Berharap Dikloning Alien, Pria Ini Niat Kirim DNA ke Bulan Pakai Roket

Ohm ingin DNA-nya dijadikan bakal tentara luar angkasa.

oleh Ibrahim Hasan diperbarui 17 Nov 2023, 10:35 WIB
Diterbitkan 17 Nov 2023, 10:35 WIB
Pria Kirim DNA ke Bulan
Pria Ini Niat Kirim DNA ke Bulan Pakai Roket (Sumber: Reuters dan Celestis)

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan alien atau makhluk yang tidak berasal dari bumi hingga kini masih menjadi perdebatan. Namun siapa sangka, seorang fisikawan punya ide aneh mengirimkan DNA pribadinya ke luar angkasa. Alasannya tak lain agar alien bisa menggunakannya di kemudian hari. 

Ken Ohm, seorang profesor fisika berusia 86 tahun, telah memilih jalur tak biasa untuk meninggalkan warisan genetiknya. Bersama dengan enam orang lainnya, Ohm menjadi salah satu peserta dalam proyek pengiriman DNA ke bulan yang dilaksanakan oleh perusahaan eksplorasi luar angkasa, Celestis. Wawancara eksklusif dengan memberikan wawasan mendalam tentang niat Ohm.

Kepada The New York Times, dengan mengirimkan DNA-nya ke bulan, Ohm berharap peradaban alien yang maju dapat memanfaatkannya untuk mengkloning dirinya sendiri. Ohm menjelaskan keyakinannya bahwa mungkin, beberapa puluh ribu tahun ke depan, sisa-sisa peradaban ini atau peradaban lain akan menemukan cikal bakal genetiknya di bulan.

"Saya hidup dengan ketidakpastian" kata Ohm tentang nasib DNA-nya di bulan dikutip Liputan6.com dari The Sun, Jumat (17/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ingin DNA-nya Dikloning Jadi Tentara Luar Angkasa

Pria Kirim DNA ke Bulan
Pria Ini Niat Kirim DNA ke Bulan Pakai Roket (Sumber: Facebook/Ken Ohm)

Bagi Ohm, kontribusinya bisa memainkan peran penting dalam menciptakan kebun binatang antar galaksi di mana replikanya dikurung sebagai spesimen manusia. Dia bahkan menyukai prospek memiliki seribu versi dirinya yang dikloning, mirip dengan Tentara Republik dalam "Star Wars" dan mungkin satu juta lagi yang akan datang.

Meskipun pertanyaan apakah manusia bisa membuat bayi di luar angkasa mungkin akan terjawab pada tahun 2024, Ohm telah memberikan inspirasi melalui pemikiran bahwa keturunannya mungkin akan menyadari keberadaan DNA-nya di bulan. 

Dengan pengalamannya mengajar selama 50 tahun dan menulis buku tentang bulan dan kehidupan Midwestern, Ohm telah mencapai langit bersama Celestis.

Meskipun banyak harapan terakhir yang ditujukan kepada bintang-bintang bersifat sentimental, hanya sedikit yang bisa menyaingi impian fiksi ilmiah Ken Ohm pria asal Bazaar, Kansas,. Sebagai mantan pemain baseball yang masih bercita-cita menjadi astronot, Ohm terus memimpikan perjalanan ke luar angkasa, meskipun penolakan NASA pada masanya. 

Baginya, langkah-langkah unik ini adalah cara untuk mengekspresikan keinginannya yang tidak terbatas di luar batas-batas eksistensi kita. Sebuah petualangan genetik yang mungkin akan memberikan inspirasi untuk generasi mendatang.


Biaya Kirim DNA ke Luar Angkasa

Pria Kirim DNA ke Bulan
Pria Ini Niat Kirim DNA ke Bulan Pakai Roket (Sumber: Celestis)

Celestis, perusahaan yang telah mengirimkan DNA ke bulan sejak 1994, menjelaskan bahwa kapsul peringatan mereka yang membawa sisa-sisa kremasi dan DNA akan menjadi penghormatan permanen kepada jiwa pemberani. 

Biaya perjalanan ke permukaan bulan atau luar angkasa mungkin sekitar $13.000 (Rp 201.9 juta) sedikit di atas biaya pemakaman rata-rata di New York sekitar $10.000 (Rp 155 juta). Namun, bagi peserta seperti Ohm, itu adalah investasi untuk meraih impian luar angkasa mereka.

Dengan lebih dari 1.000 keluarga dari lebih dari 20 negara yang telah berpartisipasi dalam misi mereka, Celestis menawarkan kesempatan bagi individu untuk bergabung dalam penerbangan luar angkasa "Luna" dengan biaya sekitar $12,995 (Rp 201 juta) 


Minat Pemakaman di Luar Angkasa

Pria Kirim DNA ke Bulan
Pria Ini Niat Kirim DNA ke Bulan Pakai Roket (Sumber: Facebook/Ken Ohm)

Seorang pensiunan profesor fisika di Midwest memiliki rencana serupa. Dia berencana untuk meluncurkan DNA-nya ke kutub selatan bulan saat meninggal, dengan harapan bahwa suatu hari nanti DNA tersebut dapat digunakan untuk mengkloning.  

Bukan hanya Ohm yang bermimpi untuk mengakhiri perjalanannya dengan cara yang unik. Astronot, warga sipil, dan bahkan pemain bisbol profesional telah berkomitmen untuk mengakhiri orbit mereka dengan Celestis. 

Didirikan pada tahun 1994, perusahaan ini telah meluncurkan 17 penerbangan luar angkasa "peringatan," termasuk yang berangkat dari Cape Canaveral pada Malam Natal untuk mendarat di ujung timur laut bulan dengan membawa sisa-sisa dan DNA.

Dalam salah satu kisah yang menyentuh, Kepala Batalyon FDNY Daniel Conlisk memiliki keinginan agar jenazahnya dikirim ke luar angkasa bersama dengan istrinya Kathy yang meninggal tahun lalu. Keinginannya adalah agar "abu kami bercampur dan dikirim ke luar angkasa," demikian diungkapkan oleh Conlisk yang berusia 76 tahun.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya