Rhizoma Adalah Batang Tumbuhan yang Menjalar, Kenali Ciri-Ciri dan Contohnya

Rhizoma adalah bentuk modifikasi batang yang dapat menjalar dan menghasilkan tunas dan akar baru.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 10 Jan 2023, 17:25 WIB
Diterbitkan 10 Jan 2023, 17:25 WIB
Rhizoma Adalah Batang Tumbuhan yang Menjalar, Kenali Ciri-Ciri dan Contohnya
ilustrasi kentang bertunas/copyright By Kasikova Svetlana (Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Rhizoma adalah istilah yang kerap dikenal dengan akar rimpang. Sedangkan pengertian akar rimpang adalah bentuk modifikasi batang yang dapat menjalar dan menghasilkan tunas dan akar baru.

Rhizoma adalah kata dalam bahasa Latin yang memiliki arti rimpang. Istilah ini kerap digunakan sebagai menyebut tumbuhan yang memiliki tunas dan akar baru pada ruas-ruasnya. Sementara, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian rhizoma adalah akar yang tumbuh mendatar di dalam tanah.

Rhizoma adalah salah satu cara reproduksi tumbuhan secara aseksual. Tumbuhan yang tergolong rhizoma memiliki ciri-ciri batangnya menjalar di bawah tanah dan dapat berumbi untuk menyimpan makanan maupun tak berumbi.

Untuk lebih rinci, berikut ini Liputan6.com ulas mengenai pengertian rhizoma beserta ciri-ciri dan contohnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/1/2023).


Pengertian Rhizoma

Rhizoma Adalah Batang Tumbuhan yang Menjalar, Kenali Ciri-Ciri dan Contohnya
Ilustrasi Jahe (Dok.Unsplash)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian rhizoma adalah akar yang tumbuh mendatar di dalam tanah. Dalam ilmu botani, rhizoma adalah kata dari bahasa Latin yang memiliki definisi adalah modifikasi batang tumbuhan yang tumbuhnya menjalar di bawah permukaan tanah dan dapat menghasilkan tunas dan akar baru dari ruas-ruasnya. Nama lain dari rhizoma adalah akar rimpang.

Definisi lain, rhizoma adalah batang yang terletak mendatar atau vertikal di bawah tanah dengan akar atau pucuk keluar dari ruas-ruas tumbuhan dan dikelilingi oleh daun (baik bersisik, daun hijau, atau kuncup).

Rizoma biasanya memiliki fungsi tambahan selain fungsi pokok seperti batang, yang paling umum adalah menjadi tempat penyimpanan produk metabolisme (metabolit) tertentu. Rimpang menyimpan banyak minyak atsiri dan alkaloid yang berkhasiat pengobatan. Rizoma yang membesar dan menjadi penyimpanan cadangan makanan (biasanya dalam bentuk pati) dinamakan tuber (umbi batang).


Ciri-Ciri Rhizoma

Rhizoma Adalah Batang Tumbuhan yang Menjalar, Kenali Ciri-Ciri dan Contohnya
Ilustrasi tanaman bambu. (dok. Pixabay.com/ifreestock)

Adapun beberapa ciri-ciri rhizoma yang dapat dikenali dari tumbuhan lain adalah sebagai berikut:

1. Batang yang beradaptasi ini memungkinkan tanaman induk menghasilkan keturunan melalui reproduksi aseksual (perbanyakan vegetatif).

2. Beberapa tumbuhan air, hanya memiliki satu rhizoma. Dengan memperlihatkan bunga dan daun yang menyembunyikan batangnya.

3. Rhizoma adalah penyedia makanan yang menyimpan pati di bawah tanah seperti kunyit, jahe, dan teratai.

4. Batang penyimpan makanan ini memastikan kelangsungan hidup tanaman dalam kondisi buruk (musim dingin).

5. Mengumpulkan energi dalam bentuk pati atau gula lain (glukosa, sukrosa, dan fruktosa), dan rimpang ini lebih tebal dibandingkan dengan batang yang tumbuh di atas tanah.

6. Rhizoma juga melindungi tanaman tahunan dengan memberi mereka energi sepanjang musim dingin.

6. Batang yang maju cenderung berproduksi dengan cepat dan menyebar ke mana-mana karena karakteristik gulma.


Fungsi Rhizoma

Rhizoma Adalah Batang Tumbuhan yang Menjalar, Kenali Ciri-Ciri dan Contohnya
Ilustrasi pakis. (dok. Pixabay.com/Waratharn)

Selain mengenal ciri-ciri rhizoma, tumbuhan ini juga melakukan beberapa fungsi primer dan sekunder yang membantu tanaman untuk pertumbuhan yang lebih baik. Berikut penjelasannya:

1. Penyimpanan nutrisi

Fungsi utama dari rhizoma adalah menyimpan makanan agar tanaman dapat bertahan hidup dalam kondisi cuaca yang keras. Ini menyimpan semua nutrisi dari protein hingga karbohidrat hingga mineral lainnya.

2. Perbanyakan vegetatif

Fungsi lain dari rhizoma adalah memanfaatkan nutrisi yang disimpan dan memberikannya ke tanaman selama reproduksi melalui perbanyakan vegetatif untuk memastikan pertumbuhan tanaman selama musim dingin.

3. Sumber makanan

Selain menyediakan energi bagi tanaman melalui makanan yang disimpan, fungsi rhizoma adalah sebagai sumber makanan bagi manusia, seperti jahe dan kunyit, sebagai bumbu atau penyedap rasa.

4. Meningkatkan pertumbuhan

Menurut penelitian tentang struktur dan fungsi rhizoma, bagian apikal dari rhizoma cenderung menyimpan energi yang tersimpan untuk pertumbuhan tanaman bahkan pada suhu rendah. Dengan demikian, pertumbuhan rhizoma yang cepat dan fungsi metabolisme menyebabkan pertumbuhan tanaman bahkan di musim dingin, dan oleh karena itu, tanaman tahunan memiliki masa hidup lebih lama dengan meristem bawah tanah vegetatif yang diawetkan.


Contoh Rhizoma

Rhizoma Adalah Batang Tumbuhan yang Menjalar, Kenali Ciri-Ciri dan Contohnya
Pakis. (dok. Foto CHUTTERSNAP/Unsplash)

Untuk memperjelas materi di atas, berikut ini terdapat beberapa contoh rhizoma disekitar kita adalah:

1. Bambu

Rhizoma bambu memanjang di bawah tanah, mengandung simpul dan ruas. Tunas baru yang muncul pada tanaman bambu menghasilkan lebih banyak tunas bambu baru yang tumbuh lebih dahulu. Ketiga jenis rimpang bambu tersebut adalah tipe monopodial (runner), tipe mixpodial, dan tipe simpodial (clumper).

2. Jahe

Rimpang jahe digunakan sebagai bumbu dan penyedap masakan karena sifatnya yang pedas dan gurih. Selain itu, jahe juga telah digunakan sebagai obat untuk memperbaiki masalah yang berhubungan dengan kesehatan.

3. Pohon ek beracun

Ek beracun adalah semak yang tersebar di seluruh tanah karena rimpang yang terus menerus menghasilkan tunas baru. Getah pohon ek mengandung urushiol (zat beracun) yang sangat berbahaya.

4. Tumbuhan iris

Rhizoma horizontal menghasilkan iris dengan akar telanjang, dan bagian atasnya tetap terbuka. Rimpangnya menjalar di daerah beriklim kering dan mengandung daun basal (biasanya berbentuk pedang).

5. Tumbuhan pakis

Kebanyakan pakis memiliki rimpang yang merayap di dekat tanah atau substrat tempat mereka hidup dan memanjang di sepanjang tanah. Rimpangnya bisa merayap pendek (pakis rapuh) atau merayap panjang (pakis licorice).

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya