Top 3 Islami: Kisah Mbah Kholil Bangkalan Muda Tertawakan Imam Sholat, Cerita Blangkon Syekh Nawawi yang Bikin Negeri Mesir Miring

Lantaran tertawa saat sholat, Syaikhona Kholil dipanggil oleh kiai. Lantas, Cholil muda menjelaskan kenapa dia tertawa di tengah sholat

oleh Muhamad Ridlo diperbarui 01 Sep 2024, 06:30 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2024, 06:30 WIB
Mbah Kholil Bangkalan dan Bung Karno
Kolase Mbah Kholil Bangkalan dan Bung Karno (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Kisah Mbah Kholil Bangkalan yang menertawakan imam sholat saat masih nyantri di Pondok Pesantren Langitan menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com.

Lantaran tertawa saat sholat, Syaikhona Kholil dipanggil oleh kiai. Lantas, Cholil muda menjelaskan kenapa dia tertawa di tengah sholat.

Artikel kedua yang juga menyita perhatian pembaca adalah kisah ajaib saat Syekh Nawawi al Bantani berada di mesir. Dia ditertawakan karena busananya yang aneh menurut orang-orang sana.

Blangkon Syekh Nawawi diolok-olok. Tapi kemudian negeri Mesir miring mengikuti miringnya blangkon Syekh Nawawi.

Sementara, artikel ketiga yaitu tiga jenis rezeki yang jarang disadari sehingga kurang disyukuri.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


1. Kisah Mbah Kholil Bangkalan Muda Tertawakan Imam Sholat yang Bikin Gurunya Terkejut, Karomah Wali

Syaikhona Kholil Bangkalan, gurunya para kiai di Indonesia, terutama Jawa. (Foto: Istimewa via Laduni.id)
Syaikhona Kholil Bangkalan, gurunya para kiai di Indonesia, terutama Jawa. (Foto: Istimewa via Laduni.id)

Waliyullah didefinisikan sebagai orang yang mendekatkan dan menolong agama Islam. Wali Allah termasuk hamba kekasih Allah yang menjadi pewaris nabi. 

Melalui para wali, ajaran Islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW disebarkan ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Di Tanah Air, kita mengenal sembilan wali (walisongo) yang menyebarkan Islam di Nusantara, khususnya Jawa.

Wali-wali Allah tidak hanya yang sembilan. Ada banyak yang tersebar di berbagai pulau. Bahkan, setelah generasi mereka pun muncul wali-wali lain yang melanjutkan dakwahnya. Sampai hari ini pun masih banyak orang-orang yang tergolong waliyullah.

Tanda-tanda kewalian mereka biasanya sudah terlihat sejak masih remaja. Misalnya, dari keuletannya dalam menimba ilmu, rasa hormatnya pada sang guru, hingga kejadian-kejadian luar biasa (kasyaf) yang mulai terlihat.

Hal tersebut pun terjadi pada Syaikhona Muhammad Kholil bin Abdul Latif Al-Bangkalani. Tanda-tanda kewalian Mbah Kholil Bangkalan satu per satu mulai terlihat sejak ia masih menjadi santri. 

Ada salah satu kisah yang menunjukkan kekaromahan Mbah Kholil saat mondok di Pesantren Langitan. Dari kisah ini kita dapat mengetahui bahwa karomah Mbah Kholil sudah mulai tampak sejak remaja. Simak kisah selengkapnya.

Selengkapnya baca di sini


2. Kisah Ajaib saat Blangkon Syekh Nawawi Diolok-olok, Sontak Bikin Negeri Mesir Jadi Miring

Syekh Nawawi al-Bantani
Imam Besar Masjidil Haram asal Banten,Syekh Nawawi al-Bantani. (Foto: Istimewa/goodnewsfromindonesia.org)

Kisah karomah yang luar biasa dari Syekh Nawawi al-Bantani menarik untuk disimak. Syekh Nawawi, seorang ulama besar asal Banten, dikenal memiliki karomah yang unik dan penuh hikmah.

Salah satu kisah yang terkenal adalah saat beliau memasuki Masjid Al-Azhar di Mesir, di mana peristiwa tersebut membuat seluruh negeri Mesir mengalami kejadian aneh yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Cerita ini dikutip dari kanal YouTube @Ceritaislami836 pada Jumat (30/08).

Saat Syekh Nawawi pertama kali tiba di Mesir, perawakan dan penampilannya yang berbeda dari penduduk setempat menarik perhatian banyak orang, terutama anak-anak.

Beliau mengenakan blangkon, penutup kepala khas Jawa, yang tampak asing bagi warga Mesir. Anak-anak yang melihatnya bahkan menjadikan beliau bahan candaan dan menarik-narik bajunya.

Meskipun diperlakukan demikian, Syekh Nawawi tetap tenang dan tidak mempermasalahkan tingkah laku anak-anak tersebut.

Selengkapnya baca di sini


3. Jarang Disadari, Ini 3 Jenis Rezeki Tak Berwujud yang Wajib Disyukuri

Arti Mimpi Burung Merpati yang Memberi Pertanda Kedatangan Rezeki
Ilustrasi Mimpi Merpati Credit: pexels.com/Sophie

Allah SWT telah menjamin rezeki bagi setiap makhluk-Nya. Rezeki tak selalu berupa materi yang berwujud.

Ada rezeki yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata, namun bisa dirasakan manfaatnya. Apakah pernah terpikir bahwa rezeki itu sebenarnya sudah kita nikmati saat ini?

Rezeki yang tidak berwujud ini biasanya diperoleh tanpa sadar dan jarang bisa dirasakan. Hal ini kemudian membuat banyak orang lupa untuk bersyukur.

Oleh karena itu, kita selayaknya tidak hanya mengukur rezeki berdasarkan materi yang tampak oleh mata saja. Tetapi mensyukuri apapun bentuk rezeki yang diberikan oleh Allah SWT.

Lantas apa saja yang termasuk ke dalam kategori rezeki yang tak berwujud itu? Berikut uraiannya melansir dari laman cahayaislam.id.

Selengkapnya baca di sini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya