6 Fakta Menarik Bani Israil, Banyak Disebut dalam Al-Qur’an hingga Kerap Dianggap Sama dengan Israel

Fakta kaum bani israil.

oleh Putry Damayanty diperbarui 29 Okt 2023, 18:30 WIB
Diterbitkan 29 Okt 2023, 18:30 WIB
Ilustrasi unta
Ilustrasi muslim. Image by Free-Photos from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Kisah mengenai kaum Bani Israil banyak disebutkan dalam Al-Qur'an. Bani Israil adalah suatu kaum yang memiliki sejarah panjang yang berkaitan dengan agama Samawi.

Nama Bani Israil mungkin sudah tidak asing lagi bagi umat Islam. Atau bahkan sebagian besar sudah mengetahui kisahnya.

Israil sendiri merupakan nama lain dari Nabi Yaqub. Dia adalah anak dari Nabi Ishaq AS.

Ishaq merupakan anak kedua dari Nabi Ibrahim AS yang dijuluki sebagai Bapak para Nabi. Dari garis keturunan inilah lahir kaum Bani Israil atau keturunan-keturunan Yaqub AS.

Di balik kisah Bani Israil yang unik dan bahkan tidak mengenakkan, ditemukan beberapa fakta menarik yang perlu diketahui umat Islam. Apa saja? Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari laman dream.co.id.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


Keturunan Nabi hingga Kisahnya Banyak Disebut dalam Al-Qur'an

1. Keturunan Nabi Yaqub

Bani Israil dinisbahkan kepada keturunan Nabi Yaqub bin Ishaq AS. Beliau memiliki 12 putra yang masing-masing namanya adalah Ruben, Simon, Lewi, Yehuda, Dan, Naftali, Gad, Asyer, Isakhar, Zebulon, Benjamin dan Yusuf.

Dari kedua belas putranya tersebut, lahirlah kaum Bani Israil yang riwayatnya bermula dari Mesir. Bani Israil ini tinggal setidaknya sampai zaman kekejaman Fir’aun. 

2. Dua Belas Nabi Diutus Membimbing Bani Israil

Bani Israil sepertinya memang kaum yang lumayan istimewa baik dalam hal kebaikan maupun keburukannya. Bagaimana tidak, terdapat setidaknya 12 nabi telah diutus untuk membimbing Bani Israil.

Namun dari semua yang sudah dikirimkan Allah tersebut, Bani Israil tetap menjadi kaum yang keras kepala, suka membangkang dan tidak mau mengikuti ajaran tauhid.

Selain Nabi Yaqub, Nabi Yusuf, dan Nabi musa, masih banyak nabi lain yang diutus membimbing Bani Israil. Seperti Nabi Harun, Nabi Ilyas, Nabi Ilyasaa, Nabi Yunus, Nabi Daud, Nabi Sulaiman, Nabi Zakaria, Nabi Yahya, sampai Nabi Isa. 

3. Kaum yang Banyak Disebutkan dalam Al-Qur'an

Fakta menarik dari Bani Israil selanjutnya ialah karena kaum ini adalah kaum yang paling banyak disebutkan dalam Al-Qur'an. Kisah yang dihadirkan Al-Qur'an tentang Bani Israil pun sangat beragam.

Tak hanya keistimewaan, keburukan Bani Israil pun juga dikupas habis dalam Al-Qur'an sebagai pengingat bagi umat Islam. 


Tak Mau Bertauhid hingga Kerap Dianggap sama dengan Israel

4. Tidak Mau Bertauhid

Meskipun telah dikirimkan 12 nabi untuk membimbing Bani Israil, kaum ini susah untuk mengikuti ajaran tauhid. Di sini kita tahu bahwa Bani Israil termasuk kaum yang bebal dan pembangkang. 

Allah SWT Berfirman:“Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil, "Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin. Dan bertutur katalah yang baik kepada manusia, laksanakanlah shalat dan tunaikanlah zakat." Tetapi kemudian kamu berpaling (mengingkari), kecuali sebagian kecil dari kamu, dan kamu (masih menjadi) pembangkang." (QS. Al-Baqarah: 83)

Ayat di atas membuktikan bahwa Bani Israil disuruh bertauhid tapi dengan sengaja menolak apa yang diperintahkan Allah SWT.

5. Kisahnya Jadi Pembelajaran Umat Islam

Terdapat alasan yang masuk akal mengapa kau mini banyak disebutkan dalam Al-Qur’an. Salah satu pendapat yang masuk akal ialah bahwa kisah Bani Israil bisa dijadikan pembelajaran bagi umat Islam agar tidak berbuat kesalahan seperti yang telah kaum ini lakukan.

6. Berbeda dengan Israel

Perlu dipahami bahwa kaum Bani Israil berbeda dengan orang-orang di negara Israel. Sebab banyak yang beranggapan bahwa Bani Israil sama dengan negara Israel.

Perlu diingat, Bani Israil adalah sebutan untuk kaum keturunan Nabi Yaqub. Sedangkan Israel adalah sebuah negara di Asia Barat yang mayoritas penduduknya orang Yahudi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya