122 Kata-Kata Bijak Islami dari Alquran, Inspirasi dan Motivasi dalam Setiap Ayat

Dengan memahami dan merenungkan kata-kata bijak islami dari Al-Quran, umat Islam diharapkan dapat menemukan inspirasi dan motivasi dalam setiap ayat untuk menjalani kehidupan dengan penuh kesabaran, keikhlasan, dan rasa syukur.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 16 Jan 2024, 20:40 WIB
Diterbitkan 16 Jan 2024, 20:40 WIB
[Bintang] Mahasiswa Termuda Asal Surabaya Ini Juga Penghafal Alquran Lho
Mahasiswa Termuda Asal Surabaya Ini Juga Penghafal Alquran Lho. (Ilustrasi: static.independent.co.uk)

Liputan6.com, Jakarta Al-Quran adalah kitab suci agama Islam yang dianggap sebagai firman Tuhan yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Kitab ini tidak hanya memberikan petunjuk dalam praktik peribadatan, tetapi juga memberikan inspirasi dan motivasi dalam menghadapi kehidupan yang penuh dengan tantangan. Al-Quran berisi banyak kata-kata bijak islami yang dapat menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi umat Islam.

Al-Quran mengajarkan bahwa setiap permasalahan yang kita hadapi dalam kehidupan ini telah diberikan jawabannya dalam kitab suci ini. Setiap ayat dalam Al-Quran memiliki makna dan hikmah yang dapat menjadi pedoman hidup bagi umat Islam dalam menghadapi segala situasi. Kata-kata bijak islami yang terkandung dalam Al-Quran dapat memberikan kekuatan dan keyakinan kepada umat Islam untuk terus berjuang dalam menghadapi segala rintangan.

Dengan memahami dan merenungkan kata-kata bijak islami dari Al-Quran, umat Islam diharapkan dapat menemukan inspirasi dan motivasi dalam setiap ayat untuk menjalani kehidupan dengan penuh kesabaran, keikhlasan, dan rasa syukur. Kitab suci Al-Quran merupakan sumber inspirasi yang tak ada habisnya bagi umat Islam dalam menghadapi segala permasalahan kehidupan.

Berikut adalah kumpulan kata-kata bijak Islami dari Alquran, seperti yan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kata-Kata Bijak Islami dari Alquran tentang Kehidupan dan Kematian

1. “Dan setiap jiwa akan diberi kompensasi penuh (untuk) apa yang telah dilakukannya; dan Dia lebih mengetahui apa yang mereka kerjakan.” Q.S Az Zumar Ayat 70

2. “.. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk ke neraka jahanam dalam keadaan hina dina.” Q.S Ghafir ayat 60.

3. “Dialah yang menghidupkan dan mematikan. Maka, apabila Dia hendak menetapkan suatu urusan, Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.” Q.S Ghafir ayat 68.

4. “Sesungguhnya Kami menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) dengan (membawa) kebenaran. Maka, sembahlah Allah dengan tulus ikhlas beragama kepada-Nya.” - Q.S Az-Zumar ayat 3.

5. “Sesungguhnya engkau (Muhammad) akan mati dan mereka akan mati (pula).” Q.S Az-Zumar ayat 30

6. “Apa yang dilangit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana.” Q.S Al-Hadid ayat 1.

7. “Tetapi tidak dikabulkan kecuali orang-orang yang sabar” - Q.S Fussilat Ayat 35

8. “Dan semua yang mereka lakukan ada dalam catatan tertulis. Dan setiap [hal] kecil dan besar tertulis.” Q.S Qamar Ayat 52-53

9. “Apakah ganjaran untuk kebajikan (apapun selain baik?)” Q.S Ar-Rahman ayat 60

10. “Apakah kamu yang menurunkannya dari awan, ataukah Kami yang menurunkannya? Jika Kami menghendaki, Kami dapat membuatnya pahit, lalu mengapa kamu tidak bersyukur?” - Q.S Waqiah Ayat 69-70

11. “Agar kamu tidak putus asa atas apa yang luput darimu dan tidak bermegah atas apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri” - Q.S Hadid Ayat 23

12. “Apa yang ada di sisi Allah lebih baik dari pengalihan dan dari transaksi, dan Allah adalah sebaik-baik pemberi rezeki.” - Q.S Jumuah Ayat 11

13. “Tidak ada bencana yang menimpa kecuali dengan izin Allah. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah – Dia akan membimbing hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” Q.S At-Taghabun Ayat 11

14. Katakanlah, 'Ilmu itu hanya di sisi Allah, dan aku hanyalah pemberi peringatan yang nyata'." Q.S Al-Mulk Ayat 185

15. “Pada hari itu kamu dihadapkan (kepada Tuhanmu), tidak ada sesuatu dari keadaanmu yang tersembunyi.” Q.S Al-Haqqah ayat 18.

16. “Tolaklah kejahatan dengan yang lebih baik.” Surah Al Muminun Ayat 96

17. Maka tidak seorang pun mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyenangkan hati sebagai balasan terhadap apa yang mereka kerjakan. Surah Sajdah Ayat 17 


Kata-Kata Bijak Islami dari Alquran tentang Sabar dan Syukur

Ilustrasi Iluminasi Alquran atau Gambar Alquran Indah
Ilustrasi Iluminasi Alquran atau Gambar Alquran Indah./ The British Library

1. "Dan sungguh akan Kami berikan ujian atau cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar." – (Q.S Al-Baqarah: 155)

2. "Dan sungguh Kami benar-benar akan menguji kalian agar Kami mengetahui siapa orang-orang yang bersungguh-sungguh dan bersabar di antara kalian." – (Q.S Muhammad: 31)

3. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." – (Q.S Al-Baqarah: 286)

4. "Dan kami jadikan sebagian kalian cobaan bagi sebagian yang lain. Maukah kalian bersabar?" – (Q.S Al-Furqan: 20)

5. "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, namun jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih." – QS. Ibrahim: 7

6. Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. – (Q.S At-Talaq: 4)

7. Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak. HR. Ahmad

8. Engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya, sesungguhnya dia pasti melihatmu. (HR Muslim)

9. “Setiap jiwa akan merasakan kematian. Dan Kami menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan; dan kepada Kami kamu akan dikembalikan.” Surah Anbiya Ayat 35

10. “... Jadi bersabarlah. Sesungguhnya janji Allah adalah kebenaran”. - Q.S Ar-Rum (30:60).

11. “Perintah-Nya hanya jika Dia menghendaki sesuatu, maka Dia berkata kepadanya, 'Jadilah', maka jadilah.” Q.S Yasin Ayat 82

12. “Setiap jiwa akan merasakan kematian. Dan Kami menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan; dan kepada Kami kamu akan dikembalikan.” - Q.S Al - Anbiya Ayat 35

13. "Kami telah membuat waktu siang untuk mengusahakan kehidupan (bekerja)." - QS. An-Naba ayat 11

14. “Pergilah, baik ringan maupun berat, dan berjihadlah dengan harta dan nyawamu di jalan Allah. Itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahuinya.” Q.S Taubah Ayat 41


Kata-Kata Bijak Islami dari Alquran tentang Berkerja dan Berusaha

Ilustrasi Iluminasi Alquran atau Gambar Alquran
Ilustrasi Iluminasi Alquran atau Gambar Alquran Manuskrip Aceh. / The British Library

1. “Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.” – (QS. Ali Imran: 159)

2. “dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” – (QS. Al-Baqarah: 195)

3. “Kamu sekali-kali tidak akan melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?” – (QS. Al-Mulk: 3) 

4. “Dan barangsiapa berbuat kesalahan atau dosa, kemudian dia tuduhkan kepada orang yang tidak bersalah, maka sungguh dia telah memikul suatu kebohongan dan dosa yang nyata.” – (QS. An-Nisa': 112)

5. “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi.” – (QS. Al-Qashash: 77)

6. “Kebaikan tidak sama dengan kejahatan. Tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik, sehingga yang memusuhimu akan seperti teman yang setia.” – (QS. Fushshilat: 34)

7. “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” – (QS. Az-Zumar: 10)

8. “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” – (QS. Ar-Rahman)

9. “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apapun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.” – (QS. Al-Zalzalah: 7)

10. “Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: “Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi. kecuali (dengan menyebut): “Insya Allah”. – (QS. Al-Kahfi: 23-24)

11. “Dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Pengasih.” – (QS. Hud: 90)

12. “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” – (QS. Luqman ayat 14)

13. “Wahai orang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik agar kamu selalu ingat.” – (QS. An-Nur: 27)

14. “Siapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, serta takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, mereka itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.” – (QS. An-Nur: 52)

15. “Dan adapun orang-orang yang takut pada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal mereka.” – (QS. An-Nazi'at: 40-41)

16. “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal.” – (QS. Al-Hujurat: 13)

17. “Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat dan pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya. Dia mengira bahwa hartanya dapat menyelamatkannya.” – (QS. Al-Humazah: 1-3)

18. “Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” – (QS. At-Talaq: 4)

19. “Tidakkah dia menyadari bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?” – (QS. Al-Alaq: 14)

20. “dan Allah Sebaik-baik Pemberi rezeki.” – (QS. Al-Jumu'ah: 11)

21. “Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar.” – (QS. Al-Ankabut: 45)

22. “Dan mintalah pertolongan dengan sabar dan shalat.” – (QS. Al-Baqarah: 45)

23. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (Q.S Ar-Ra'd: 11)

 


Kata-Kata Bijak Islami dari Alquran tentang Tidak Berputus Asa

Keistimewaan 22 Binatang yang Disebut Dalam Alquran (Part 1)
Inilah keistimewaan 22 binatang yang disebutkan dalam kitab suci agama Islam, Alquran.

1. "Dan mintalah pertolongan dengan sabar dan sholat." (Q.S Al Baqarah: 45)

2. "Jadilah baik. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik." (Q.S Al Baqarah: 195)

3. "Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apapun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya." (Q.S Al Zalzalah: 7)

4. "Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sesungguhnya kepada-Nya kami akan kembali." (Q.S Al Baqarah: 156)

5. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (Q.S Al Baqarah: 286)

6. "Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya." (Q.S At Talaq: 4)

7. "Allah berfirman: Janganlah kamu berdua khawatir, sesungguhnya Aku beserta kamu berdua, Aku mendengar dan melihat." (Q.S Thaha: 46)

8. "Cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik pelindung." (Q.S Ali Imran: 173)

9. "Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk." (Q.S Huud: 114)

10. "Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah..." (QS. Yusuf: 87)

11. "Tuntun kami ke jalan yang lurus." (Q.S Al Fatihah: 6)

12. “Allah berfirman: “Janganlah kamu berdua khawatir, sesungguhnya Aku beserta kamu berdua, Aku mendengar dan melihat”. – (QS. Thaha: 46)

13. "Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (Q.S Ali Imran: 139)

14. "Dan barangsiapa berbuat kesalahan atau dosa, kemudian dia tuduhkan kepada orang yang tidak bersalah, maka sungguh dia telah memikul suatu kebohongan dan dosa yang nyata." (Q.S An-Nisa': 112)

15. “Hai orang-orang yang beriman! Jauhi kecurigaan (sebisa mungkin): karena kecurigaan dalam beberapa kasus adalah dosa: Dan jangan saling memata-matai di belakang mereka.” - Al-Hujurat ayat 12

16. “Nabi Muhammad SAW bersabda : Akan tiba saatnya berpegang teguh pada agamamu seperti memegang bara api.” - Sunan al-Tirmidzi: 3056

17. “Jadilah baik. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” Q.S Al-Baqarah ayat 195

18. “Dan Dialah yang menciptakan langit dan bumi dengan benar. Dan pada hari Dia berkata, "Jadilah," dan itu adalah, firman-Nya adalah kebenaran.” - Q.S Al-Anam Ayat 73

19. “Sesungguhnya rahmat Allah itu dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.”- Q.S Al- Anam Ayat 56

20. Dia melepaskan dua lautan, bertemu (berdampingan); Di antara mereka ada penghalang (jadi) tidak satu pun dari mereka melanggar.” - QS.Ar-Rahman ayat 19-20 

 


Kata-Kata Bijak Islami dari Alquran tentang Akhir yang Indah

Ilustrasi mengaji
Ilustrasi: membaca Alquran setelah shalat (Foto: Aplikasi Kesan).

1. Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. (QS. Al Insyirah 5)

2. Apakah mereka tidak melihat burung-burung yang dikendalikan di atmosfer langit? tidak ada yang mengangkat mereka kecuali Allah. Sesungguhnya di dalamnya ada tanda-tanda bagi umat yang beriman”. Q.S Al-Maidah ayat 79.

3. “... Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah jadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” - QS. At-Talaq ayat 4.

4. “Dan carilah pertolongan dalam kesadaran dan doa.” - Q.S Al-Baqarah ayat 45

5. "Dan engkau akan melihat gunung-gunung, yang engkau kira tetap berdiri di tempatnya, padahal dia berjalan seperti awan berjalan." (Q.S An-Naml: 88)

6. "Mudah-mudahan Allah menimbulkan kasih sayang antaramu dengan orang-orang yang kamu musuhi di antara mereka. Dan Allah adalah Maha Kuasa. Dan Allah Maha pengampun lagi Maha penyayang." (Q.S Al-Mumtahanah: 7)

7. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (Q.S Ar-Ra'd: 11)

8. "Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan, 'Kami telah beriman' sedang mereka tidak diuji lagi?" (Q.S Al-'Ankabut: 2)

9. "Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (Q.S Ali Imran: 139)

10. "Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai terhadap orang yang sombong dan membanggakan diri." (Q.S Al-Hadid: 23)

11. "Dan barang siapa berbuat kesalahan atau dosa, kemudian dia tuduhkan kepada orang yang tidak bersalah maka sungguh dia telah memikul suatu kebohongan dan dosa yang nyata." (Q.S An-Nisa': 112)

12. "Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkanmu, kendatipun kamu berada dalam benteng yang tinggi dan kukuh." (Q.S An-Nisa: 78)

13. "Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya di hadapan dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah." (Q.S Ar-Ra'd: 11)

14. "Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu apa pun, dan Dia memberimu pendengaran, penglihatan, dan hati agar kamu bersyukur." (Q.S An-Nahl: 78)

15. "Sungguh, mereka yang beriman dan melakukan perbuatan benar akan memiliki taman yang di bawahnya mengalir sungai yang merupakan pencapaian besar." (Q.s Al-Buruj:11)

16. "Allah yang memiliki apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, celakalah bagi mereka yang ingkar kepada Tuhan karena siksaan yang sangat berat." (Q.s Ibrahim:2)

17. "Dan di antara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah tidurmu pada waktu malam dan siang hari, dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan." (Q.s Ar-Rum:23)

18. "Sungguh, setan itu tidak ada kekuasaannya atas orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhan." (Q.S An-Nahl: 99)

19. "Setan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal setan itu hanya menjanjikan tipuan belaka kepada mereka." (Q.S An-Nisa': 120)

20. "Dan adapun orang-orang yang takut pada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal mereka." (Q.S An-Nazi'at: 40-41)

21. "Kebaikan tidak sama dengan kejahatan. Tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik sehingga yang memusuhimu akan seperti teman yang setia." (Q.S Fusshilat: 34)

22. "Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik, dan sesungguhnya akan kami berikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan." (Q.S An-Nahl: 97)

23. "Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan salat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (Q.S Al-Baqarah: 153)

24. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (Q.S Ar-Ra'd: 11)

25. "Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan, 'Kami telah beriman' sedang mereka tidak diuji lagi?" (Q.S Al-'Ankabut: 2)

 


Kata-Kata Bijak Islami dari Alquran tentang Cinta

Alquran
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

1. "Dan di antara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah Dia menciptakan untukmu pasangan-pasangan dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang." (Ar-Rum: 21)

2. "Mudah-mudahan Allah menimbulkan kasih sayang antaramu dengan orang-orang yang kamu musuhi di antara mereka. Dan Allah adalah Maha Kuasa. Dan Allah Maha pengampun lagi Maha penyayang." (Q.S Al-Mumtahanah: 7)

3. "Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai terhadap orang yang sombong dan membanggakan diri." (Q.S Al-Hadid: 23)

4. "Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkanmu, kendatipun kamu berada dalam benteng yang tinggi dan kokoh." (Q.S An-Nisa: 78)

5. “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang.” (Q.S. Maryam: 96

6. “Orang-orang yang beriman lebih kuat cintanya kepada Allah.” (Q.S. Al Baqarah: 165)

7. “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.” (Q.S. Az-Zariyat: 49)

8. “Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Q.S An-Nur: 32)

9. “Dan dia (tidak pula) termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang.” (Q.S. Al-Balad: 17)

10. "Dan sungguh Kami benar-benar akan menguji kalian agar Kami mengetahui siapa orang-orang yang bersungguh-sungguh dan bersabar di antara kalian." – (Q.S Muhammad: 31)

11. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." – (Q.S Al-Baqarah: 286)

12. "Dan kami jadikan sebagian kalian cobaan bagi sebagian yang lain. Maukah kalian bersabar?" – (Q.S Al-Furqan: 20)

13. "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, namun jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih." – QS. Ibrahim: 7

14. Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. – (Q.S At-Talaq: 4)

15. Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak. HR. Ahmad

16. Engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya, sesungguhnya dia pasti melihatmu. (HR Muslim)

17. “Setiap jiwa akan merasakan kematian. Dan Kami menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan; dan kepada Kami kamu akan dikembalikan.” Surah Anbiya Ayat 35

18. “... Jadi bersabarlah. Sesungguhnya janji Allah adalah kebenaran”. - Q.S Ar-Rum (30:60).

19. “Perintah-Nya hanya jika Dia menghendaki sesuatu, maka Dia berkata kepadanya, 'Jadilah', maka jadilah.” Q.S Yasin Ayat 82

20. “Setiap jiwa akan merasakan kematian. Dan Kami menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan; dan kepada Kami kamu akan dikembalikan.” - Q.S Al - Anbiya Ayat 35

21. Pasanganmu adalah pakaian bagimu sebagaimana kamu bagi mereka”- Q.S Al-Baqarah ayat 187

22. "Laki-laki bertanggung jawab atas perempuan berdasarkan apa yang Allah berikan satu atas yang lain dan apa yang mereka belanjakan dari kekayaan mereka." (Q.s Ali Imran: 34)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya