Doa Akhir Tahun 1445 Hijriah dan Keutamaannya, Baca Ba’da Ashar Hari Ini Sabtu 6 Juli 2024

Teks doa akhir tahun Hijriah terdapat dalam kitab Maslakul Akhyar karya Mufti Jakarta abad ke-19-20 M, Habib Utsman bin Yahya. Berikut bacaan arab, latin, dan artinya.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 06 Jul 2024, 07:30 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2024, 07:30 WIB
Doa Akhir Tahun Hijriah
Bacaan doa akhir tahun Hijriah (Grafis: Liputan6.com/MHT via Canva.com)

Liputan6.com, Jakarta - Pergantian tahun 1445 H ke 1446 H akan terjadi pada Sabtu, 6 Juli 2024 petang. Tahun baru Islam, Tanggal 1 Muharram 1446 H sudah masuk mulai Maghrib hari ini, merujuk pada kalender Hijriah yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Menjelang pergantian tahun Hijriah, umat Islam dianjurkan membaca doa akhir tahun. Doa akhir tahun Hijriah dibaca ba’da Ashar hingga sebelum Maghrib hari ini, bertepatan 29 Dzulhijjah 1445 H.

Doa akhir tahun dapat dibaca sebanyak tiga kali secara berjemaah atau sendirian. Melalui doa ini, umat Islam berharap Allah SWT mengampuni segala perbuatan dosa dan menerima perbuatan yang diridai-Nya.

Keutamaan Membaca Doa Akhir Tahun Hijriah

Menurut Almaghfurlah KH Sholeh Darat Semarang, orang yang membaca doa akhir tahun tidak akan digoda oleh setan dalam tahun itu.

“Setan hanya bisa merusak manusia dalam waktu satu jam. Itu pun semua dosa selama setahun telah diampuni oleh Allah karena membaca doa ini. Maka seyogyanya bagi orang beriman, jangan lupa membaca doa ini saat akhir tahun,” katanya dikutip dari NU Online, Jumat (5/7/2024).

Teks doa akhir tahun Hijriah terdapat dalam kitab Maslakul Akhyar karya Mufti Jakarta abad ke-19-20 M, Habib Utsman bin Yahya. Berikut bacaan Arab, latin, dan artinya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:


Teks Arab Doa Akhir Tahun

Ilustrasi doa, harapan, Islami
Ilustrasi doa, harapan, Islami. on Freepik)

Berikut doa akhir tahun Hijriah dalam bahasa Arab, dibaca sebanyak tiga kali ba’da Ashar nanti.

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ


Bacaan Latin Doa Akhir Tahun Hijriah dan Artinya

Ilustrasi memanjatkan doa
Ilustrasi memanjatkan doa. (Photo Copyright by Freepik)
Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm. 

Artinya: "Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah."

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya