10 Minyak Alami untuk Hilangkan Ketombe, Cegah Gatal dan Rontok

Atasi ketombe dengan minyak alami ini.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 12 Jun 2023, 05:30 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2023, 05:30 WIB
[Fimela] ketombe
ilustrasi kulit kepala berketombe | pexels.com/@bennielbester

Liputan6.com, Jakarta Minyak alami untuk atasi ketombe bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan masalah ini. Ketombe cukup umum dialami setiap orang. Serpihan dan kulit kepala yang gatal dan bersisik adalah tanda utama ketombe.

Serpihan putih berminyak biasanya menumpuk di rambut dan di bahu. Tak hanya meninggalkan serpihan putih, ketombe biasanya juga dibarengi dengan gatal di kulit kepala. Meski tidak berbahaya, ketombe bisa menimbulkan ketidaknyamanan. 

Jenis minyak tertentu bisa membantu mengurangi ketombe. Minyak alami ini bisa bekerja mengatasi ketome sesuai penyebabnya. Beberapa jenis minyak seperti tea tree oil memiliki sifat anti bakter dan jamur yang bisa memerangi ketombe.

Berikut 10 minyak alami untuk atasi ketombe, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(11/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Minyak alami untuk atasi ketombe

ilustrasi tea tree essential oil/freepik
ilustrasi tea tree essential oil/freepik

Tea tree oil

Minyak alami untuk atasi ketombe yang pertama adalah tea tree oil. Tea tree oil adalah minyak esensial yang berasal dari tanaman Melaleuca alternifolia. Minyak ini mengandung senyawa yang disebut terpinen-4-ol yang memiliki sifat antimikroba yang kuat.

Menggunakan tea tree oil dapat membantu mengurangi ketombe dengan menekan pertumbuhan jamur dan bakteri di kulit kepala. Tea tree oil bisa diteteskan ke sampo dan digunakan untuk keramas seperti biasa. Mengoleskan tea tree oil langsung ke kulit kepala dapat menyebabkan peradangan atau ruam.

Baby oil

Baby oil termasuk dalam minyak mineral yang baik untuk kulit kepala. Baby oil dapat membantu mencegah dan menghilangkan ketombe pada anak-anak dan orang dewasa. Baby oil cocok digunakan untuk masalah ketombe yang disebabkan oleh kulit jamur, ragi, atau kulit kepala kering.

Baby oil bisa diaplikasikan langsung ke kulit kepala. Menggunakan baby oil sebagai pelembap mampu mengatasi kulit kepala kering penyebab ketombe.


Minyak alami untuk atasi ketombe

Ilustrasi Minyak Serai
Ilustrasi Minyak Serai (pixabay.com)

Minyak serai

Minyak serai memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi ketombe. Dilansir dari Medical News Today, temuan sebuah studi kecil yang diterbitkan pada tahun 2015, tonik rambut yang mengandung 10 persen minyak serai dapat mengurangi ketombe hingga 81 persen setelah dua minggu.

Seperti tea tree oil, minyak serai dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi jika seseorang mengoleskannya langsung ke kulit. Minyak serai harus diencerkan terlebih dahulu atau dicampur dengan sampo atau kondisioner.

Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan minyak alami untuk atasi ketombe yang cukup populer. Efek pelembap dari minyak kelapa dapat membantu mengatasi ketombe dan kulit kering secara bersamaan. Minyak kelapa kemungkinan menembus di bawah epidermis dan bertindak sebagai penghalang untuk membantu melindungi dari kekeringan dan peradangan lebih lanjut.

Minyak kelapa juga telah digunakan secara tradisional sebagai produk antimikroba alami. Oleskan langsung minyak kelapa ke kulit kepala dan sisir ke seluruh rambut. Biarkan selama beberapa menit untuk memastikan minyak meresap ke rambut dan kulit, lalu bilas hingga bersih.


Minyak alami untuk atasi ketombe

Menggunakan Madu dan Minyak Zaitun
Ilustrasi Minyak Zaitun Credit: pexels.com/pixabay

Minyak bawang putih

Minyak bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi. Minyak ini juga mengandung sulfur tinggi yang membantu menenangkan kulit meradang. Menggunakan minyak bawang putih bisa mencegah rasa gatal akibat ketombe.

Pijat kulit kepala secara menyeluruh dengan minyak bawang putih. Biarkan semalaman dan bilas dengan air dingin dan keramas keesokan harinya.

Minyak zaitun

Minyak zaitun bisa menjadi minyak alami untuk atasi ketombe. Minyak zaitun akan membantu melembabkan kulit kepala yang kering dan mengurangi pengelupasan kulit yang menjadi salah satu penyebab ketombe.

Minyak zaitun juga memiliki sifat antioksidan dan antibakteri, menjadikannya pembersih rambut yang baik. Pijat minyak zaitun ke kulit kepala kering dan sisir rambut dari ketombe.


Minyak alami untuk atasi ketombe

Ilustrasi minyak argan
Ilustrasi minyak argan atau argan oil ( Photo by Christin Hume on Unsplash)

Minyak argan

Minyak argan memiliki sifat anti jamur. Ini bisa membantu mengatasi ketombe yang disebabkan oleh jamur. Minyak argan memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kulit. Ini dapat membantu mencegah atau memperbaiki kondisi kulit kepala seperti psoriasis dan dermatitis seboroik.

Minyak argan bisa diaplikasikan langsung ke kulit kepala, dicampur ke dalam masker rambut, sampo, atau kondisioner.

Minyak peppermint

Minyak alami untuk atasi ketombe selanjutnya adalah minyak peppermint. Minyak peppermint sangat bagus untuk rambut dan kulit kepala. Minyak ini efektif untuk membantu mengatasi masalah kulit kepala yang kering dan gatal. Sifat antiseptik dan anti-inflamasi membantu mengatasi ketombe.

Efeknya yang mendinginkan kulit bisa menenangkan rasa gatal di kepala. Minyak peppermint bisa diaplikasikan bersama minyak kelapa ke kulit kepala sambil dipijat.


Minyak alami untuk atasi ketombe

[Fimela] Minyak alami
Minyak jarak atau castor oil | unsplash.com

Minyak jarak

Minyak jarak memiliki sifat mengurangi peradangan. Minyak ini bisa efektif untuk ntuk ketombe yang disebabkan oleh dermatitis seboroik. Selain itu, mengoleskan minyak jarak ke kulit kepala akan membantu melembapkan kulit yang kering dan teriritasi dan dapat membantu mengurangi pengelupasan.

Kulit membutuhkan waktu untuk menyerap minyak jarak sepenuhnya, tetapi mengencerkan minyak dapat meningkatkan penyerapan ke dalam kulit. Minyak jarak bisa diencerkan dengan minyak zaitun atau minyak almond. Aplikasikan minyak ini ke kulit kepala sambil dipijat ringan.

Minyak jojoba

Minyak alami untuk atasi ketombe yang terakhir adalah minyak jojoba. Selain memperkuat folikel rambut, kandungan asam oleat dan vitamin E minyak jojoba membantu mencegah kulit kepala kering dan mengelupas. Ini menjadikannya obat alami yang baik untuk ketombe dan psoriasis pada kulit kepala.

Minyak jojoba bisa diaplikasikan langsung ke kulit atau dicampurkan pada sampo.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya