Sufmi Dasco Gerindra: Jemaah Haji di Mina Keluhkan soal Toilet dan Tenda Sesak

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meninjau pemondokan jemaah haji Indonesia di sejumlah Maktab yang ada di Mina, Kamis (29/6/2023).

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 30 Jun 2023, 14:07 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2023, 14:07 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meninjau pemondokan jemaah haji Indonesia di sejumlah Maktab yang ada di Mina
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meninjau pemondokan jemaah haji Indonesia di sejumlah Maktab yang ada di Mina, Kamis (29/6/2023). (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meninjau pemondokan jemaah haji Indonesia di sejumlah Maktab yang ada di Mina, Kamis (29/6/2023). Pada kesempatan itu, Dasco menerima keluhan jemaah haji soal toilet dan sesaknya tenda. 

"Jemaah Indonesia itu banyak sekali, dan juga fasilitas yang ada di sini memang terbatas. Saya lihat petugas-petugas kita walaupun sudah bekerja dengan baik, Kementerian Agama juga sudah menjalankan fungsinya, tetapi saya rasa ada baiknya di tahun-tahun mendatang ditangani oleh yang lebih profesional agar segala sesuatu yang belum sempurna bisa disempurnakan," kata Sufmi Dasco dalam keterangan diterima, Jumat (30/6/2023).

Dia mendapat keluhan itu saat berkunjung ke Maktab 48 yang ditempati jemaah dari wilayah Jakarta dan Banten.

Saat itu, suhu di Mina mencapai 40 derajat celcius. Dari Maktab 48, Dasco dan para Anggota Timwas Haji DPR berkunjung ke Maktab 42 yang ditempati jemaah asal Jawa Timur dan Aceh.

“Saya mengecek tenda, toilet, dan fasilitas kesehatan. Pemandangan miris menyambut rombongan saat mengecek toilet, ada yang sejak semalam para jemaah perempuan ini tidur di samping toilet,” ujar dia.

Dasco melanjutkan, ada juga jemaah Indonesia yang mengadukan belum mendapat jatah makanan sejak Rabu 28 Juni 2023 malam. Jemaah bernama Abdullah itu meminta tolong Timwas Haji DPR mengupayakan komunikasi dengan panitia haji agar jatah makanan untuk tendanya datang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Akan Dibahas di Jakarta

Dasco menegaskan, sejumlah hal yang menjadi temuan Timwas Haji DPR akan dbahas setelah kembali ke Jakarta. Saat ini Tim Pengawas Haji masih melakukan pengawasan-pengawasan untuk menginventarisasi lebih banyak lagi temuan untuk bahan evaluasi.

Sebaga intormasi, Legislator Dapil Banten III ini mulai mengunjungi pemondokan jemaah haji Indonesia di Mina pukul 09.00 waktu Arab Saudi. Anggota Timwas Haji DPR yang ikut bersama Dasco, yaitu Abdul Wachid, M Husni, Maman Imanulhaq, dan Rano Al Fath.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya