4 Waktu Terbaik Minum Kopi, Temukan Momen yang Membuat Lebih Tenang

Menemukan waktu yang tepat untuk menikmati secangkir kopi bisa membuat perbedaan besar dalam bagaimana kopi mempengaruhi tubuh dan pikiran.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 03 Agu 2024, 12:26 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2024, 12:26 WIB
Ilustrasi Minum Kopi
Ilustrasi Minum Kopi (Photo created by rawpixel on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Menemukan waktu yang tepat untuk menikmati secangkir kopi bisa membuat perbedaan besar dalam bagaimana kopi mempengaruhi tubuh dan pikiran. Banyak orang menikmati kopi sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari mereka, tetapi tidak semua waktu sama efektifnya untuk mendapatkan manfaat menenangkan dari minuman ini.

Memilih waktu yang tepat untuk menikmati kopi dapat membantu memaksimalkan efek positifnya, seperti meningkatkan fokus dan mengurangi stres. Salah satu momen terbaik untuk menikmati kopi adalah di pagi hari setelah bangun tidur, ketika tubuh membutuhkan dorongan energi untuk memulai hari.

Selain itu, menghindari kopi di sore atau malam hari juga penting untuk menjaga kualitas tidur dan menghindari gangguan akibat kafein. Dengan mengetahui kapan waktu terbaik untuk minum kopi, dapat lebih bijak dalam menjadikannya sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari yang mendukung kesejahteraan dan produktivitas, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (3/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Saat Pekerjaan Menumpuk

Ilustrasi minum kopi di bulan ramadan
Menggambarkan Kenikmatan Menikmati Secangkir Kopi di Bulan Ramadan. Gambar oleh Caleb George di Unsplash.

Saat tugas menumpuk dan pikiranmu terasa terjebak dalam kebuntuan, jangan ragu untuk menghentikan sejenak dan menikmati waktu bersama secangkir kopi. Sebab, kopi bukan hanya minuman biasa, tetapi juga mampu menjadi penyulut kreativitasmu dan membantu mengembalikan semangat yang pudar. Manfaatkan momen berharga dengan kopi sebagai istirahat singkat untuk melepaskan beban pikiran yang menekan dan menemukan inspirasi baru yang mengalir begitu deras.


2. Meeting atau Diskusi Santai

Ilustrasi minum kopi, menikmati kopi dengan pemandangan
Ilustrasi minum kopi, menikmati kopi dengan pemandangan. (Photo by Sindre Fs/Pexels)

Ikuti rapat atau diskusi dengan gaya yang santai dan jangan lupa membawa secangkir kopi sebagai teman setiamu! Sambil menyeruput kopi, suasana akan menjadi lebih rileks dan produktivitas akan meningkat. Tidak ada yang lebih nyaman daripada berkumpul bersama sambil menikmati minuman favoritmu.


3. Momen Me Time di Sore Hari

Ilustrasi pria minum kopi
Ilustrasi pria minum kopi (Dok.Unsplash)

Saat matahari mulai terbenam, saat itulah momen yang sempurna untuk menikmati waktu untuk diri sendiri dengan secangkir kopi. Duduklah di balkon atau sofa kesayanganmu, nikmati keindahan senja, dan biarkan dirimu terhanyut dalam aroma hangat kopi yang memikat. Inilah saat yang tepat untuk merenung dan melarikan diri sejenak dari hiruk-pikuk kesibukanmu sehari-hari.


4. Setelah Makan Malam

Minum kopi membuang kertas dan mendukung industri yang bertanggung jawab atas deforestasi
Cangkir kopi yang berasal dari kertas atau plastik dapat merusak lingkungan. (Foto: Freepik/user18526052)

Setelah santap malam adalah saat yang pas untuk mengakhiri hidangan dengan segelas kopi. Kopi bisa membantu pencernaan dan memberikan sensasi nyaman setelah makan. Rasakan hangatnya kopi meluncur di tenggorokanmu dan nikmati momen relaksasi setelah menikmati hidangan lezat. Yang paling penting adalah mendengarkan tubuhmu dan menyesuaikan waktu minum kopi dengan kebiasaan sehari-harimu.

Jika kamu lebih suka memulai hari dengan semangat atau mengakhiri hari dengan ketenangan, maka nikmati kopi sesuai dengan mood dan aktivitasmu. Ingatlah juga untuk menjaga konsumsi kopi agar tetap sehat. Terlalu banyak kopi bisa menyulitkanmu tidur di malam hari. Selaras dengan itu, pastikan juga memilih kopi berkualitas untuk mendapatkan pengalaman minum kopi yang memuaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya