Mengintip Makanan Buka Puasa Ramadhan 3 Maskapai Timur Tengah, Pengalaman Iftar di Udara

Maskapai-maskapai ini menghidangkan makanan bernutrisi untuk penumpang bukber di udara. Bagaimana hidangannya dan menunya?

oleh Chelsea Anastasia diperbarui 10 Apr 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 10 Apr 2023, 13:00 WIB
5 Tips Memilih Kotak Makan yang Aman dari Bahaya
Maskapai Timur Tengah Terbaik, Qatar Airways, Etihad, dan Emirates Berikan Penumpang Pengalaman Bukber dengan Makanan Bernutrisi di Udara (Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka Ramadhan 2023, tiga maskapai Timur Tengah memberikan pengalaman buka puasa bersama (bukber) di udara untuk para penumpang. Maskapai-maskapai tersebut adalah Emirates, Etihad, dan Qatar Airways, demikian melansir Arabian Business.

Pelayanan yang diberikan mulai dari hidangan yang dimasak oleh koki terkenal, pengumuman waktu berbuka puasa Ramadhan 2023, hingga menu khusus untuk penumpang. Hidangan disediakan selama bulan suci untuk penumpang dari semua kelas perjalanan dan pada rute-rute tertentu.

Menu-menu yang disediakan oleh setiap maskapai Timur Tengah tentu berbeda-beda. Seperti apa pilihannya? Berikut ini Liputan6.com lansir dari jetlinemarvel.net dan sejumlah sumberSenin (10/4/20230:

Makanan Berbuka Dalam Kotak Ala Emirates

Emirates menyajikan ribuan kotak makanan Ramadhan untuk penumpang yang berpuasa. Selain diberikan di dalam pesawat, kotak makanan juga diberikan saat di gerbang keberangkatan.

"Kami menyambut suasana bulan suci Ramadhan dan mendukung penumpang kami yang berpuasa dengan menyediakan kotak makan untuk Iftar, konten Ramadhan, dan minuman segar tradisional," tulis akun resmi Emirates di Twitter pada Selasa 21 Maret 2023. 

Para penumpang yang berpuasa di semua kelas kabin mendapat kotak makanan tersebut. Kotak makanan dirancang khusus untuk merepresentasikan kekayaan warisan Emirat dari para penenun Al Sadu.

Untuk makanan yang disajikan di dalamnya, isinya adalah makanan dengan nutrisi seimbang. Misalnya, hidangan ringan seperti hummus (selai gurih dari kacang Arab), spinach bil zeit (tumis Bayam dengan bawang putih, bawang merah Capsicum renyah dan minyak zaitun), salad Yunani, cauliflower bil tahini (kembang kol saus tahini), falafel sandwich, salad pasta dan terong goreng, salad ayam zaatar (salad pedas), sandwich ayam dengan roti Arab, serta makanan pokok seperti kurma dan laban atau minuman yoghurt. 

Di gerbang keberangkatan, hidangan buka puasa berupa kotak makanan lebih kecil akan disajikan saat iftar termasuk semua kebutuhan untuk berbuka puasa dengan nyaman.

Makanan kotak dalam rangka Ramadhan dan Buka Puasa Emirates akan disajikan untuk melengkapi layanan makanan panas reguler dan menu akan diperbaharui setiap minggu untuk memastikan pengalaman bersantap terbaik di kelasnya selama Bulan Suci. Makanan ini akan disajikan pada penerbangan ke tujuan tertentu pada waktu yang bertepatan dengan buka puasa, pada penerbangan ke dan dari wilayah Teluk, serta penerbangan yang melayani kelompok umrah yang bepergian ke Jeddah dan Madinah selama bulan Ramadan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tas Tenteng Ala Etihad

Etihad Airways
Maskapai Timur Tengah Terbaik, Qatar Airways, Etihad, dan Emirates Berikan Penumpang Pengalaman Bukber dengan Makanan Bernutrisi di Udara (Instagram/@etihad)

Tak kalah bagus, maskapai Etihad menyediakan hidangan berbuka dengan tas tenteng yang berisi kurma, minuman, dan makanan ringan.

Mereka yang berbuka puasa sebelum keberangkatan atau sesaat sebelum mendarat akan diberikan tas takeaway tersebut.

Etihad juga berkolaborasi dengan salah satu koki andalan di Arab, Khaled Alsaadi. Tujuannya, agar penumpang dapat menikmati hidangan Ramadhan populer yang menggabungkan resep asli Arab dengan teknik memasak kontemporer.

"Memperkenalkan menu Ramadhan kami yang dibuat oleh Chef Khalid. Nikmati pilihan cita rasa tradisional yang membangkitkan kehangatan dan keakraban Bulan Suci, disajikan dalam koleksi baru kami yang berkolaborasi dengan @giorgioarmani dan #ArmaniCasa,” ungkap akun resmi Etihad pada Kamis 23 Maret 2023.

Para penumpang akan disuguhi berbagai makanan, termasuk ikan seabream kari Saffron berkulit, betis domba dengan jus jeruk nipis, sup lentil, salad, sandwich ciabatta ayam Machboos, kue keju, Saffron pot de creme (hidangan penutup Prancis), dan masih banyak lagi.

Seperti Emirates, hidangan menu bulan suci Etihad tersedia untuk penumpang di semua kelas kabin pada rute tertentu, serta yang bertepatan waktu buka puasa.

Ini termasuk penerbangan dari atau menuju negara-negara di Teluk Persia, juga penerbangan yang melayani kelompok umrah menuju Jeddah selama bulan Ramadhan.


Tas dengan Desain Khusus Ala Qatar Airways

Ilustrasi Qatar Airways
Maskapai Timur Tengah Terbaik, Qatar Airways, Etihad, dan Emirates Berikan Penumpang Pengalaman Bukber dengan Makanan Bernutrisi di Udara (Unsplash)

Tak hanya di udara, Qatar Airways juga menawarkan buka puasa khusus penumpang di ruang tunggu Al Safwa, Al Mourjan, dan Global Premium Lounges.

Persembahan khusus bulan suci ini tersedia pada penerbangan ke negara-negara GCC (negara-negara Teluk, yaitu Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Qatar, dan Oman), Timur Tengah, dan beberapa tujuan di India, Afrika dan Asia.

Maskapai ini akan mengumumkan waktu berbuka puasa, lalu mengajak penumpang untuk membuka makanan dari tas dengan desain khusus Qatar Airways.

Tas itu berisi makanan khusus vegetarian dan non-vegetarian, manisan Arab, kurma, sepotong kue, laban, dan air minum.

“Semoga Anda mendapatkan bulan penuh berkah dari Qatar Airways,” tulis akun resmi Qatar Airways di Twitter pada Kamis, 23 Maret 2023.


Ketiga Maskapai Masuk dalam 20 Penerbangan Terbaik Sedunia Tahun 2022

10 Maskapai Penerbangan Terbaik di Dunia
Maskapai Timur Tengah Terbaik, Qatar Airways, Etihad, dan Emirates Berikan Penumpang Pengalaman Bukber dengan Makanan Bernutrisi di Udara (Qatar Airways)

Sebuah lembaga pemeringkat keamanan dan produk maskapai penerbangan, AirlineRatings, menyebutkan tiga maskapai penerbangan Timur Tengah masuk di antara 20 maskapai penerbangan terbaik dunia pada tahun 2022, mengutip laman Arab News yang ditulis pada Juli 2022 lalu.

Qatar Airways mengambil posisi teratas untuk dua tahun berturut-turut, dengan Etihad Airways dan Emirates masing-masing di tempat ketiga dan ke-16. 

Untuk masuk 20 besar, maskapai harus memiliki peringkat keselamatan bintang tujuh. Tak hanya itu, maskapai perlu menunjukkan inovasi untuk kenyamanan penumpang.

Menurut AirlineRatings, Qatar Airways menempati posisi teratas secara keseluruhan tahun ini berkat inovasi kabin, layanan penumpang, dan komitmennya untuk terus beroperasi selama pandemi COVID-19.

Lebih lengkapnya, daftar 20 penerbangan terbaik pada tahun 2022, antara lain: Qatar Airways, Air New Zealand, Etihad Airways, Korean Air, Singapore Airlines, Qantas, Virgin Australia, EVA Air, Turkish Airlines, All Nippon Airways, Cathay Pacific Airways, Virgin Atlantic, Japan Air Lines, JetBlue, Finnair, Emirates, Hawaiian, Air France/KLM, Alaska Airlines, dan British Airways.

Infografis Pemicu Tiket Pesawat Mahal & Taktik Turunkan Harga
Infografis Pemicu Tiket Pesawat Mahal & Taktik Turunkan Harga (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya