Doa yang Dianjurkan untuk Meringankan Hisab, Jadi Amalam Sehari-hari

Dianjurkan untuk membaca doa ini, berikut adalah doa agar dimudahkan hisab pada hari kiamat yang dapat diamalkan setiap hari.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 24 Jul 2024, 12:42 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 12:42 WIB
Ilustrasi muslim, berdoa, berzikir
Ilustrasi muslim, berdoa, berzikir. (Image by Aamir Mohd Khan from Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Hari Kiamat adalah hari pembalasan amal perbuatan setiap individu di hadapan Allah SWT. Setiap amal, baik atau buruk, akan diperhitungkan dengan cermat, dan hisab merupakan proses penilaian atas seluruh tindakan selama hidup di dunia.

Untuk menghadapi hari tersebut dengan tenang, umat Islam dianjurkan untuk memohon kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dan pengurangan beban hisab. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengamalkan doa-doa tertentu secara rutin setiap hari.

Mengamalkan doa-doa khusus tidak hanya berfungsi untuk meringankan hisab tetapi juga sebagai bentuk tawakal dan harapan akan rahmat Allah. Doa yang diajarkan dalam Islam mengandung kekuatan spiritual yang dapat membawa kedekatan dengan Allah serta memberikan ketenangan hati.

Dengan berdoa secara konsisten dan menjaga amal perbuatan baik, seorang Muslim dapat berharap untuk mendapatkan kemudahan di hari kiamat dan memperoleh keselamatan serta rahmat dari Allah SWT. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini doa yang dianjurkan untuk meringankan hisab saat hari akhir, Rabu (24/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Doa agar Diringankan Hisab Di Akhirat

Ilustrasi waktu-waktu mustajab untuk berdoa
Dalam hidup ini, berdoa adalah salah satu cara untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta.

Dari Aisyah, ia berkata, saya telah mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada sebagian shalatnya membaca, “Allahumma haasibnii hisaabay yasiiroo (Ya Allah hisablah aku dengan hisab yang mudah).”

Ketika beliau berpaling saya bekata, “Wahai Nabi Allah, apa yang dimaksud dengan hisab yang mudah?” Beliau bersabda, “Seseorang yang Allah melihat kitabnya lalu memaafkannya.

Karena orang yang diperdebatkan hisabnya pada hari itu, pasti celaka wahai Aisyah. Dan setiap musibah yang menimpa orang beriman Allah akan menghapus (dosanya) karenanya, bahkan sampai duri yang menusuknya.”

Dari Shafwan bin Muhriz bahwa seorang laki-laki pernah bertanya kepada Ibnu Umar, “Bagaimana Anda mendengar sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tentang An Najwa (bisikan di hari kiamat)?” Ibnu Umar menjawab, “Yaitu salah seorang dari kalian akan mendekat kepada Rabb-nya.

Kemudian Dia meletakkan naungan-Nya di atasnya. Kemudian Dia berfirman, “Apakah kamu telah berbuat ini dan ini?” Hamba itu menjawab, “Ya, benar.” Dia berfirman lagi, “Apakah kamu telah melakukan ini dan ini?” Hamba itu menjawab, “Ya, benar.”

Dia pun mengulang-ulang pertanyannya, kemudian berfirman, “Sesungguhnya Aku telah menutupi dosa-dosa tadi (merahasiakannya) di dunia dan pada hari ini aku telah mengampuninya bagimu.”

Moga Allah mudahkan untuk mendapatkan keringanan hisab di akhirat kelak saat hari perhitungan. Aamiin

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya