Bacaan Doa Pelebur Dosa, Amalkan Setiap Pagi di Hari Jumat

Jumat merupakan salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Amalan doa jumat pagi diyakini dapat menghapus dosa-dosa yang telah terakumulasi selama bertahun-tahun. Berikut bacaan doanya.

oleh Putry Damayanty diperbarui 19 Jul 2024, 05:30 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2024, 05:30 WIB
Ilustrasi doa, harapan, Islami
Ilustrasi doa, harapan, Islami. (Image on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat Islam. Pada hari Jumat, kita dianjurkan untuk memperbanyak doa untuk memohon ampunan.

Doa adalah cara untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya. Amalan ini disebut dengan doa pelebur dosa.

Doa Jumat pagi merupakan salah satu ibadah yang penting. Doa ini juga diyakini dapat melebur dosa-dosa yang telah terakumulasi selama bertahun-tahun.

Dengan mengamalkan doa Jumat pagi, Insya Allah keberkahan akan segera diraih. Semoga kita dapat merasakan ketenangan batin, dan mendapatkan pengampunan dari-Nya. 

Mengutip dari laman dream.co.id, berikut adalah bacaan doa jumat pagi yang dapat melebur dosa, lengkap dengan latin dan artinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


Doa Jumat Pagi yang dapat Melebur Dosa

Ilustrasi waktu-waktu mustajab untuk berdoa
Ilustrasi waktu-waktu mustajab untuk berdoa (dok.freepik.com)

Dari sahabat Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda: "Apabila kita merasa dosa kita begitu besar, bahkan sebanyak buih di lautan, berdoalah di hari Jumat."

Anas bin Malik mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa membaca 'Astagfirullahalladzim alladzi laa ilaaha illa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaihi' sebanyak 3 kali pada Jumat pagi sebelum shalat Ghadat (Subuh), maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya walaupun (dosa itu) sebanyak buih di lautan." (HR. Ibnu Sinni)

Berikut bacaan doa Jumat pagi yang dapat melebur dosa berdasarkan hadis tersebut:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه

Astaghfirullohal ‘azhim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atubu ilaih.

Artinya: “Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung, tiada tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat pada-Nya.”

Dengan rahmat dan petunjuk dari-Nya, semoga doa ini dapat membantu melebur dosa-dosa kita sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW yang mengajarkan untuk senantiasa memohon ampunan dan rahmat dari Allah SWT.

Terutama di hari Jumat yang memiliki keutamaan dan keberkahan tersendiri. Semoga kita senantiasa mendapatkan keberkahan dan ampunan-Nya. Aamiin ya rabbal'alamin.


Sayyidul Istighfar

Ilustrasi berdoa
Ilustrasi berdoa. (Photo created by 8photo on www.freepik.com)

للَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ،أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma Anta Rabbii laa ilaaha illaa Anta khalaqtnii wa anna ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tu a’uudzu bika min syarri maa shana’tu abuu-u laka bini’matika ‘alayya wa abuu-u bidzanbii faghfir lii fa innahu laa yagfirudz dzunuuba illa Anta

Artinya: ”Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji -Mu” “Dan Aku berjanji kepada-Mu dengan semampuku, Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat” “Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau”. (HR. Bukhari)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya