Keutamaan Umrah di Bulan Ramadan, Setara Pergi Haji Bersama Rasulullah

Umrah di bulan Ramadan memiliki keistimewaan lebih istimewa karena atmosfer spiritual yang memenuhi bulan suci ini.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 04 Apr 2024, 17:50 WIB
Diterbitkan 04 Apr 2024, 17:50 WIB
Ilustrasi Umrah (Shazrul Edwan / Shutterstock.com)
Sebagai muslim, kita pasti punya impian untuk pergi ke Tanah Suci. Setidaknya bisa umrah

Liputan6.com, Jakarta Umrah di bulan Ramadan adalah momen yang sangat istimewa bagi umat Islam. Sebagai ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT dan diajarkan oleh para Rasul, umrah memiliki keutamaan yang tak terhingga, terutama ketika dilakukan di bulan Ramadan yang penuh berkah.

Secara etimologis, umrah berasal dari kata 'ziarah' yang artinya kunjungan yang penuh rasa kerendahan hati. Dalam konteks bahasa Arab, umrah juga berarti 'memakmurkan Masjidil Haram'. Salah satu keutamaan besar umrah adalah pengampunan dosa. Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA menjelaskan,” Nabi SAW bersabda, dari umrah sebelumnya ke umrah sekarang, akan dapat melebur dosa dan kesalahan pada jarak waktu antara kedua umrah tersebut."

Umrah di bulan Ramadan memiliki keistimewaan lebih istimewa karena atmosfer spiritual yang memenuhi bulan suci ini. Dengan beribadah umrah di bulan Ramadan, umat Islam memiliki kesempatan emas untuk memperbanyak amal ibadah, memohon ampunan, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. berikut ulasan lebih lanjut tentang keutamaan Umrah di dulan Ramadan yang Liputan6.com rangkum dari Berbagai sumber, Selasa (4/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Setara Berhaji Bersama Rasulullah

Haji.
Ilustrasi aktivitas haji dan umrah. (Tamlikho Tam / Shutterstock.com)

Umrah di bulan Ramadhan lebih istimewa dari umrah di bulan lainnya karena ganjarannya sama dengan menunaikan haji bersama Rasulullah. Dalam sebuah riwayat hadis dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma dijelaskan, 

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِامْرَأَةٍ مِنَ الْأَنْصَارِ… ” مَا مَنَعَكِ أَنْ تَحُجِّينَ مَعَنَا ؟ ” قَالَتْ : كَانَ لَنَا نَاضِحٌ فَرَكِبَهُ أَبُو فُلَانٍ وَابْنُهُ – لِزَوْجِهَا وَابْنِهَا – وَتَرَكَ نَاضِحًا نَنْضَحُ عَلَيْهِ. قَالَ : ” فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِي فِيهِ ؛ فَإِنَّ عُمْرَةً فِي رَمَضَانَ حَجَّةٌ”

Artinya: Rasulullah ﷺ berkata kepada seorang perempuan dari Kaum Anshar…, “Apa yang menghalangimu untuk menunaikan haji bersama kami?” Perempuan itu berkata, “Dahulu kami memiliki seekor unta yang selalu digunakan oleh ayah fulan dan anaknya, maksudnya adalah suami dan anak dari perempuan itu, kemudian dia membiarkan unta tersebut untuk mengangkut air. Beliau ﷺ berkata, “Apabila datang Ramadhan, laksanakanlah umrah karena umrah pada bulan Ramadhan seperti ibadah haji” (HR Bukhari no 1657)

Dalam riwayat lain Nabi SAW bersabda,

أَنَّهَا تَعْدِلُ حَجَّةً مَعِي

Artinta: Bahwa umrah pada bulan Ramadhan setara haji bersamaku. (HR Abu Dawud no 1990)

Berdasarkan hadits di atas, benar adanya bahwa umrah Ramadhan setara dengan ibadah haji. Bahkan umrah pada Ramadhan seolah ibadah haji bersama dengan Rasulullah SAW.

Meskipun umrah di bulan Ramadan mendapatkan ganjaran pahala seperti haji, ini tidak berarti bahwa umrah tersebut dapat menggugurkan kewajiban haji. Ibnu Hajar al-Asqalani dalam karyanya Fath al-Bari menjelaskan, 

أَنَّ الْعُمْرَةَ فِي رَمَضَانَ تَعْدِلُ الْحَجَّةَ فِي الثَّوَابِ لَا أَنَّهَا تَقُومُ مَقَامَهَا فِي إسْقَاطِ الْفَرْضِ لِلْإِجْمَاعِ عَلَى أَنَّ الِاعْتِمَارَ لَا يُجْزِئُ عَنْ حَجِّ الْفَرْضِ

Artinya: Bahwa umrah Ramadhan itu setara haji dalam pahalanya saja, bukan berarti umrah dapat menggantikan haji sehingga kewajiban haji dapat gugur karena ulama telah sepakat (ijma) bahwa umrah tidak dapat menggugurkan kewajiban haji.” (Ibnu Hajar al-Asqalani, Fathul Bari, juz 3, hlm 604)

Dengan demikian, umrah di bulan Ramadan adalah kesempatan yang istimewa bagi umat Islam untuk mendapatkan pahala besar yang setara dengan berhaji bersama Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Namun, tetap diingat bahwa kewajiban haji yang sebenarnya tidak dapat digantikan oleh umrah di bulan Ramadan. 


Keutamaan Umrah di Bulan Ramadan Lainnya

Ilustrasi haji, umrah, Makkah
Ilustrasi haji, umrah, Makkah. (Photo by Beris Creatives on Unsplash)

Selain ganjaran yang setara dengan berhaji bersama rasulullah, umrah di bulan Ramadan juga memiliki keutamaan lain yang luar biasa. Berikut adalah beberapa keutamaan lainnya yang membuat umrah di bulan Ramadan menjadi pengalaman spiritual yang sangat berharga.

1. Pembuka Rezeki dan Keberkahan

Bulan Ramadan merupakan waktu yang penuh berkah dan pahala. Melaksanakan umrah di bulan ini dapat membantu membuka pintu rezeki bagi umat Muslim. Biaya umrah yang dianggap sebagai jalan Fi Sabilillah juga mendapatkan pahala yang besar, sehingga umrah di bulan Ramadan bukan hanya ibadah fisik semata, tetapi juga sarana untuk mendapatkan keberkahan dalam rezeki.

2. Pengalaman Spiritual yang Berbeda

Melaksanakan ibadah puasa di Tanah Suci adalah pengalaman spiritual yang luar biasa. Suasana yang tenang dan penuh kekhidmatan di Masjidil Haram dapat membuat umat Muslim merasakan kehadiran Allah dengan lebih kuat. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam sendiri menempatkan umrah di bulan puasa sejajar dengan haji bersamanya, menunjukkan keistimewaan spiritual dari ibadah umrah di bulan Ramadan.

3. Waktu yang Baik untuk Meningkatkan Keimanan

Ramadan adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan keimanan. Suasana berkah dan ketenangan memungkinkan umat Muslim untuk berdoa sebanyak-banyaknya dan memperbaiki diri. Umrah di bulan Ramadan membantu umat Muslim untuk merenungkan dan merefleksikan kehidupan mereka, serta memperbaiki hubungan spiritual dengan Allah SWT.

4. Mengejar Malam Lailatul Qadar

Salah satu keutamaan besar umrah di bulan Ramadan adalah kesempatan untuk mengejar malam Lailatul Qadar di Tanah Suci. Banyak umat Islam yang memilih melakukan umrah menjelang akhir Ramadan untuk dapat merasakan momen yang istimewa ini. Malam Lailatul Qadar dianggap sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan, sehingga melakukan umrah di saat ini memberikan kesempatan yang sangat berharga bagi umat Muslim.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya