Ketua DPR: Kenyamanan dan Keamanan Pemudik Harus Diperhatikan

Akom menyoroti 'penyakit lama' setiap momen mudik tiba, yakni kenyamanan fasilitas yang terganggu karena membludaknya pemudik.

oleh Taufiqurrohman diperbarui 30 Jun 2016, 07:48 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2016, 07:48 WIB
20160629- Ketua DPR Kunjungi Bandara- Ade Komarudin-Jakarta- Johan Tallo
Ketua DPR Ade Komarudin bersama Komisi V DPR saat berkunjung ke Bandara Seokarno Hatta, Banten, Rabu (29/6). Kunjungan tersebut melihat kesiapan pemerintah dalam melayani transportasi pemudik. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Tangerang - Ketua DPR Ade Komarudin meninjau persiapan mudik di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Pria yang akrab disapa Akom ini meminta dua hal yang harus diperhatikan oleh pihak Bandara Soetta dan pihak penyedia transportasi dalam menyambut mudik tahun ini.

"Aspek kenyamanan penumpang dan yang kedua aspek keamanan," kata Akom di Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Rabu (29/6/2016).

Dia juga menyoroti 'penyakit lama' setiap momen mudik tiba, yakni kenyamanan fasilitas yang terganggu karena membludaknya pemudik.

"Mengenai fasilitas kami tidak mau ada penumpang yang tidak bisa duduk di ruang tunggu, toiletnya bersih, dan lebih baik lagi kalau takjil disediakan bagi yang berpuasa," ujar Akom.

Politikus Partai Golkar ini juga menekankan terkait fasilitas bandara, di mana tingkat keamanan harus ditingkatkan agar pemudik tetap merasa nyaman. Sebab, dalam setiap momen Lebaran, tidak sedikit tindak kriminal dialami oleh pemudik.

Selain itu, dia juga meminta setiap pesawat yang akan terbang untuk diuji kelayakan. Baik mesin pesawat maupun fasilitas yang disediakan bagi setiap penumpang.

"Dilakukan ramp check yang lebih regular menjelang puncak mudik yang diperkirakan terjadi Sabtu dan Minggu nanti," Akom menandaskan.

Ketua DPR Ade Komarudin meninjau kesiapan mudik di Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta. Dia juga meninjau Terminal 3 Ultimate yang sampai saat ini masih dalam proses pembangunan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya