Tumpah Ruah di Halal Bihalal Ikbal Tabah dan Launching Donasi Alumni untuk Pesantren

Ribuan alumni Ponpes Tarbiyatut Tholabah Lamongan mengikuti acara halal bihalal dan reuni akbar sekaligus peluncuran program donasi untuk pesantren.

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Apr 2023, 17:33 WIB
Diterbitkan 26 Apr 2023, 16:45 WIB
Halal Bihalal IKBAL TABAH
Halal Bihalal Ikatan Keluarga Besar Alumni Ponpes Tarbiyatut Tholabah (IKBAL TABAH) Kranji, Paciran, Lamongan, Rabu (26/4/2023).

Liputan6.com, Lamongan - Ribuan alumni Pondok Pesantren (Ponpes) Tarbiyatut Tholabah (Tabah) Kranji mengikuti acara Halal Bihalal dan Reuni Akbar secara hybrid yakni online dan offline, Rabu (26/4/2023). Acara yang digagas pengurus Ikatan Keluarga Besar Tarbiyatut Tholabah (Ikbal Tabah) di Ponpes Tabah Kranji, Paciran, Lamongan, Jawa Timur ini berjalan lancar dan meriah.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menguatkan tali silaturahim, koordinasi, dan kekompakan antar-alumni Tarbiyatut Tholabah dari berbagai generasi di seluruh penjuru Indonesia, bahkan hingga alumni yang berada di luar negeri.

Ketua Umum Ikbal Tabah, Anas Thoha menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan halal bihalal dan reuni akbar pertama yang digelar sejak pergantian kepengurusan Ikbal Tabah yang baru. Acara yang digelar di Auditorium Utama Ponpes Tarbiyatut Tholabah ini juga bisa diikuti secara online oleh para alumni yang tidak bisa hadir langsung di lokasi.

“Alhamdulillah, kehadiran para alumni dari penjuru wilayah di Indonesia ini menjadi momentum silaturahmi dan nostalgia tentang kenangan selama menjadi siswa/siswi dan santri/santriwati di Pesantren Tarbiyatut Tholabah,” ujar Anas Thoha.

Ikbal Tabah, kata Anas, menjadi organisasi dan wadah bagi seluruh alumni yang tersebar di seluruh penjuru wilayah Indonesia dan luar negeri dengan berbagai profesi, mulai dari petani, nelayan, birokrat, PNS, dosen, guru, pengusaha, aktivis, hingga pejabat pemerintahan.

“Semoga Ikbal Tabah mampu eksis secara konsisten demi menyambung tali silaturahim alumni dengan pondok pesantren,” ujarnya berharap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Halal Bihalal IKBAL TABAH
Halal Bihalal Ikatan Keluarga Besar Alumni Ponpes Tarbiyatut Tholabah (IKBAL TABAH) Kranji, Paciran, Lamongan, Rabu (26/4/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah, KH Moh Nashrullah Baqir menyampaikan pesan kepada para alumni untuk selalu berpegang teguh pada nilai-nilai kepesantrenan yang telah diajarkan sejak dulu hingga sekarang, yaitu Taqwa, Ikhtiar, Tawadhu’ dan Istiqomah sebagai modal sosial serta spiritual dalam menjalani kehidupan di masyarakat.

“Ikbal Tabah sebagai organisasi alumni harus menjadi yang terdepan dalam mengkoordinir semua alumni agar terjadi hubungan emosional yang kuat satu dengan yang lainnya” tuturnya.

Demikian juga disampaikan Ketua Yayasan Ponpes Tarbiyatut Tholabah, H Fathur Rohman. Dia menyampaikan bahwa eksistensi Ikbal Tabah harus terus dijaga dan dikembangkan sebagai sarana pengembangan diri dan silaturahim antar sesama alumni dan antara alumni dengan almamater.

“Alumni adalah elemen terpenting bagi perkembangan pondok pesantren. Peran dan kontribusi alumni Tarbiyatut Tholabah sangat dibutuhkan untuk mendukung segala bentuk pembangunan dan pengembangan pesantren di tengah perkembangan dunia yang begitu cepat,” ujar Ketua Yayasan.

Acara halal bihalal dan reuni akbar ini juga diisi dengan penyampaian testimoni serta pesan dan kesan dari sejumlah perwakilan alumni, di antaranya Ketua Umum Pertama Ikbal Tabah Zaini Mahbub, Ketua Umum ke-6 Ikbal Tabah yang kini menjadi Ketua PCNU Tangerang Selayan Abdullah Mas’ud, hingga perwakilan pengurus Ikbal Tabah di Malaysia.

Selain ramah tamah, Ikbal Tabah dalam acara ini juga meluncurkan atau launching program donasi alumni untuk pesantren. Program ini bertujuan agar para alumni di seluruh Indonesia dan luar negeri bisa berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan Pesantren Tarbiyatut Tholabah. Saat ini, Ponpes Tarbiyatut Tholabah tengah membangun Masjid Al-Ihsan yang ada di dalam kawasan pesantren.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya