Shobahul Khoir Artinya Selamat Pagi, Berikut Bentuk-Bentuk Salam dalam Bahasa Arab

Shobahul khoir artinya adalah selamat pagi.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 29 Mei 2023, 10:35 WIB
Diterbitkan 29 Mei 2023, 10:35 WIB
Ilustrasi ucapan, salam perpisahan, berpisah
Ilustrasi ucapan, salam perpisahan, berpisah. (Photo by Kindel Media/Pexels)

Liputan6.com, Jakarta Dalam bahasa Indonesia, kita mengenal berbagai bentuk ucapan salam seperti selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan sebagainya. Dalam bahasa Arab pun terdapat ucapan salam yang sangat kita kenal, yakni "Assalamualaikum."

Namun siapa yang menyangka jika dalam bahasa Arab pun terdapat berbagai macam bentuk ucapan salam, salah satunya shobahul khoir. Shobahul khoir artinya adalah selamat pagi.

Shobahul khoir terdiri dari atas 2 kata yakni shobah (صَبَاح) artinya pagi dan al-khoir (الْخَيْر) artinya kebaikan. Jadi secara harfiah, shobahul khair artinya adalah selamat pagi. Ini diucapkan untuk mendoakan seseorang agar selamat dan memperoleh kebaikan di pagi hari.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengucapkan selamat pagi dalam bahasa Arab. Selain shobahul khair artinya selamat pagi, ada sejumlah ungkapan lain dari bahasa Arab yang dapat digunakan sebagai salam untuk megucapkan selamat pagi.

Berikut bentuk-bentuk salam dalam bahasa Arab, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (29/5/2023).


Ucapan Selamat Pagi dalam Bahasa Arab

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, shobahul khair artinya. Namun ketika digunakan untuk memberikan ucapan selamat bagi, bentuknya bisa berubah tergantung bagaimana ucapan tersebut digunakan.

Untuk lebih memahami bagaimana penggunakan ucapan selamat pagi shobahul khair, berikut adalah contoh-contoh ucapan selamat pagi dalam bahasa Arab.

1. Ucapan Selamat Pagi kepada Kekasih

Sabah alkhyr ya habyby hdha alsabah alddafi mithl aibtisamatik alty ymkn ‘an tadfiani daymana fi ‘ayi waqt. hdha alsabah aljamil yadhkarni dayimaan bik aldhy yueti dayimaan aljamal lilealima. amul ‘an yamnahak hdha alsabah alsaeadat hataa yahin alwaqt.

Artinya: Selamat pagi wahai pujaan hatiku. Pagi yang hangat ini serupa senyumanmu yang selalu bisa menghangatkanku di setiap waktu. Pagi yang indah ini selalu mengingatkanku padamu yang selalu memberikan keindahan untuk dunia. semoga pagi ini akan memberikan kebahagiaan padamu sampai kapanpun waktu berlalu.

2. Ucapan Selamat Pagi kepada Orang Tua

Sabah alkhyr ya ‘ab wa’um. narju ‘an turafiqana alsihat daymana fi alaistimtae bhdha alkhayr. narju ‘an yakun hdha alsabah alhasan qadrana ealaa jaealna daymana bshrana mahmiiyn ba’iilh qadir. sabah alkhyr ealaa kl alkhayr aldhy kunt satuetih ly.

Artinya: Selamat Pagi ayah dan ibuku. Semoga kesehatan selalu mengiringi kita dalam menikmati yang baik ini. semoga pagi yang penuh rasa syukur ini mampu menjadikan kita selalu menjadi manusia yang dilindungi oleh tuhan yang maha kuasa. Selamat pagi untuk segala kebaikan yang akan dan telah kalian berikan padaku.

3. Ucapan Selamat Pagi kepada Teman

Sabah alkhyr ya sadiqi mae hdha alsabah, amul ‘an takun daymana bisihat jayidat wazdharana. daeunaan nurahib bhdha alsabah, ya sadyqi. daeuna nurahib bih biaibtisamat wasaeadatin.

Artinya: Selamat pagi Temanku. Bersama datangnya pagi ini, aku berharap bahwa kamu selalu sehat dan sejahtera. Mari manyambut pagi yang baik ini temanku. Mari menyambutnya dengan senyuman dan kebahagiaan.

4. Ucapan Selamat Pagi kepada Guru

Sabah alkhyr ya maelimi meana hdha alsabah, namal ‘an yaneam almuelimun daymana bialsihat walbarikat liqada’ alwaqt tawal alyawm. amul ‘an yatima ‘iieta’ almuelim daymana alquat walsbr fi taelim hula’ altullab almushaghibina. shukraan lak ya maelimat, bsbb juhudik ‘astatie ‘an ‘afahum alkathira.

Artinya: Selamat pagi guruku. Bersama pagi ini, semoga guru selalu dikarunai kesehatan dan keberkahan untuk menjalani waktu sepanjang hari. Semoga guru selalu diberikan kekuatan dan kesabaran dalam mengajar murid-murid yang nakal ini. terimakasih guru, karena usahamu aku bisa menjadi banyak mengerti.)

5. Ucapan Selamat Pagi kepada Rekan Kerja

Sabah alkhyr ya zumalayiy fi aleuml. hza saeidaan dayima. jnba ‘iilaa janb mae hdha alsabah allatif, daena nadhhab lileamal bihamas wamulayyat bial’afkar aljadidati. sabah alkhyr ghalbana ma yajlib alsaeadat tawal alyawma. lidha, daeunaan nuhafiz ealaa alrwh.

Artinya: Selamat pagi rekan kerjaku. Semoga sehat selalu ya. Bersama pagi yang menyenangkan ini, mari kita menjalani kerja dengan semangat dan penuh ide-ide segar. Pagi yang baik seringkali membawa kebahagiaan sepanjang hari. Jadi, mari kita terus semangat.

Lalu jika kita mendapatkan ucapan selamat pagi seperti itu, kita bisa menjawabnya dengan ucapan shobahun nuur (صَبَاح النُّوْر) yang artinya "selamat pagi juga."


Ucapan Selamat Siang dalam Bahasa Arab

Ilustrasi ucapan, salam perpisahan, berpisah
Ilustrasi ucapan, salam perpisahan, berpisah. (Photo by Amina Filkins/Pexels)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, shobahul artinya selamat pagi. Lalu bagaimana dengan selamat siang dalam bahasa Arab? Bahasa Arab dari selamat pagi adalah nahaaruka sa’iidun (نَهَارُكَ سَعِيْد).

Ketika kita mendapat ucapan selamat siang dalam bahasa Arab seperti itu, kita bisa membalasnya dengan mengatakan "sa’iidun mubaarak (سَعِيْدٌ مُبَارَك)" yang artinya "selamat siang juga."

Selain itu, kita juga bisa mengucapkan selamat siang dalam bahas Arab dengan cara lain, yakni dengan mengucapkan Thooba nahaaruk (طاب نهارك) yang bisa dibalas dengan Masaa un-nuur (مساء النور) yang berarti ‘selamat siang juga’.


Ucapan Selamat Sore dan Malam dalam Bahasa Arab

Ilustrasi ucapan, salam perpisahan, berpisah
Ilustrasi ucapan, salam perpisahan, berpisah. (Photo by Zen Chung/Pexels)

Shobahul khair artinya adalah selamat pagi. Sedangkan untuk selamat siang dalam bahasa Arab adalah nahaaruka sa’iidun (نَهَارُكَ سَعِيْد) atau bisa juga dengan mengucapkan Thooba nahaaruk (طاب نهارك).

Sedangkan untuk selamat sore dalam bahasa Arab, kita bisa mengucapkan Masaa ul khoir (مَسَاءُ الْخَيْرِ). Orang yang mendapatkan ucapan tersebut bisa menjawab dengan masaa ul nur (مَسَاءُ النُّوْرِ) yang artinya "selamat sore juga."

Lalu bagaimana jika kita ingin mengucapkan selamat malam? Selamat malam dalam bahasa Arab adalah lailatuka sa'idah (لَيْلَتُكَ سَعِيْدَة). Kemudian orang bisa menjawab ucapan tersebut dengan sa'idatuh mubarokah (سَعِيْدَةٌ مُبَارَكَة).

Demikianlah adalah sejumlah bentuk-bentuk salam dalam bahasa Arab, selain yang kita kenal selama ini, yakni "Assalamualaikum." Dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa shobahul khair artinya selamat pagi; nahaaruka s'iidun artinya selamat siang; Masaa ul khoir artinya selamat sore; dan lailatuka sa'idah artinya selamat malam.

Namun semua ucapan salam itu dapat kita ganti dengan salam yang paling umum, yang tidak terikat konteks waktu, yakni "Assalamualaikum."

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya