Safety adalah Keselamatan, Pahami Jenis Bahaya Tempat Kerja dan Cara Mencegahnya

Safety adalah istilah yang sering kita dengar dalam dunia kerja, berikut ini pengertian Safety, beserta dengan jenis bahaya di tempat kerja yang mungkin terjadi dan cara mencegahnya.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 10 Jan 2023, 12:30 WIB
Diterbitkan 10 Jan 2023, 12:30 WIB
Angka Kecelakaan Kerja Didominasi Usia Muda
Pekerja dengan perlengkapan keselamatan kerja membersihkan dinding gedung bertingkat di kawasan Jakarta Selatan, Senin (25/7/2022). Sepanjang Januari-Maret 2022, kelompok pekerja usia muda mendominasi kasus kecelakaan kerja sehingga diperlukan upaya pendekatan dan promosi preventif terkait keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang lebih intens dan inovatif. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Safety adalah istilah yang sering kita dengar dalam dunia kerja, dimana safety adalah kata dalam bahasa Inggris yang berarti keselamatan. Keselamatan atau safety adalah hal yang penting untuk selalu diperhitungkan dalam melakukan berbagai aktivitas yang memiliki resiko dapat mengancam jiwa maupun keselamatan diri dan orang lain.

Safety adalah upaya yang dilakukan saat melakukan aktivitas pekerjaan untuk menghindari segala macam bahaya yang mungkin terjadi, sehingga keselamatan diri dan orang lain tetap aman dan terjaga. Dengan adanya penerapan safety yang baik, peluang kecelakaan atau kelalaian dalam melakukan beragam pekerjaan dapat diminimalisir.

Nyatanya keselamatan tidak boleh hanya menjadi renungan saja, terutama di tempat kerja, karena efisiensi organisasi secara langsung bergantung pada kesejahteraan karyawan. Oleh karena itu, untuk mencapai produktivitas yang lebih tinggi di tempat kerja, penting untuk menjadikan keselamatan tempat kerja sebagai bagian integral dari setiap budaya organisasi. 

Lantas apa itu Safety dan apa saja yang termasuk didalamnya? Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (10/1/2023). Pengertian Safety, beserta dengan jenis bahaya di tempat kerja yang mungkin terjadi dan cara mencegahnya.


Safety Adalah

HSE Training Center Sungai Gerong
HSE Training Center Sungai Gerong menyabet penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dunia untuk kategori Concern Educational Award dari World Safety Organization (WSO).

Safety Adalah

Keselamatan atau Safety adalah konsep yang mencakup semua tindakan dan praktik yang diambil untuk menjaga kehidupan, kesehatan dan integritas tubuh individu. Di tempat kerja, keselamatan diukur melalui serangkaian metrik yang melacak tingkat nyaris celaka, cedera, penyakit dan kematian. 

Untuk meningkatkan metrik ini, pemberi kerja dan pejabat keselamatan juga harus melakukan investigasi setelah insiden apa pun untuk memastikan bahwa semua protokol dan tindakan keselamatan diikuti atau menerapkan yang baru jika diperlukan. Memastikan keselamatan pekerja diperlukan dan bermanfaat bagi organisasi mana pun. 

Badan pengatur seperti OSHA dan NFPA mengamanatkan berbagai tindakan keselamatan yang harus diambil oleh pemberi kerja dan memiliki wewenang untuk mengenakan denda jika penyelidikan mereka mengungkap pelanggaran terhadap standar ini. Keselamatan juga bermanfaat bagi semua organisasi karena, selain menghindari denda yang mahal, keselamatan juga memastikan peningkatan produktivitas, moral yang lebih baik dan lebih sedikit hari kerja yang hilang.

Keselamatan tempat kerja mengacu pada pembatasan elemen yang dapat menyebabkan bahaya, kecelakaan, dan hasil negatif lainnya di tempat kerja. Ini merupakan puncak dari kebijakan, perilaku, dan tindakan pencegahan yang berfungsi untuk membatasi bahaya, kecelakaan, dan jenis bahaya lainnya di lingkungan kerja. 

Sering kali, keselamatan tempat kerja secara langsung mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan tenaga kerja anda, dan ini secara langsung mempengaruhi kualitas keluaran bisnis anda. Oleh karena itu, pengusaha harus berusaha untuk menciptakan lingkungan yang aman yang menawarkan tingkat risiko yang dapat diterima untuk semua karyawan. 


Jenis Bahaya Tempat Kerja dan Cara Mencegahnya

Jenis Bahaya Tempat Kerja dan Cara Mencegahnya

1. Kecelakaan Listrik

Kecelakaan listrik sangat umum terjadi di tempat kerja dan disebabkan oleh paparan yang tidak terlindungi dari stopkontak listrik bertegangan tinggi. Luka bakar listrik, kebakaran listrik dan sengatan listrik adalah 3 jenis utama kecelakaan listrik. Kejutan listrik terjadi ketika kontak tubuh dengan listrik menyebabkan arus mengalir ke seluruh tubuh dan dalam kasus yang parah, dapat menyebabkan kegagalan jantung atau pernapasan. 

Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan saat terjadi kecelakaan listrik, terutama guncangan dan luka bakar terjadi di tempat kerja.  

- Hindari menyentuh korban dengan tangan Anda.

- Jangan keluarkan lecet atau daging yang terbakar dari tubuh korban.

- Jangan mengoleskan salep apapun pada luka bakar.

Tips Keselamatan di Tempat Kerja untuk Mencegah Bahaya Listrik

Untuk melindungi karyawan Anda dan mencegah kecelakaan sengatan listrik di tempat kerja, pemberi kerja dan karyawan harus lebih berhati-hati dalam mempraktikkan kebiasaan keselamatan di tempat kerja. Secara khusus, berikut adalah beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda ambil:

- Selalu periksa area kerja untuk kabel yang tidak diisolasi, kabel yang putus, dan sirkuit listrik yang terbuka sebelumnya.

- Jangan menggunakan peralatan listrik yang rusak setiap saat. 

- Pekerja harus memakai alat pelindung diri.

- Isolasi peralatan listrik sebelum mengerjakannya. 

- Memiliki sistem yang cepat untuk melaporkan dan mendokumentasikan insiden sengatan listrik di tempat kerja. 

 

2. Paparan Bahan Kimia Berbahaya

Bahan kimia beracun di tempat kerja juga dapat menghambat keselamatan karyawan; terutama ketika mereka terpapar zat ini tanpa kehati-hatian yang tepat. Paparan bahan kimia dapat mengakibatkan sejumlah efek mulai dari kanker dan kegagalan organ hingga kematian. 

Karyawan dapat terpapar bahan kimia ini melalui penghirupan, kontak langsung atau tidak langsung dengan kulit, tertelan, dan injeksi. Tidak seperti kecelakaan kerja lainnya, efek paparan bahan kimia biasanya bertahap dan berjangka panjang dan dampaknya sangat luas.  

Tips Keselamatan di Tempat Kerja untuk Mencegah Paparan Bahan Kimia Berbahaya

- Kenakan alat pelindung diri saat menangani bahan kimia di tempat kerja.

- Batasi pemaparan karyawan terhadap bahan kimia dengan membuat work roaster. 

- Pantau keselamatan karyawan harian menggunakan formulir peninjauan keselamatan karyawan. 

 

3. Bahaya Mesin & Alat

Karyawan yang bekerja di industri yang membutuhkan penggunaan mesin dan peralatan seperti konstruksi atau transportasi berisiko mengalami kecelakaan mesin dan peralatan. Dalam banyak kasus, kecelakaan ini disebabkan oleh penggunaan peralatan yang rusak, kurangnya pengetahuan yang memadai, cacat produk atau kelalaian tindakan pencegahan keselamatan yang telah ditetapkan. 

Tips Keselamatan di Tempat Kerja untuk Mencegah Kecelakaan Mesin dan Alat

- Organisasi harus sering melakukan penilaian risiko.

- Alat dan mesin harus dirawat secara teratur dan diganti pada waktunya.

- Gunakan formulir laporan insiden Formplus untuk mengajukan laporan mesin dan alat dengan cepat untuk mencegah kecelakaan. 

- Peralatan pelindung yang sesuai harus dipakai di tempat kerja. 

- Karyawan harus menjalani pelatihan tentang cara menggunakan mesin dan peralatan. 

- Penjaga keamanan harus dipasang pada peralatan tempat kerja. 

 

4. Pelecehan di Tempat Kerja

Pelecehan di tempat kerja merupakan masalah umum yang dapat mengakibatkan lingkungan kerja yang tidak sehat, penurunan produktivitas, dan perilaku beracun. Ini mencakup setiap tindakan yang berulang kali mengancam, menyalahgunakan, mencemooh, atau mendiskriminasi karyawan dan dapat berdampak buruk pada kinerja kerja. 

Sering kali, tindakan negatif seperti itu ditargetkan pada demografi tertentu, dengan demikian, karyawan dapat mengalami pelecehan dan diskriminasi sebagai akibat dari status sosial, jenis kelamin, ras atau penampilan fisik mereka. Pelecehan di tempat kerja juga dikenal sebagai agresi di tempat kerja dan dapat terjadi dalam beberapa bentuk termasuk intimidasi, pelecehan psikologis, dan kekerasan seksual. 

Perilaku dan tindakan yang dapat disebut “melecehkan” di tempat kerja meliputi lelucon yang mempermalukan tubuh, lelucon yang menyinggung, dan cercaan seperti komentar rasis, intimidasi, dan serangan fisik. Peleceh tidak harus bos atau atasan Anda; itu bisa menjadi rekan kerja atau bahkan seseorang yang memiliki afiliasi lain dengan organisasi seperti klien. 

Sebagai korban pelecehan di tempat kerja, hal pertama yang mungkin ingin Anda lakukan adalah membela diri sendiri dan mengomunikasikan ketidaksetujuan Anda atas perilaku tersebut dengan jelas kepada pelaku pelecehan. Juga, manfaatkan saluran pengaduan yang sesuai untuk melaporkan kasus pelecehan di tempat kerja untuk mendapatkan ganti rugi. 

Cara Mencegah Pelecehan di Tempat Kerja

- Organisasi harus lebih berhati-hati dalam membuat dan menerapkan kebijakan anti pelecehan.

- Mendidik staf tentang pelecehan di tempat kerja.

- Gunakan formulir pelecehan di tempat kerja untuk memantau dan melaporkan pelecehan di tempat kerja secara efektif.


Jenis Bahaya Tempat Kerja dan Cara Mencegahnya

 

5. Kecelakaan Kebakaran

Kecelakaan kebakaran merupakan bahaya yang sangat serius yang dapat mengakibatkan hilangnya nyawa dan harta benda di tempat kerja. Langkah pertama untuk mencegah kebakaran di organisasi manapun adalah mengenali penyebab potensial. Berikut adalah daftar beberapa hal yang harus anda perhatikan

- Peralatan Listrik Rusak: Kebakaran listrik adalah salah satu jenis kecelakaan kebakaran yang paling umum di tempat kerja. Kebakaran listrik bisa tiba-tiba, meluas dalam beberapa menit, sulit dipadamkan, dan sangat merusak. 

- Kekacauan: Lingkungan kerja yang tidak rapi juga dapat mengakibatkan kebakaran. Ketika ruang kerja dipenuhi dengan bahan yang mudah terbakar dan berventilasi buruk, mudah terjadi kecelakaan kebakaran.

- Bahan Mudah Terbakar: Organisasi yang menggunakan bahan mudah terbakar untuk produksi harus melakukan tindakan pencegahan keselamatan ekstra saat menanganinya. Kegagalan untuk melakukan ini meningkatkan risiko wabah kebakaran. 

- Kelalaian: Ketika karyawan gagal mematuhi tindakan pencegahan keselamatan, kelalaian tersebut dapat mengakibatkan kecelakaan kebakaran. 

Cara Mencegah Kecelakaan Kebakaran Tempat Kerja

- Buat banyak pintu keluar api di tempat kerja. Pintu keluar api harus melengkapi ukuran dan komposisi bangunan anda. 

- Memasang alarm kebakaran dan sistem pemadaman. 

- Jangan letakkan bahan yang mudah terbakar di dekat sumber pengapian seperti sirkuit dan outlet listrik.

- Atur latihan kebakaran wajib secara teratur. 

- Jangan membebani sirkuit daya.

 

6. Pencurian di Tempat Kerja

Pencurian tempat kerja terjadi ketika seorang karyawan secara ilegal memperoleh uang tunai atau properti non tunai dari organisasinya. Sering kali, karyawan yang terlibat dalam pencurian di tempat kerja melihat ini sebagai cara untuk menyelesaikan skor dengan majikan mereka atau membalas majikan mereka untuk upah yang buruk atau kondisi kerja yang tidak menguntungkan lainnya. 

Dalam beberapa kasus lain, karyawan merasa bahwa terlibat dalam pencurian di tempat kerja tidak akan mempengaruhi organisasi, terutama jika tindakan tersebut melibatkan perolehan properti nontunai seperti peralatan kantor, alat tulis, atau perlengkapan kantor. Dengan kata lain, orang-orang ini memandang organisasi sebagai entitas anonim yang tidak akan menderita luka yang signifikan sebagai akibat dari tindakan mereka.

Cara Mencegah Pencurian Tempat Kerja

- Membuat dan menerapkan kebijakan anti-pencurian di tempat kerja.

- Menyelenggarakan lokakarya anti-pencurian untuk karyawan.

- Batasi jumlah uang tunai di tempat kerja. 

- Selalu verifikasi tanda terima dan faktur sebelum melakukan pembayaran.

 

7. Kondisi Kesehatan Eksisting Pekerja

Pekerja dengan kondisi kesehatan yang mendasari lebih rentan terhadap jenis kecelakaan tertentu di tempat kerja seperti kecelakaan akibat paparan bahan kimia. Pengusaha harus berhati-hati dalam mendokumentasikan riwayat kesehatan karyawan secara akurat dan juga melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum bekerja. 

Penting juga bagi pemberi kerja untuk menyediakan lingkungan kerja yang kondusif dan aman bagi pekerja karena kondisi kerja yang buruk dapat memperburuk kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya pada pekerja. Misalnya, seorang pekerja yang menderita asma dapat mengalami serangan jika dia dipaksa bekerja di lingkungan dengan sistem ventilasi yang buruk. 

Pekerja dengan kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya tidak boleh didiskriminasi; meskipun ini hampir tidak terjadi. Sering kali, kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya memengaruhi remunerasi yang dapat diperoleh karyawan dalam demografi ini. 

Namun demikian, karyawan dengan penyakit yang mendasarinya harus selalu memberi tahu pemberi kerja mereka untuk mendapatkan perawatan terbaik bahkan saat mereka melakukan tugas yang berbeda di tempat kerja. Selain itu, orang-orang tersebut harus menuntut tindakan keselamatan ekstra di tempat kerja. 

Bagaimana Melindungi Pekerja dengan Penyakit yang Mendasari di Tempat Kerja

- Terapkan jam kerja yang fleksibel untuk pekerja dengan kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya.

- Batasi paparan karyawan tersebut terhadap bahaya di tempat kerja seperti bahan kimia beracun.

- Amati tindakan pencegahan keselamatan tambahan di tempat kerja.


Cara Mengelola Kecelakaan di Tempat Kerja

Cara Mengelola Kecelakaan di Tempat Kerja

1. Orientasi / Pelatihan yang Tepat

Karyawan harus diberi tahu tentang langkah-langkah keselamatan di tempat kerja dan dilatih tentang cara menjaga keselamatan di tempat kerja setiap saat. Sebagai pemberi kerja, normalkan penyelenggaraan lokakarya dan pelatihan keselamatan wajib yang menangani berbagai aspek keselamatan tempat kerja untuk semua pemangku kepentingan di organisasi. 

Pelatihan keselamatan di tempat kerja harus berfokus pada membiasakan karyawan dengan berbagai bahaya di tempat kerja dan cara mengidentifikasi, melaporkan, dan mencegahnya. Karyawan harus menjalani pelatihan yang tepat sebelum menggunakan peralatan apa pun di tempat kerja dan mereka juga harus mengamati tindakan pencegahan keselamatan lainnya yang dapat membantu mencegah kecelakaan. 

2. Memiliki Kebijakan Keselamatan yang Harus Dipatuhi Setiap Karyawan

Sejalan dengan pedoman yang ditetapkan oleh Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA), organisasi Anda harus menyusun dan menerapkan kebijakan keselamatan tempat kerja wajib untuk semua karyawan. Setiap karyawan harus memahami panduan keselamatan ini dan mematuhinya setiap saat.

Dalam kebijakan keselamatan tempat kerja Anda, perincikan prosedur untuk menangani situasi darurat seperti wabah kebakaran dan kekerasan di tempat kerja. Kebijakan keselamatan organisasi Anda harus ditinjau dari waktu ke waktu dan setiap karyawan harus memiliki salinan dokumen ini untuk referensi di masa mendatang.

3. Laporan kejadian

Buat sistem yang efektif untuk pengarsipan dan pemrosesan laporan tentang berbagai jenis kecelakaan kerja. Karyawan harus menjadikannya sebagai kewajiban untuk segera melaporkan setiap kecelakaan di tempat kerja kepada manajemen untuk penyelidikan yang tepat dan tindakan lain yang diperlukan. 

Anda dapat menyiapkan sistem manual untuk laporan insiden menggunakan formulir kertas dan saluran pelaporan verbal, sehingga anda dapat dengan mudah mendokumentasikan setiap cedera, bencana atau kecelakaan di tempat kerja. 

4. Tim Keselamatan untuk Standar dan Pemantauan

Lebih dari sekadar membuat kebijakan keselamatan di tempat kerja, organisasi harus membentuk tim pengatur internal yang bekerja untuk memastikan kepatuhan terhadap praktik standar ini. Tim ini dapat melakukan survei keselamatan rutin menggunakan formulir survei karyawan Formplus untuk mengumpulkan umpan balik tentang keefektifan tindakan pencegahan keselamatan dan informasi lain yang diperlukan.

Nah, itu tadi ulasan mengenai Safety adalah konsep yang mencakup semua tindakan dan praktik yang diambil untuk menjaga kehidupan, kesehatan dan integritas tubuh individu. Memastikan keselamatan pekerja diperlukan dan bermanfaat bagi organisasi di bidang apa pun.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya