Puncak Arus Mudik di Bandara Soetta Diprediksi pada H-4 Lebaran

Peningkatan penumpang sebenarnya sudah terjadi sejak H-12 Lebaran. Terbukti, lonjakan penumpang sudah mencapai 32 persen.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 27 Jun 2016, 11:00 WIB
Diterbitkan 27 Jun 2016, 11:00 WIB
Segmen 1: Antrian Panjang di Bandara hingga Beras dengan Pemutih
Antrean panjang terjadi di bagian check in Terminal 1C Soekarno Hatta.

Liputan6.com, Tangerang - Puncak arus mudik Lebaran di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) diprediksi akan terjadi pada H-4 Lebaran atau pada Sabtu dan Minggu mendatang. Untuk saat ini, arus mudik sudah mengalami peningkatan 35 persen dari arus mudik tahun lalu.

Senior General Manager Bandara Soekarno Hatta (Soetta) M Suriawan Wakan memaparkan, lonjakan penumpang akan terjadi pada puncak arus mudik tersebut.

"Pada saat itu, arus penumpang di Bandara Soekarno Hatta diprediksi akan mencapai 185 hingga 190 ribu penumpang per hari," jelas Suriawan saat ditemui di Terminal 1 Bandara Soetta, Minggu (26/6/2016).

Menurut dia, peningkatan penumpang sebenarnya sudah terjadi sejak H-12 Lebaran. Terbukti, lonjakan penumpang sudah mencapai 32 persen dari data angkutan Lebaran tahun lalu.

Sementara pada H-11 Lebaran, lonjakan penumpang juga masih terjadi sebesar 13 persen dibandingkan angka angkutan Lebaran tahun lalu.

"Bila dikalkulasikan dalam jumlah penumpang, hingga kini terdapat 85 ribu sampai 167 ribu penumpang per hari yang memadati Bandara Soekarno Hatta," kata Suriawan.

Untuk memenuhi arus mudik Lebaran tersebut, beberapa maskapai pun memberlakukan ekstra penerbangan. Dia mengatakan, diprediksi akan ada 800 keberangkatan dan 790 kedatangan yang memenuhi arus mudik kali ini.

"Hari ini (Minggu) saja ada dua maskapai yang memberlakukan ekstra flight," kata Suriawan. Seperti Batik Air dengan rute Semarang dan Padang, serta Sriwijaya Airlines dengan rute Denpasar dan Solo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya