Jelang Lebaran, Penitipan Hewan di Solo Laris Manis

Soal tarif jasa penitipan, Supri menyebutkan, mengalami kenaikan pada liburan lebaran.

oleh Fajar Abrori diperbarui 16 Jul 2015, 07:15 WIB
Diterbitkan 16 Jul 2015, 07:15 WIB
Memasuki H-2 lebaran 2011, jasa penitipan hewan mengalami peningkatan hingga 80 persen yang bertarif Rp15.000 hingga Rp25.000 tergantung jenis dan ukuran hewan. (Antara).

Liputan6.com, Solo - Jasa penitipan hewan peliharaan laris manis menjelang libur lebaran tahun ini. Banyak masyarakat memilih menitipkan hewan peliharaannya di tempat penitipan hewan saat ditinggal mudik. Bahkan, mereka sudah memesan jasa penitipan hewan jauh hari sebelumnya.

Petugas penitipan hewan Kawatan Solo, Supri, men‎gatakan menjelang lebaran sejumlah warga mulai menitipkan hewan peliharaannya seperti kucing dan anjing. Hari ini beberap kucing dan anjing sudah mulai diantar pemiliknya untuk dititipkan.

"Udah ada yang masuk, tetapi mulai banyak masuk kelihatannya pada Kamis besok. Ada sekitar 25 ekor anjing dan kucing yang sudah memesan untuk dititipkannya," kata dia ketika ditemui Liputan6.com di Klinik Hewan Kawatan, Rabu 15 Juli 2015.

Sebagai tempat jasa penitipan hewan, kata Supri, pihaknya menyediakan 80 kandang untuk penitipan hewan. Diperkirakan kandang-kandang itu akan dipenuhi hewan yang dititipkan pada Kamis.

"Kalau pada hari biasa jumlah hewan yang dititipkan hanya 3 sampai 4 ekor, tapi jelang lebaran ini melonjak. Oleh sebab itu jika akan menitipkan hewan harus pesan dulu," imbau dia.

Soal tarif jasa penitipan, Supri menyebutkan, mengalami kenaikan pada liburan lebaran. Jika hari biasa, tarif jasa penitipan anjing sekitar Rp 50 ribu per hari, kini naik menjadi Rp 80 ribu. Sedangkan tarif penitipan kucing yang biasanya Rp 30 ribu naik menjadi Rp 50 ribu per hari.

"Tarif penitipan tersebut sudah meliputi biaya perawatan, makan, penyisiran, serta dimandikan saat akan diambil pemiliknya. Para pemilik menitipkan hewan itu mulai 4 hari hingga 6 hari," sebut dia.

Hal senada juga dirasakan pemilik penitipan hewan Kucing Mania, Rio Rosha Putra. Menurut dia, 50 kandang yang disiapkan, kini sudah penuh dipesan para pemilik kucing.

"Untuk lebaran ini hampir semua kandang telah dipesan konsumen untuk menitipkan kucing miliknya," kata Rio.

Untuk penitipan kucing selama libur lebaran ini, kata Rio, pihaknya memasang tarif hingga Rp 60 ribu per hari. Jika dibandingkan hari biasa jelas mengalami peningkatan, sebab saat hari normal hanya dipatok Rp 30 ribu per hari.

"Untuk penitipan hewan ini, kami hanya menerima kucing yang kondisinya sehat, tidak galak dan telah divaksin," pungkas Rio. (Rmn/Vra)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya