Kenali 8 Manfaat Minum Air Putih Usai Bangun Tidur di Pagi Hari, Jangan Diabaikan

Terdapat beragam manfaat menakjubkan untuk kesehatan dari kebiasaan meminum segelas air putih di pagi hari setelah bangun tidur.

oleh Miranti diperbarui 25 Jul 2024, 09:48 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 09:48 WIB
ilustrasi minum air putih/pexels
Gambaran Menyegarkan Meminum Air Putih (Pexels)

Liputan6.com, Jakarta Minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur adalah kebiasaan sederhana namun penting yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Saat tidur, tubuh manusia kehilangan cairan melalui pernapasan dan keringat, sehingga penting untuk menggantinya dengan minum air putih segera setelah bangun.

Bagi kamu yang belum terbiasa melakukannya, yuk mulai sekarang coba untuk mengadopsinya. Meskipun sering diabaikan, memulai hari dengan meneguk segelas air putih tidak hanya membantu menghidrasi tubuh, tetapi juga memberikan sederet dampak lainnya yang bahaya jika diabaikan.

Setidaknya ada delapan manfaat rutin minum air putih di pagi hari usai bangun tidur. Berikut Liputan6.com merangkumnya untuk kamu sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber pada Kamis (25/7/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Menghidrasi Tubuh Secara Maksimal

Perempuan sedang meminum air putih
Saat ini, seorang wanita sedang menikmati seteguk air putih yang segar membasahi tenggorokannya.

Setelah tidur nyenyak selama 6-8 jam, tubuh manusia ternyata mengalami kekurangan air. Oleh karena itu, minum segelas air putih setelah bangun tidur sangatlah penting agar tubuhmu terhidrasi dengan baik dan siap menghadapi aktivitas sepanjang hari.


2. Meningkatkan Metabolisme

Ilustrasi minum air putih
Banyak yang percaya bahwa mengonsumsi air putih secara rutin dapat meningkatkan kecerdasan kita.

Minum air putih di pagi hari bisa meningkatkan metabolisme hingga 24%. Dengan metabolisme yang lebih cepat, berarti tubuhmu akan lebih efisien dalam membakar kalori. Hal ini bisa mendukung usaha penurunan berat badan atau menjaga berat badan ideal.


3. Detoksifikasi Tubuh

Ilustrasi detoks racun dalam tubuh
Ilustrasi detoks racun dalam tubuh (Photo on Freepik)

Di saat matahari terbenam, tubuh manusia bekerja keras untuk memperbaiki dan menghidupkan kembali sel-sel yang rusak, serta membersihkan segala racun yang mengendap. Nah, tahukah kamu bahwa minum air putih di pagi hari dapat menjadi kunci untuk memperlancar proses detoksifikasi ini?

Dengan meminum air putih, hal itu bisa memberikan bantuan kepada tubuh untuk membuang racun-racun melalui urine. Jadi, jangan lupa untuk memulai hari dengan segelas air putih yang menyegarkan, ya!


4. Meningkatkan Fungsi Otak

morning routine 2
Gambaran Menyegarkan Minum Air Putih/Copyright pexels.com/Karolina Grabowska

Kandungan air dalam otak kita mencapai sekitar 75%. Ketika tubuh kekurangan air, hal ini dapat berdampak buruk pada kemampuan berpikir dan suasana hati kita. Namun, dengan meminum air putih di pagi hari, otak akan terhidrasi dengan baik sehingga dapat berfungsi optimal.

Selain itu, kebiasaan ini juga dapat meningkatkan tingkat konsentrasi dan kewaspadaanmu. Jadi, jangan lupakan pentingnya mengonsumsi air putih di awal hari untuk meningkatkan kecerdasan otak.


5.Menjaga Kesehatan Kulit

Rambut Rontok Setelah Melahirkan, Jangan Disepelekan! Intip Rekomendasi Perawatan untuk Mengembalikan Kesehatannya
Menyegarkan tubuh dengan meminum air putih yang segar. (c) Shutterstock/Prostock-studio

Kondisi kulit sangat dipengaruhi oleh tingkat hidrasi tubuh. Disebutkan bahwa kebiasaan minum air putih di pagi hari  akan membantu menjaga kelembapan kulit, mencegah kekeringan, dan memberikan kilau alami pada kulitmu.


6. Baik untuk Sistem Pencernaan

Ini Dua 'Ramuan' Herbal untuk Ringankan Gangguan Lambung
Ilustrasi sistem pencernaan. (Shutterstock)

Minum air putih dapat memicu gerakan usus dan mencegah sembelit. Menyegarkan diri dengan segelas air di pagi hari juga akan mempersiapkan sistem pencernaan kita untuk mengolah makanan dengan lebih lancar sepanjang hari.


7. Membantu Mengontrol Nafsu Makan

Nafsu Makan
Ilustrasi orang yang tidak bisa menahan nafsu makan. Credits: pexels.com by Andres Ayrton

Kadang-kadang, manusia salah mengartikan rasa haus sebagai rasa lapar. Minum air putih di pagi hari bisa membantu mengontrol nafsu makan dan mencegah makan berlebihan. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi mereka yang berusaha menjaga atau menurunkan berat badan.


8. Menurunkan Risiko Batu Ginjal

Ilustrasi Anak Minum Air Putih (iStockphoto)
Anak Bisa Terkena Batu Ginjal karena Kurangnya Asupan Cairan Padahal Anak Senang Bermain (Ilustrasi/iStockphoto)

Dengan meningkatkan volume urine, minum air putih secara rutin juga bisa membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Hal itu lantaran  saat tubuh mendapatkan cukup cairan, terjadi peningkatan volume urine yang berkontribusi dalam mengurangi kepekatan zat-zat yang dapat membentuk batu ginjal, seperti kalsium dan oksalat.

Minum air putih di pagi hari saat bangun tidur adalah kebiasaan sederhana yang bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan. Jadi, jangan lupa untuk memulai harimu dengan segelas air putih dan nikmati manfaatnya. 

Dengan memahami manfaat-manfaat ini, diharapkan k amu bisa lebih termotivasi untuk menjadikan minum air putih di pagi hari sebagai bagian dari rutinitas harian. Selamat mencoba dan rasakan perbedaannya. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya