Viral Foto Rontgen Wanita Alami Sembelit Usus Sampai ke Jantung, Bikin Terkejut

Wanita ini bagikan hasil rontgen usus besarnya yang sembelit hingga hampir ke jantung.

oleh Loudia Mahartika diperbarui 08 Jun 2023, 07:20 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2023, 07:20 WIB
Viral Foto Rontgen Wanita Ini Sembelit Usus Sampai ke Jantung, Bikin Terkejut
Wanita ini bagikan hasil rontgen usus besarnya yang sembelit hingga hampir ke jantung. (Sumber: World of Buzz)

Liputan6.com, Jakarta Sakit sembelit pasti sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Konstipasi atau lebih sering disebut sembelit ini adalah frekuensi buang air besar yang lebih sedikit dari biasanya. Jarak waktu buang air besar pada setiap orang berbeda-beda. Namun umumnya dalam satu minggu, seseorang akan buang air besar setidaknya lebih dari 3 kali. 

Jika frekuensi buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu, maka seseorang disebut mengalami konstipasi. Dalam sistem pencernaan manusia, makanan yang dikonsumsi menuju lambung, usus kecil, kemudian usus besar. 

Beberapa cara menyembuhkan sembelit memang bisa dilakukan secara alami, namun ada pula yang lebih memilih untuk mengunjungi dokter. Seperti yang dilakukan oleh wanita satu ini.

Sering alami sembelit, kejadian unik dialami wanita ini. Ia terkejut ketika mengetahui hasil rontgen usus besarnya. Dalam foto tersebut tampak ususnya besarnya mengalami pembengkakan hingga terjepit ke atas menuju jantungnya. Berikut kisahnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sembelit Sejak Kecil

Viral Foto Rontgen Wanita Ini Sembelit Usus Sampai ke Jantung, Bikin Terkejut
Wanita ini bagikan hasil rontgen usus besarnya yang sembelit hingga hampir ke jantung. (Sumber: World of Buzz)

Dilansir dari World of Buzz oleh Liputan6.com, Rabu (30/12/2020) seorang wanita asal Taiwan ini membagikan foto hasil rontgen miliknya ke media lokal, Dcard. Ia menuliskan jika mengalami sembelit sejak kecil pada Jumat (25/12/2020).  Ia juga menjelaskan awalnya dirinya tidak buang air besar selama 17 hari.

Sembelit secara umum memang bukan penyakit yang serius. Namun apa yang dialami oleh wanita ini bukanlah perkara mudah. Dalam foto rontgen yang ia bagikan tampak usus besarnya mengalami pembengkakan. Selain bengkak, ususnya membesar hingga kejepit ke atas mengarah ke jantungnya.

Dalam postingannya, mahasiswi berusia 23 tahun itu juga menambahkan sering membutuhkan waktu hingga 1-2 jam saat di toilet.


Berupaya Terapkan Pola Makan Sehat

Viral Foto Rontgen Wanita Ini Sembelit Usus Sampai ke Jantung, Bikin Terkejut
Wanita ini bagikan hasil rontgen usus besarnya yang sembelit hingga hampir ke jantung. (Sumber: World of Buzz)

Dia menjelaskan bahwa remaja Taiwan ini telah mencoba berbagai metode untuk mencoba dan mengatasi sembelitnya. Termasuk makan berbagai merek probiotik hingga makan banyak sayuran dan buah-buahan. Ia bahkan makan tujuh buah pepaya besar dan dua buah naga namun tidak berhasil.

Ini adalah hasil dari penumpukan feses selama bertahun-tahun… Satu-satunya solusi sepertinya adalah dengan memotong usus besar saya tapi saya sangat takut,” tulisnya dalam postingannya di Dcard.

Ia menerima banyak nasihat dan komentar dari netizen bahkan ada yang berbagai pengalaman yang sama. Seorang netizen menulis jika usus besarnya belum mencapai jantungnya sama sekali. Sebaliknya, netizen itu menuliskan jika itu normal atau mungkin wanita ini dilahirkan dengan usus besar yang lebih panjang dari orang lain.


Jalani Perawatan

Mengutip dari SET News, ia mengatakan bahwa berencana untuk menjalani pemeriksaan rumah sakit pada Januari tahun depan. Wanita asal Taiwan tersebut bersedia menjalani operasi jika diperlukan.

Setelah mengalami hal yang mengejutkan itu, ia mendorong semua orang yang menderita masalah serupa untuk tidak takut dan untuk mengunjungi dokter. Komentar netizen lain mengungkapkan bagaimana mereka juga berada dalam situasi yang sama, mendorongnya bahwa ia tidak sendirian dalam kekhawatiran tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya