Legislator Asal Bali Ini Punya Agenda Unik Jelang Ramadan

Meskipun bukan muslim, pria bernama lengkap I Puti Sudiartana ‎ini memiliki agenda rutin setiap menjelang bulan suci Ramadan tiba.

oleh Taufiqurrohman diperbarui 15 Jun 2015, 12:31 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2015, 12:31 WIB
Gedung DPR
Gedung DPR

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Suci Ramadan 1436 Hijriah segera tiba dalam waktu hitungan hari. Umat Muslim di seluruh dunia pun bersiap diri untuk menyambutnya.

Namun, ada hal yang unik dilakukan legislator asal Bali ini. Meskipun bukan Muslim, pria bernama lengkap I Putu Sudiartana ‎ini memiliki agenda rutin setiap menjelang bulan suci Ramadan tiba. Apa saja?

"Aku di Bali berkunjung ke tempat tempat ibadah (masjid), kita sumbang kambing nanti di masjid-masjid dan itu sudah tradisi di Bali," kata Putu kepada Liputan6.com, Senin (15/6/2015).

Putu yang tinggal di daerah Sanur itu menuturkan, umat Muslim di Bali pada umumnya ‎akan menggelar beberapa acara secara bersama-sama untuk menyambut bulan suci Ramadan di salah satu tempat yang selalu ia ikuti.

"Aku ikut berhamburan dan berkumpul merayakan upacara bersama-sama di balai, aku ikut pakai kopiah dan bayar zakat seperti umat Muslim. Baik hindu maupun Muslim atau agama lainnya di Bali, khususnya dapil aku rukun sekali," tutur dia.

Kemajemukan itu, sebut dia, adalah salah satu pengamalan dari Pancasila dan dasar negara‎. Dia pun mengaku sangat bersyukur, khususnya masyarakat di Bali sangat toleran dalam hal antar-umat beragama.

"‎Ya, sudah saling membantu tolong menolong di Bali. Bagus sekali dan mereka kebhinnekaan itu manis dan bersahaja. Kami saling menghormati," tandas Putu. (Ali/Nda)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya