hanya mengerjakan badan bendungan saja, Brantas Abipraya juga membangun terowongan pengelak. Berikut adalah beberapa terowongan yang dibangun oleh Abipraya.

- Reklamasi

PT Brantas Abipraya memiliki posisi kuat dalam persaingan, terutama karena sejumlah keunggulan yang dimiliki seperti cost structure yang sangat kompetitif, tenaga ahli yang pengalaman Abipraya dalam beberapa jenis proyek, salah satunya adalah Reklamasi. 

PT Brantas Abipraya kini telah memantapkan langkah, untuk melakukan diversifikasi usaha kepada pembuatan beton pracetak sebagai upaya memanfaatkan peluang pasar yang masih besar di bidang produk beton pra cetak. Selain itu pula Abipraya juga mulai mengincar sektor properti untuk mengoptimalkan lahan-lahan yang idle.


Capaian PT Brantas Abipraya (Persero)

Proyek Pembangunan Rusunawa Ujung Menteng
Aktivitas pekerja saat menyelesaikan proyek pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) Ujung Menteng di Jalan Inspeksi KBT, Jakarta, Kamis (5/11/2020). Rusunawa Ujung Menteng yang dibangun oleh PT Brantas Abipraya (Persero) itu ditargetkan rampung pada 2021. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Terdapat sejumlah penghargaan yang diperoleh PT Brantas Abipraya (Persero) diantaranya: 

- Penghargaan BUMN dengan predikat "SANGAT BAGUS" atas kinerja keuangan selama 2017

- Menjadi Kontraktor dengan jumlah proyek bendungan terbanyak dari ASOSIASI KONTRAKTOR INDONESIA (AKI).

- BUMN Awards atas kinerja keuangan sangat bagus 2012 - 2016, dari INFOBANK AWARD. 

- THE BEST GRC FOR CORPORATE GOVERNANCE & RISK MANAGEMENT 2020 FROM THE BUSINESS NEWS INDONESIA. 

- Apresiasi inovasi atas kategori SDM INOVASI DIGITALIZATION EMPLOYEE CERTIFICATION AND DATABASE. 

- BUMN PERFORMANCE EXELLENCE AWARD 2020 FROM THE FORUM EKSELEN BUMN. 

- Mendapatkan penghargaan TOP DIGITAL INNOVATION, TOP IT & TOP TELCO 2020 FROM THE ITECH MAGAZINE. 

- TOP DIGITAL IMPLEMENTATION 2020, sebagai ON CONSTRUCTION SECTOR. 

- EXCELLENT FINANCIAL PERFORMANCE OF INDONESIA BEST BUMN AWARD 2020, dengan DEVELOPING DIGITAL TRANSFORMATION FOR NEW NORMAL PROTOCOL AND CONSTRUCTION TECHNOLOGY FROM THE WARTA EKONOMI. 

- Mendapatkan penghargaan selaku Penyedia Jasa Pekerjaan Konstruksi Terbaik dalam Menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) - KEMENTERIAN PUPR. 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya