Masjid Raya Bandung Sediakan 1.000 Takjil Gratis

Diperkirakan jumlah warga yang ikut kegiatan takjil bersama pada puasa tahun ini akan bertambah karena adanya Taman Alun-alun.

oleh Liputan6 diperbarui 18 Jun 2015, 15:45 WIB
Diterbitkan 18 Jun 2015, 15:45 WIB
Berburu Takjil di Pasar Benhil
Aneka minuman yang dijual di Pasar Takjil Benhil, Jakarta, Selasa, (1/7/14). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Bandung - Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid Raya Bandung, Jawa Barat, menyediakan sekitar 1.000 takjil gratis untuk masyarakat selama bulan suci Ramadan 1436 Hijriah/2015 Masehi.

Takjil gratis ini merupakan salah satu dari 9 kegiatan yang diadakan pengurus Masjid Raya Bandung selama Ramadan tahun ini.

"Selain takjil bersama ada juga ceramah subuh, kajian tafsir Alquran, pesantren Ramadan, bimbingan studi Islam remaja, iktikaf menggapai Lailatul Qadar, penerimaan zakat, serta takbiran dan salat Idul Fitri," kata Ketua Bidang Pelayanan Ibadah Rutin dan Ketua Panitia Ramadan Masjid Bandung Raya Ndang Masum, di Bandung, Kamis (18/6/2015).

Dia memperkirakan, jumlah warga yang ikut kegiatan takjil bersama pada puasa tahun ini akan bertambah karena adanya daya tarik baru di wilayah sekitar Masjid Raya Bandung, yakni Taman Alun-alun.

"Ceramah tarawih dan ceramah subuh dilakukan setiap hari. Sedangkan kuliah dhuha hanya dilakukan setiap hari Sabtu pukul 07.30 WIB hingga 08.30 WIB. Untuk kuliah dhuha telah dilakukan sepanjang tahun," jelas Ndang.

Untuk para remaja, mereka bisa mengikuti pesantren Ramadan dan bimbingan studi Islam. Waktunya, setelah salat subuh pada sepekan pertama bulan Ramadan.

"Untuk kegiatan pesantren Ramadan akan dilakukan sesuai kesepakatan dengan sekolah yang berkepentingan. Lalu bimbingan Islam remaja dilakukan setelah salat subuh," kata Ndang.

Sementara itu, untuk lebih memahami kandungan ayat Alquran, pihaknya mengadakan kajian tafsir yang diadakan setiap pukul 13.00 hingga 15.00 WIB. Menjelang magrib dilakukan tadarus Alquran sepanjang bulan puasa.

"Di akhir bulan Ramadan, kami akan mengadakan iktikaf bersama menggapai Lailatul Qadar. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada malam ke-27 Ramadan," jelas dia.

Untuk salat Idul Fitri 1 Syawal 1436 Hijriah dimulai pukul 06.30 WIB.

"Kami mengharapkan kaum Muslimin dan Muslimah yang berada di dekat Masjid Raya Bandung bisa siang malam ikut memakmurkan masjid," harap Ndang. (Ant/Sun/Mvi)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya