7 Rempah Ini Bermanfaat untuk Jaga Kesehatan Otak

Jaga kesehatan otak dengan rutin mengonsumsi rempah-rempah ini.

oleh Nisa Mutia Sari diperbarui 24 Mei 2023, 01:40 WIB
Diterbitkan 24 Mei 2023, 01:40 WIB
Lip 6 default image
Gambar ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta Rempah-rempah atau bahan herbal mmeiliki banyak kegunaan untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan rempah-rempah bebas kalori hingga bebas lemak membuat perbedaan yang begitu signifikan dibandingkan makanan kemasan.

Sejumlah penelitian menemukan adanya manfaat dari rempah dan bahan herbal untuk kesehatan otak manusia. Mempertajam memori, mampu mengurangi rasa kecemasan yang melanda pikiran manusia, bahkan berkemungkinan untuk melindungi otak dari jenis tumor otak.

Berikut tujuh rempah yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan otak yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ginseng

Lip 6 default image
Gambar ilustrasi

Ginseng merupakan salah satu tanaman paling populer dalam pengobatan herbal. Hal ini dikarenakan ginseng mengandung bahan kimia anti-inflamsi yang disebut ginsenosides.

Para ilmuwan telah mengamati bahwa ginsenoside dapat membantu mengurangi tingkat beta-amiloid otak. Selain itu, kombinasi ginseng dan guarana memiliki manfaat besar untuk meningkatkan tugas memori paling banyak.


Kunyit

Liputan 6 default 2
Ilustraasi foto Liputan6

Kunyit mengandung senyawa curcumin di dalamnya yang memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi. Kedua senyawa ini bermanfaat bagi kesehatan otak.

Hal ini telah ditunjukkan pada sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2010 bahwa kunyit dapat meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penyakit Alzheimer. Kunyit bekerja dengan membersihkan otak beta-amiloid (fragmen protein).

Penumpukan beta-amiloid dikenal sebagai pembentuk plak otak terkait Alzheimer. Selain itu, kunyit juga dapat melindungi kesehatan otak dengan menghambat pemecahan sel-sel saraf di otak.


Bawang Putih

Rempah untuk Jaga Kesehatan Otak
Bawang Putih / Sumber: iStockphoto

Rempah terbaik untuk menjaga kesehatan otak lainnya bawang putih. Bawang putih dipercaya dapat membantu mencegah pembekuan darah dan memungkinkan juga untuk menurunkan kolesterol.

Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki senyawa yang diduga mampu melindungai neuron dari cedera dan penyakit dengan merangsang produksi bahan kimia yang membantu sel menahan stres.


Daun Sage

Rempah untuk Jaga Kesehatan Otak
Daun Sage (iStock)

Daun sage merupakan tanaman herbal yang sering dijadikan sebagai obat alami. Dalam pengolahan makanan, daun sage biasa digunakan sebagai bumbu dan rempah. Tanaman sage memiliki daun dan bunga berwarna hijau keabuan.

Adanya dua spesies pada sage, yaitu Salvia officinalis dan Salvia lavandulaefolia ternyata dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan menjaga otak dari gangguan neurologis.

Mengonsumsi ekstrak sage dari dua spesies berbeda ini selama 4 bulan mampu memperbaiki proses belajar, ingatan, dan informasi pada orang-orang dengan penyakit Alzheimer ringan hingga sedang. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa daun sage dapat meningkatkan daya ingat.


Rosemary

Rempah untuk Jaga Kesehatan Otak
Rosemary.

Rosmarian atau dalam bahasa Inggris yang lebih dikenal Rosemary merupakan tumbuhan penghasil rempah-rempah dan bumbu masak dengan nama sama. Sebuah studi dalam jurnal Theraputic Advances in Psychopharmacology menemukan bahwa partisipan lebih cepat dan lebih akurat dalam tes kognitif setelah mencium minyak esensial rosemary.

Penelitian lain mengaitkan asam carnosic, bahan aktif dalam rosemary juga bisa melindungi otak terhadap radikal bebas untuk mencegah stroke dan neurodegenerasi.


Chamomile

Rempah untuk Jaga Kesehatan Otak
Chamomile. Sumber : purewow,com.

Studi laboratorium menunjukkan bagaimana cara kerja chamomile pada otak. Di mana chamomile mengandung senyawa yang mampu mengikat reseptor bahan kimia tertentu pada otak. Hal tersebut diduga dapat mengurangi kecemasan yang dirasakan manusia.

Dalam satu studi yang dilakukan pada selompok kecil orang dengan gangguan kecemasan, mengonsumsi ekstrak chamomile dan delapan minggu kemudian mereka melaporkan penurunan rasa kecemasan yang diderita.


Daun Peterseli

Rempah untuk Jaga Kesehatan Otak
Peterseli.

Sebuah studi baru dari Brasil menemukan bahwa kandungan flavonoid dalam peterseli yang disebut apigenin, dapat memperkuat hubungan antara neuron dan sel stem pada otak. Para peneliti berhipotesis bahwa apigenin dapat mempengaruhi pembentukan sel otak juga komunikasi pada penderita depresi, Alzheimer, dan Parkinson.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya