6 Destinasi Unik di India Ini Bisa Dikunjungi saat Liburan Musim Hujan, Jelajahi Alam

Di musim hujan, hindari tempat seperti goa yang penuh dengan wisatawan. Mulai lah perjalanan untuk menemukan permata tersembunyi di India yang penuh keindahan alam.

oleh Arini Nuranisa diperbarui 01 Jul 2024, 16:15 WIB
Diterbitkan 01 Jul 2024, 16:15 WIB
Ilustrasi India
Banyak 'surga' destinasi wisata yang bisa kamu nikmati bersama pasangan di India. Apa saja? (foto: shutterstock.com)

Liputan6.com, Jakarta Memasuki liburan sekolah anak-anak, banyak orangtua yang meluangkan waktunya untuk mengajak buah hati jalan-jalan. Mengajak anak liburan juga akan membuat anak senang, sekaligus sebagai hadiah atas pencapaian mereka yang naik kelas maupun lulus.

Ada banyak pilihan destinasi wisata di dalam negeri maupun luar negeri. Jika umumnya banyak orang memilih negera-negara di Amerika dan Eropa, tidak ada salahnya jika harus memilih yang lebih dekat, yaitu di Benua Asia. Salah satunya India.

Negara yang berada di kawasan Asia Selatan itu juga tak kalah indah pemandangan alamnya. Apalagi saat musim hujan tiba. Daripada menikmati hujan dari rumah, menjelajah keindahan alam India selama musim hujan tidak ada salahnya untuk dicoba.

Melansir India Times, ada banyak lokasi yang benar-benar hidup selama musim hujan. Tempat di mana tidak terlalu ramai pengunjung, sehingga cocok untuk menikmati suasana syahdu di lokasi terpencil di India.

Jelajahi alam bebas dengan melakukan perjalanan untuk memaksimalkan liburan. Dilansir Liputan6.com dari India Times, berikut ini 6 destinasi unik di India yang bisa dikunjungi saat liburan musim hujan, Senin (1/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Kolad, Maharashtra

6 Destinasi Unik di India Ini Bisa Dikunjungi saat Liburan Musim Hujan, Jelajahi Alam
Destinasi unik India di musim hujan. (sumber: Suseawatersports.com/Pinterest via India Times)

Di desa Kolad, Maharashtrian yang menawan, biarkan sisi petualangan Anda menjadi liar. Destinasi populer bagi mereka yang ingin berarung jeram menyusuri sungai Kundalika atau menikmati petualangan musim hujan seru lainnya.

Di sini Anda dapat merasakan banyak aktivitas luar ruangan yang mendebarkan di antara hutan hijau subur dan pemandangan berkabut, seperti berkayak, air terjun rappelling, dan berkemah.

Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi, antara lain: Bendungan Bhira, Benteng Avchitgad, Museum Kolad, Air Terjun Sukeli, Danau Sutarwadi, dan Bendungan Dholwal.


2. Orchha, Madhya Pradesh

6 Destinasi Unik di India Ini Bisa Dikunjungi saat Liburan Musim Hujan, Jelajahi Alam
Destinasi unik India di musim hujan. (sumber: MyUrbanPost/Pinterest via India Times)

Tepat di seberang sungai Betwa di distrik Niwari di Madhya Pradesh terdapat kota Orchha yang menawan. Kota ini terkenal dengan pemandangannya yang menakjubkan dan arsitektur Bundela yang khas.

Daerah sekitarnya berubah warna menjadi hijau cerah selama musim hujan, mengubah Orchha menjadi oasis hijau yang menjadikan musim hujan waktu yang tepat untuk menjelajahi keindahan alam kota yang berlimpah.

Beberapa tempat yang bisa dikunjungi, antara lain: Suaka Burung Orchha, Arung Jeram dan Berperahu di Sungai Betwa, Raja Mahal, Kuil Laxmi Narayan, Kuil Chaturbhuj, Jahangir Mahal.


3. Chail, Himachal Pradesh

6 Destinasi Unik di India Ini Bisa Dikunjungi saat Liburan Musim Hujan, Jelajahi Alam
Destinasi unik India di musim hujan. (sumber: Instagram via India Times)

Kini menjadi stasiun bukit yang menawan, Chail dulunya adalah ibu kota kerajaan Patiala. Terletak sekitar 55 km, hotel ini memberikan kedamaian dan ketenangan jauh dari hiruk pikuk Shimla.

Musim hujan di Chail sangat memikat karena membawa Anda lebih dekat dengan alam dan relatif lebih sepi dibandingkan tempat rekret lain di negara bagian tersebut. Dengan latar belakang pegunungan di sekitar Anda, Anda dapat bersantai dan memulihkan tenaga selama berhari-hari sambil menikmati alam.

Beberapa tempat yang bisa dikunjungi, antara lain: Suaka Margasatwa Chail, Chail Gurudwara Sahib, Sidh Baba ka Mandir, The Chail Bazaar dan Chail Cricket Ground.


4. Binsar, Uttarakhand

6 Destinasi Unik di India Ini Bisa Dikunjungi saat Liburan Musim Hujan, Jelajahi Alam
Destinasi unik India di musim hujan. (sumber: ghumindiaghum.com/Pinterest via India Times)

Terletak di puncak perbukitan Jhandi Dhar di Kumaon, Binsar adalah tempat yang sempurna bagi Anda untuk berlibur dan melepas penat di musim hujan ini. Merupakan rumah bagi salah satu suaka margasatwa yang paling jarang dijelajahi di kawasan ini.

Musim hujan adalah waktu yang ideal untuk bepergian ke sini karena membawa awan dataran rendah yang meluncur melintasi lembah, menyelimuti jalan setapak yang dipenuhi pohon pinus dalam kabut. Rasanya seolah Anda sedang berjalan di antara awan di lokasi yang indah ini untuk melakukan trekking melalui pegunungan berhutan di kawasan ini.

Beberapa tempat yang bisa dikunjungi, antara lain: Binsar Zero Point, Kuil Bineshwar Mahadev, Mary Budden Estate, Museum Suaka Binsar dan Pariyadeva Pashan.


5. Lembah Ziro, Arunachal Pardesh

6 Destinasi Unik di India Ini Bisa Dikunjungi saat Liburan Musim Hujan, Jelajahi Alam
Destinasi unik India di musim hujan. (sumber: lostwithpurpose.com/Pinterest via India Times)

Temukan keindahan dan ketenangan di kota kuno Ziro, yang terletak di antara pegunungan Arunachal Pradesh yang memesona. Tersesatlah dalam suasana Ziro yang tenag dan tentram saat Anda menjelajahi hamparan sawah yang subur dan budaya suku Apatani yang asli.

Jika memungkinkan, jadwalkan perjalanan Anda selama Festival Musik Ziro yang terkenal dan menikmati pertunjukkan musik indie sambil menikmati alam dalam bentuk terbaiknya.

Beberapa tempat yang bisa dikunjungi, antara lain: Kile Pakho, Suaka Margasatwa Lembah Talley, Peternakan Ikan Tarin, Hapoli dan Pusat Penelitian Anggrek.


6. Mawlynnong, Meghalaya

6 Destinasi Unik di India Ini Bisa Dikunjungi saat Liburan Musim Hujan, Jelajahi Alam
Destinasi unik India di musim hujan. (sumber: Instagram via India Times)

Terletak sekitar 100 km dari Shillong, ibu kota negara bagian, di East Khasi Hills di Meghalaya, Mawlynnong terkenal karena terpilih sebagai desa terbersih di Asia dan jembatan akarnya. Desa yang unik ini akan menjadi angin segar yang jauh dari sebagian besar kota-kota kotor di India dengan jalan setapak yang dialasi rumput dan jalan setapak yang rapi.

Musim hujan menjadi pelengkap yang memperindah keindahan desa kecil ini. Dengan taman di hampir semua rumah gubuk beratap jerami, komunitas ini merupakan salah satu yang paling indah di negara ini.

Beberapa tempat yang bisa dikunjungi, antara lain: Sungai Dawki/Umngot, Balancing Rock, Air Terjun Mawlynnong, Jembatan Akar Hidup Jingmaham, dan Titik Pandang Brun Khongmen.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya